April 2, 2022

Review realme GT 2 Pro, Smartphone Kencang Penuh Fitur yang Bisa Dobrak Segmen Premium

Penulis: Desmal Andi
Review realme GT 2 Pro, Smartphone Kencang Penuh Fitur yang Bisa Dobrak Segmen Premium  

Mobitekno – Kehadiran realme GT 2 Pro merupakan bukti realme Indonesia untuk ikut meramaikan pasar smartphone premium di Indonesia. Oleh sebab itu, smartphone ini dibekali spesifikasi tinggi agar bisa bersaing dengan smartphone premium lainnya. Brand realme memang ingin mengejar visinya untuk menjadi merek nomor satu di Indonesia dalam 2-3 tahun ke depan. Dan, realme menganggap segmen premium ini dapat mendukung visi tersebut.

Sebagai smartphone premium dan masuk kategori flagship, tentu saja realme GT 2 Pro membawa banyak inovasi di dalamnya. Selain spesifikasi hardware terkini yang dapat bekerja secara maksimal, realme juga mendesain smartphone ini dengan tren kekinian dan mendukung teknologi berkelanjutan. Bahkan, untuk desain ini realme membawa sang master Naoto Fukasawa.

Tidak lama setelah smartphone ini diluncurkan pada Maret 2022, Mobitekno langsung mendapatkan kesempatan untuk menguji keandalan dan kemampuan realme GT 2 Pro ini lebih dari 10 hari. Kami pun langsung menjadikan smartphone ini sebagai daily driver untuk menguji kemampuannya secara optimal guna mendukung produktivitas sehari-hari. Dan, hasilnya bisa dibaca dalam ulasan berikut ini.

realme GT 2 Pro

Kelengkapan

Saat menerima paket lengkap dan brand new in box realme GT 2 Pro ini, kami langsung membukanya. Ukuran boksnya cukup besar untuk standar smartphone-smartphone baru yang muncul belakangan ini. Sepertinya realme ingin menunjukkan sisi premiumnya dalam pandangan pertama melalui ukuran boks dengan warna dominan hitam.

Saat dibuka kemasannya, terlihat semua bagian disusun rapi dalam boks kemasannya. Anda akan disambut dengan ucapan “hey, welcome ti realme family” dalam sebuah kotak kecil yang berisi softcase, SIM Ejector, dan buku peunjuk singkat. Susunan dilanjut dengan smartphone dan kabel serta adapter charger. Berikut ini isi lengkap kemasan realme GT 2 Pro.

  1.       Unit realme GT 2 Pro dengan pilihan warna Steel Black
  2.       Softcase berwarna hitam
  3.       SIM Card Ejector
  4.       Kabel USB Type A to Type C berwarna putih
  5.       Adaptor 65W SuperDart Charge
  6.       Buku petunjuk singkat dan kartu garansi

 

Kelengkapan

Desain

Sejatinya realme mengeluarkan dua opsi warna untuk GT 2 Pro ini, yaitu Paper White dan Steel Black. Untuk opsi Paper White, realme mengintgrasikan Paper Tech Master Design dengan boks kemasan berwarna putih, dan didesain oleh Naoto Fukasawa. Desain ini menggunakan bahan bio polimer untuk cover belakang, sehingga mengurangi penggunaan bahan plastik sebesar 35%. Namun berbeda yang kami uji, yaitu Steel Black. Untuk warna hitam ini, realme menerapkan teknik AG kimia kaca baru yang inovatif.

Untuk desain secara keseluruhan, realme GT 2 Pro ini memiliki dimensi 163.2 x 74.7 x 8.2 mm. Sementara bobotnya sekitar 189 gram.

realme GT 2 Pro tampak depan

Untuk lebih detailnya, kita bahas setiap sisi realme GT 2 Pro ini. Di bagian layar, realme menggunakan jenis layar LTPO2 AMOLED berkemampuan 2K Super Reality Display. Bentang layarnya sendiri adalah 6,7 inci. Cukup besar dan lega karena memiliki screen to body ratio sekitar 74,8%. Layar yang beresolusi 1440 x 3216 piksel ini juga dilengkapi fitur HDR10+ dan memiliki refresh rate 120Hz. Jenis layar yang digunakan realme ini juga menjadi layar paling cerah untuk realme saat ini karena memiliki tingkat kecerahan 1400 Nits. Layar juga dilengkapi dengan pelindung Corning Gorilla Glass Victus terbaru.

Bagian sudut-sudutnya dibuat melengkung sehingga meninggalkan kesan nyaman saat dipegang. Sementara bezel menempel tipis dengan desain menyatu di sekeliling layar smartphone. Ini semakin menimbulkan kesan premium untuk realme GT 2 Pro. Posisi kamera selfie ada di atas bagian kiri layar dengan model punch hole. Oya, layar depannya ini juga sudah mendukung pemindai sidik jari di bawah layar.

Beralih ke sisi-sisi smartphone. Di sisi kanan terdapat tombol power untuk menyalakan dan mematikan smartphone. Sementara di sisi sebaliknya terdapat tombol volume yang posisinya juga segaris dengan tombol power.

Di sisi bawah, ada banyak port yang ditempatkan di sini. Mulai dari slot SIM Card di sisi paling kiri, berlanjut dengan port USB type C untuk proses transfer data dan pengisian daya, dan terakhir speaker. Smartphone ini tidak mengadopsi lagi lubang audio 3,5mm. Jadi untuk mendengarkan audio, Anda harus menggunakan bluetooth headphone. realme sudah menggunakan koneksi Bluetooth 5.2.

Kini beralih ke bagian belakang. Di sinilah perbedaan terlihat dari opsi warna Paper White. Di warna Steel Black tidak terdapat area kecil bertanda tangan Naoto Fukasawa di samping boks kamera. Namun tetap, desain bodi belakang dari opsi warna Steel Black tetap bernuansa premium. Apalagi boks kamera yang ada di sisi kiri atas terlihat begitu premium dengan cover berbahan kaca. Kamera utamanya berkemampuan 50MP dan memiliki sensor premium pula, yaitu Sony IMX 766 dengan kemampuan OIS dan EIS.  Kamera ini ditemani dengan kamera micro-lens 40X dan kamera ultra-wide 50M. Logo realme terlihat jelas di sisi bawahnya. Desain bodi belakang ini sebenarnya agak terlalu licin saat digenggam. Namun, berkat keberadaan softcase di dalam pake bawaannya, membuat lebih nyaman saat digenggam.

Fitur dan Performa

Sebagai smartphone premium, tentu saja ada banyak fitur yang bisa ditemui dalam realme GT 2 Pro ini. Untuk UI-nya sudah menggunakan realme UI 3.0 yang berbasis Android 12. Jadi, ada banyak fitur dari Android yang bisa digunakan dibandingkan versi Android sebelumnya. Anda dapat mengganti dengan bebas, warna tema, bentuk icon, jenis huruf, hingga warna untuk Edge Lighting di sisi kiri dan kanan layar. Semua bisa Anda atur di bagian Personalizations pada menu Settings. Bahkan, melalui realme Lab di bagian Settings, Anda bisa mencoba inovasi-inovasi baru dari realme.

Untuk kinerjanya, tampaknya sudah tidak usah diragukan lagi. Hal ini karena reamle GT 2 Pro sudah menggunakan prosesor Snapdragon 8 Gen 1 yang menjadi prosesor paling baru dari Qualcomm. Prosesor ini sudah menggunakan fabrikasi 4nm yang tentunya akan membuatnya semakin hemat baterai. Prosesor ini mampu meningkatkan kinerja CPU hingga 20% dan GPU hingga 30%. Bahkan berkat prosesor ini, kemampuan AI juga meningkat 400%. Ditambah dengan memori sebesar 12GB, storage internal 256GB, dan GPU Adreno 730, tentu saja akan menambah kinerja smartphone, terutama dalam hal transfer data. Bahkan, RAM Expansion-nya sanggup menambah kemampuan memori hingga 7GB. Tentunya kinerjanya akan semakin gahar. Kinerjanya ini juga didukung dengan sistem pendinginan Stainless Steel Vapor Cooling System Max yang kini memiliki desain 30 persen lebih besar dari realme GT. Apalagi sistem pendinginan ini menggunakan Diamond Thermal Gel yang dapat menjaga suhu smartphone tetap dingin. Bahan ini mampu meredam panas 50% lebih cepat.

Snapdragon 8 Gen 1

Layarnya yang mendukung refresh rate 120Hz juga bisa diatur menyesuaikan kebutuhan. Secara default, setting ini akan berada di mode Auto dimana akan menyesuaikan dengaan jenis konten yang ada di layar. Namun, jika Anda ingin mengubahnya secara manual, apakah ingin menggunakan 120Hz atau standar 60Hz, bisa dilakukan pengaturannya di menu Settings. Namun, jika di set 120Hz secara manual, tentunya akan mengurangi durasi penggunaan baterai.

Untuk koneksi, realme GT2 Pro juga sudah memiliki Wi-Fi 6 yang tentunya bisa menangkap signal W-Fi lebih cepat dan kencang. Teknologi ini juga memungkinkan smartphone menangkap jaringan Wi-Fi dari segala arah. Satu hal yang menarik lagi adalah keberadaan fitur NFC yang memiliki area sensor lebih luas. realme membuat area sensor di GT 2 Pro ini 500% lebih luas dibandingkan versi GT sebelumnya. Pembacaannya bisa dilakukan dari berbagai sisi (360 derajat). Bahkan jarak bacanya juga meningkat 20%. Ini membuat pembacaan kartu yang mendukung NFC menjadi lebih cepat.

Sekarang masuk ke bagian kamera. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, realme GT 2 Pro menggunakan kamera utama 50MP wide, 50MP ultra-wide, dan 3MP kamera mikroskop (microlens) berkemampuan 40X. Sementara kamera depannya berkemampuan 32MP. Ada banyak fitur yang disematkan di sisi kamera belakang ini. Mulai dari Mode foto biasa, foto malam (night), street, video, portrait, 50MP, Pro, Panorama, Movie, Slo-Mo, Time-Lapse, Dual-View Video, Microscope, 150 derajat, Text Scanner, Starry mode, Tilt Shift, hingga 3D Photo bisa ditemukan di bagian kamera ini. Semuanya menghadirkan hasil yang memuaskan. Bahkan, di smartphone ini terdapat juga mode pemotretan fish eye. Ini diklaim pertama kali ada di smartphone.

Yang menarik juga adalah kamera mikroskop 40X. Kamera ini bisa memantau dunia mikro yang ada di sekitar kita. Dilengkapi dengan dua flash LED, kamera mikroskop ini dapat membidik objek mikro hingga perbesaran 40X. Cukup besar untuk sebuah smartphone.  

Secara otomatis, efek HDR juga akan bekerja menyesuaikan keadaan cahaya di sekitar objek. Ini membuatnya hasil foto menjadi lebih terang tanpa harus melakukan banyak setting. Bahkan, jika Anda ingin mengambil foto dengan objek tangkapan yang cukup lebar, realme GT 2 Pro memiliki sensor kamera 150 derajat yang bisa menampilkan banyak objek di dalamnya. Di dalam kamera mode 150 derajat ini, Anda bahkan bisa menemukan fitur Fish Eye. Fitur menarik untuk pengambilan foto jarak dekat.

Guna menunjang seluruh fitur yang ada pada realme GT 2 Pro, realme menyematkan baterai besar 5.000mAh. Kapasitas yang cukup besar untuk sebuah smartphone. Baterai ini bahkan didukung dengan pengisian super cepat pula, yaitu realme SuperDart 65W. Dengaan teknologi pengisian ini, baterai bisa terisi 100 persen hanya dalam waktu 33 menit saja.

Baterai besar dengan pengisian super cepat

Untuk keamanan, realme GT 2 Pro sudah mengadopsi pemindai sidik jari under display alias di bawah layar. Sangat mudah dan ringkas untuk melakukan pembukaan layar atau mengamankan beberapa aplikasi di dalamnya.

Berikut ini hasil-hasil pengujian dengan beberapa aplikasi benchmark:

Ini adalah contoh foto realme GT 2 Pro:

Spesifikasi

Seri Realme GT 2 Pro
Dimensi dan bobot 163.2 x 74.7 x 8.2 mm / 189 gram
Layar 6,7 inci, LTPO2 AMOLED, 120Hz, HDR10+, 1400 nits, pelincung Corning Gorilla Victus
Sistem operasi Reamme UI 3.0 berbasis Android 12
Prosesor Snapdragon 8 Gen 1
GPU Adreno 730
Memori 12GB
Storage internal 256GB
RAM Expansion 3GB, 5GB, dan 7GB
Kamera Belakang Kamera utama wide 50MP, kamera ultra-wide 50MP, kamera mikroskop 40X 3MP
Kamera depan 32MP
Fitur Under display fingerprint, Wi-Fi 6, bluetooth 5.2, NFC, USB on the go.
Baterai 5.000mAh dengan pengisian daya SuperDart 65W
Pilihan warna Paper White dan Steel Black
Harga Rp 9.999.000

Kesimpulan

realme GT 2 Pro menjadi smartphone premium yang bisa memenuhi hampir semua kebutuhan anak muda saat ini, terutama generasi Z. Dengan dukungan spesifikasi yang tinggi, seperti prosesor Snapdragon 8 Gen 1, memori besar 12GB dengan dukungan RAM Expansion hingga 7GB, GPU Adreno 730, tentunya semua hal bisa dikerjakan dengan smartphone ini tanpa lag. Ini tentunya sangat bermanfaat untuk meningkatkan produktivitas. Dan bagi para generasi muda, kreativitas pun bisa dilakukan secara maksimal dengan realme GT 2 Pro ini.

realme GT 2 Pro, pas untuk Daily Driver

Memang, saat digunakan untuk bermain game dalam waktu lama, realme GT 2 Pro menunjukkan gejala panas di bagian belakang. Namun, level panasnya masih dianggap normal. Mungkin hal ini berkat kinerja dari teknologi pendingin Stailess Steel Vapor Cooling System Max yang memiliki ukuran 30% lebih besar dari realme GT.

Dengan fitur, spesifikasi, dan penggunaan teknologi berkelanjutan pada realme GT 2 Pro ini, bisa semakin meningkatkan brand image realme sebagai merek tech Trendsetter bagi anak-anak muda Indonesia. Dengan demikian, realme GT 2 Pro bisa dijadikan Dily Driver bagi mereka, dengan penggunaan lebih optimal, tanpa mengecewakan penggunanya.

 

Tags: , , , , ,


COMMENTS