November 1, 2022

Review Neumann NDH 30, Headphone Premium dengan Keluaran Suara yang Begitu Detail

Penulis: Desmal Andi
Review Neumann NDH 30, Headphone Premium dengan Keluaran Suara yang Begitu Detail  

Mobitekno – Dalam menikmati hiburan, seperti menonton film atau mendengarkan musik, tidak sedikit orang yang menganggap kualitas suara menjadi hal yang begitu penting. Dari kualitas suara yang baik, tentunya suasana dalam film maupun musik seperti terbawa ke dalam ruangan. Inilah yang ditawarkan produk headphone dari Neumann, yaitu Neumann NDH30.

Bagi para pecinta audio, nama Neumann memang sudah dikenal oleh mereka. Namun bagi masyarakat umum, brand ini masih cukup asing. Oleh sebab itu, melalui Neumann NDH30, Neumann ingin lebih mengenalkan produk audionya ke banyak masyarakat Indonesia yang menganggap suara adalah hal yang penting dalam menikmati film atau musik.

Mobitekno mendapatkan kesempatan untuk mengulas produk ini beberapa waktu lalu. Dan, sebagai produk yang baru hadir di pasar Indonesia, kami langsung menggunakannya dalam sehari-hari, untuk mendengarkan spotify, menonton YouTube, hingga menyaksikan Netflix. Hasilnya? Tentu saja tidak mengecewakan.

20221024 081555
Neumann NDH30

Kelengkapan

Hadir dalam kotak kemasan yang terbilang cukup besar untuk sebuah perangkat headphone. Namun, desain besar ini bisa mencerminkan kemewahan dari Neumann NDH30 karena perangkatnya sendiri dibalut oleh lapisan busa yang cukup tebal sehingga aman terhadap benturan saat masih di dalam kemasannya.

Berikut ini isi kemasannya:

  1.       Perangkat headphone Neumann NDH30
  2.       Kabel audio 2.5mm ke 3.5mm
  3.       Buku petunjuk singkat
  4.       Adapter audio jack ke 6.3mm
  5.       Pouch berbahan beludru untuk melindungi perangkat.
20221024 081737
Kelengkapan dalam kemasan penjualan

Desain

Neumann.berlin memang dikenal sebagai produsen perangkat audio dengan kualitas premium. Oleh sebab itu, NDH30 ini juga didesain premium untuk para pecinta kualitas audio. Jika dilihat, memang desainnya keseluruhan tidak jauh berbeda dengan kebanyakan headphone lainnya. Namun, NDH30 ini dibuat dengan kualitas material yang terbaik di kelasnya.

Dengan memadukan warna hitam pada bagian headband dab ear pad serta warna silver pada bagian housing dan pengaturan headband, membuat perangkat ini begitu menarik untuk dilihat. Materialnya sendiri memadukan bahan aluminium dan plastik. Ini membuat NDH30 begitu ringan saat dipegang, sehingga mudah dan nyaman untuk dibawa-bawa kemanapun pemiliknya pergi.

Pada bagian headband juga didesain presisi sehingga nyaman saat diletakkan di kepala. Headband ini dilapisi dengan busa yang cukup tebal sehingga tidak membuat sakit saat digunakan, walau dalam durasi penggunaan yang lama sekalipun. Busa tebal ini juga dipasang pada earpad yang juga membuat telinga merasa nyaman. Busa pada earpad ini didesan ultrasoft dan breathable, sehingga tidak membuat telinga terasa panas atau berkeringat.

20221024 081647
Headband berbalut busa tebal yang membuat nyaman

Pada bagian earpad yang dipadukan dengan housing yang kokoh untuk melindungi driver di dalamnya, juga bisa diputar mengikuti keinginan tingkat kenyamanan pengguna. Jadi, sangat fleksibel untuk berbagai situasi penggunaan headphone. Selain itu, walau bisa diputar ke beberapa arah, tetap tidak menyakitkan telinga karena adanya busa berkualitas yang cukup tebal.  

20221024 081609
Ear pad yang juga memilikibusa tebal

Nah, untuk koneksi ke perangkat pemutar audio, disediakan koneksi port audio 2.5mm yang berada di bagian housing. Melalui kabel audio 3.5mm ke 3.5mm yang disediakan dalam paketnya, membuat NDH30 ini bisa dikoneksikan ke banyak pemutar audio, termasuk smartphone. Namun, jika di rumah memiliki perangkat audio yang lebih advance, yang memiliki amplifier dengan port 6.3mm, NDH30 juga sudah melengkapi paketnya dengan adapter ke 6.3mm tersebut.

Fitur dan Performa

Sebagai perangkat audio berkualitas, tentu saja performa yang dihasilkan bukan asal-asalan. Saat digunakan mendengarkan musik dari Spotify, bagian-bagian suara yang keluar begitu detail. Anda bisa merasakan ketukan kecil hi-hat dari drum dengan lebih jelas. Atau suara-suara dari alat musik perkusi lainnya yang biasanya tenggelam pada perangkat headphone lain, di NDH30 bisa terdengar dengan jelas. Inilah yang membuat NDH30 menjadi perangkat yang nyaman digunakan untuk relaksasi, setelah seharian penuh dengan aktivitas pekerjaan.

kabel
Audio jack 2.5mm, 3.5mm, dan adapter ke 6.3mm

Namun, tidak hanya untuk musik saja perangkat ini bisa menghasilkan suara yang detail. Untuk jenis hiburan film atau video, dentuman bass yang dihasilkan cukup bulat terdengar di telinga dalam level volume yang wajar. Dengan demikian, keseruan dalam film bisa terbawa ke telinga kita.

20221024 081523
Kualitas suara maksimal dari driver Neodymium 38mm

Kualitas suara yang dihasilkannya ini, tentu berkat digunakannya driver yang memiliki ukuran 38mm. Ini membuat perangkat audio memungkinkan menghasilkan karakteristik suara yang sangat halus dan keluar secara optimal. NDH 30 adalah headphone sirkumaural dengan bagian belakang terbuka dengan resolusi detail yang luar biasa dan pencitraan stereo presisi tinggi dengan lokalisasi yang sangat tajam. Soundstage linier dan respons transien superiornya merekomendasikannya untuk aplikasi yang paling menuntut seperti mixing dan mastering.

Spesifikasi 

Rentang frekuensi 12 – 34.000 Hz
Prinsip akustik Terbuka dinamis (Open-back)
Gaya pakai Ikat kepala
Dapat dilipat Ya
Kopling telinga keliling
Diameter driver 38 mm
Magnet driver Neodymium
Konektivitas Steker jack TRS 3,5 mm (1/8″) (lurus), adaptor untuk 6,3 mm (1/4″)
Panjang kabel 3,0 m (10′)
Berat tidak termasuk kabel 352g
Bantalan telinga yang dapat diganti Ya
Dimensi kemasan (tinggi x lebar x tebal), mm 245x255x84 mm

Kesimpulan

Ingin mendengarkan audio dengan kualitas tinggi? Neumann NDH30 bisa menjadi solusinya. Headphone ini menawarkan berbagai keunggulan dalam menghasilkan suara yang detil, bersih, dan jernih. Detil suara yang dihasilkan oleh banyak alat musik pun bisa sasmpai ke telinga.

Headphone ini memang berkualitas premium. Ini terlihat dari desain dan teknologi yang digunakannya. Namun, untuk kelengkapan koneksi, NDH30 sama seperti kebanyakan headphone lainnya, yang hanya bisa dikoneksikan dengan kabel audio saja. Hanya menyediakan satu port audio 2.5mm di dalam housingnya saja. Akan tetapi, suara yang dihasilkan mampu memanjakan telinga sehingga dapat digunakan untuk relaksasi di setelah penatnya aktivitas pekerjaan seharian.

20221024 081421
Paket Neumann NDH30

Menggunakan koneksi kabel audio, tetapi dalam paket penjualannya sudah disertakan lengkap, termasuk adapter ke port 6.3mm. Ini membuat NDH30 bisa lebih luas digunakan di berbagai macam perangkat pemutar audio, tanpa harus menambah aksesori lainnya. Semua sudah disediakan. 

 

Tags: , , ,


COMMENTS