April 1, 2022

Berkat S Pen Baru di Galaxy S22 Ultra 5G, Empat Hal Ini Bisa Dilakukan dengan Mudah

Penulis: Desmal Andi
Berkat S Pen Baru di Galaxy S22 Ultra 5G, Empat Hal Ini Bisa Dilakukan dengan Mudah  

Mobitekno – Salah satu peningkatan yang cukup signifikan pada Galaxy S22 Series 5G ada pada varian Galaxy S22 Ultra 5G. Varian ini hadir menggantikan Galaxy Note. Jadi, Samsung mendesainnya dengan S Pen yang sudah terintegrasi di dalamnya. Bukan sembarang S Pen. S Pen yang ada di Galaxy S22 Ultra 5G ini memiliki latensi begitu rendah. Bahkan, karena didesain menyatu dengan smartphone, disediakan slot khusus S Pen di bagian bawah smartphone. Persis sama dengan Galaxy Note.

Hadirnya S Pen di Galaxy S22 Ultra ini juga cocok dengan kondisi masyarakat yang saat ini banyak menganut konsep bekerja secara hybrid. Baik bekerja, berkarya, maupun berekspresi bisa dilakukan dimanapun pengguna Galaxy S22 Ultra 5G berada. S Pen pada Galaxy S22 Ultra 5G bahkan menjadi S-Pen tercanggih dari Samsung dan menjadi S Pen pertama yang terintegrasi di jajaran Galaxy S Series. S Pen ini memiliki latensi sangat rendah, yaitu 2,8ms. Dengan begitu kinerjanya tiga kali lebih responsif jika dibandingkan teknologi S Pen sebelumnya. Ini akan memudahkan pengguna untuk menulis dan corat-coret di atas layar Galaxy S22 Ultra 5G. Apalagi didukung prosesor Snapdragon 8 Gen 1, tentunya smartphone menjadi perangkat yang sangat powerful untuk produktivitas dan kreativitas.

“Samsung terus mempelajari kebutuhan konsumen yang semakin terintegrasi dalam memenuhi kehidupan profesional maupun personal. Karena itu, Galaxy S22 Ultra 5G dirancang khusus untuk menjadi daily driver yang menunjang produktivitas pengguna dalam hal apa pun dimana pun khususnya dimasa kerja hibrida saat ini dengan menggabungkan kekuatan performa seri Note dan kreativitas superior dari kamera seri S,” ujar Selvia Gofar, Head of Product Marketing Samsung Mobile Experience, Samsung Electronics Indonesia, belum lama ini.

Hadirnya S Pen yang powerful ini, tentunya membawa berbagai kemudahan dan kenyamanan bagi pemilik Galaxy S22 Ultra 5G. Mulai dari hal-hal sederhana yang biasa dilakukan pengguna smartphone hingga aktivitas dalam membuat konten kreatif, S Pen bisa menjadi tools yang membantu proses-proses tersebut.  Oleh sebab itu, Mobitekno pun memberikan empat tips tentang hal sederhana yang bisa dilakukan S Pen hanya pada Galaxy S22 Ultra 5G ini.

Proses Unlock Smartphone dengan Lebih Mudah dan Cepat

Jika pada kebanyakan smartphone, membuka smartphone biasa dilakukan dengan memasukkan PIN, sidik jari, atau deteksi wajah, hal yang berbeda bisa dilakukan oleh Galaxy S22 Ultra 5G. Kamu bisa membuka layar smartphone dengan hanya menekan sekali tombol pada bodi S Pen. Sesaat setelah menekan tombol tersebut, layar smartphone akan terbuka dan masuk ke dalam Home Screen. Untuk melakukan cara ini, pastikan opsi mengaktifkan S Pen untuk proses unlock harus sudah diaktivasi.

Caranya sebagai berikut”

  1. Masuk ke menu Settings
  2. Scroll ke bawah di menu Settings lalu tap “Advanced Features”
  3. Tap lagi bagian S Pen dan aktifkan opsi ‘S Pen unlock”
  4. Saat pertama kali mengaktifkan fitur ini, kamu diminta untuk memasukkan PIN pada smartphone.
  5. Balik ke Home Screen, lalu nonaktifkan layar dengan menekan tombol power
  6. Tekan tombol S Pen, lalu masukkan PIN atau sidik jari untuk proses unlock pertama kali dengan S Pen.
  7. Jika berhasil, selanjutnya kamu hanya butuh menekan tombol S Pen untuk membuka layar dan masuk ke Home Screen.
Galaxy S22 S Pen Supports 3 1000x576 1
Unlock smartphone jadi lebih mudah

Fungsi Convert to Text Mudahkan Navigasi Smartphone

Salah satu kemampuan S Pen baru pada Galaxy S22 Ultra 5G adalah menulis di atas layar smartphone untuk melakukan banyak hal, mulai dari mengetikkan alamat website di browser hingga menulis pesan di aplikasi instant messaging. Cara ini akan membuat layar smartphone seperti buku tulis. Kamu cukup menuliskan alamat web atau pencarian lain di address bar dengan S Pen, smartphone akan mengonversi yang kamu tulis menjadi teks.

Untuk melakukan hal ini, kamu bisa tap pada bagian address bar atau area input apapun dengan S Pen. Tunggu sampai simbol untuk menulis muncul di layar. Simbol ini akan terlihat saat S Pen didekatkan ke layar smartphone. Sangat menarik bukan?

Corat-coret aplikasi Calendar dengan S Pen

Dahulu, kebanyakan orang akan mencorat-coret kalendar dinding atau meja untuk menandai banyak hal tentang kegiatan hariannya. Namun, seiring dengan berkembangnya teknologi, dan kalendar tradisional tergantikan dengan kalendar digital, banyak orang berpindah ke aplikasi calendar di smartphone untuk faktor kemudahan. Kini, Samsung membawa kembali kenangan kamu tentang cara lama, dengan S Pen pada Galaxy S22 Ultra 5G.

Cara untuk melakukan ini, buka saja aplikasi calendar di smartphone. Nah, untuk mencari aplikasi calendar ini, kamu pun bisa memanfaatkan fungsi Convert to text yang sudah dijelaskan pada kolom pencarian di Home Screen. Jika sudah muncul aplikasi calendar, buka saja sampai tampilan calendar muncul di layar. Nah, kamu bisa melakukan penandaan pada hari-hari yang belum memiliki jadwal atau memberikan catatan tertentu pada tanggal yang diinginkan. Untuk menggunakan sistem corat-coret, klik fungsi ‘Write” dengan icon pena yang ada di atas kanan calendar. Kini, silakan corat-coret calendar pada smartphone. Hasilnya akan terlihat seperti kalendar dinding zaman dahulu yang biasa penuh dengan coretan penanda.

S Pen 2
Lebih mudah menandakan kalendar dengan S Pen

Gambar bentuk-bentuk bangun datar tanpa takut salah di Samsung Notes

Pernahkah kamu menggambar di Samsung Notes bentuk-bentuk seperti segitiga, lingkaran, atau persegi panjang, guna menambahkan catatan-catatan yang sudah dibuat? Seringkali bentuk-bentuk tersebut kita gambar tetapi bentuknya menjadi aneh, seperti segitiga yang garisnya tidak lurus, lingkaran yang sedikit berbelok-belok, atau persegi panjang yang salah satu bagian sudutnya lebih kecil.

Nah, dengan S Pen baru ini, kamu tidak perlu khawatir lagi bentuk-bentuk bangun datar tersebut terlihat berantakan. Caranya, masuk ke Samsung Notes lalu buat catatan baru. Kini gunakan S Pen untuk melakukan corat-coret di atasnya. Jika ingin menggambar bentuk bangun datar dengan rapi, lihat menu-menu di bagian bawah. Scroll ke kiri sampai kamu menemukan fungsi “ Auto Fix Shapes”. Aktifkan fungsi tersebut. Coba gambar bentuk-bentuk bangun datar, garis, penunjuk panah dan lainnya. Semua akan terlihat lebih rapi.

S Pen 1

gambar benuk-bentuk bangun datar lebih mudah dengan S Pen di Galaxy S22 Ultra 5GPengalaman S Pen yang lebih maksimal juga didukung prosesor canggih bertenaga AI, Snapdragon 8 Gen 1, yang meningkatkan performa smartphone hingga penggunaan daya yang lebih efisien. Ditambah lagi, teknologi 2X Dynamic AMOLED yang menghasilkan layar paling jernih dan mulus memberikan kenyamanan saat menulis, menggambar atau pun berselancar internet untuk mendapatkan ide dengan warna yang lebih tajam.

Selain kemudahan yang Galaxy S22 Ultra berikan dengan kecanggihan S Pen, dengan ekosistem terbuka, kamu bisa memanfaatkan integrasi antar perangkat Galaxy dengan Collaboration View, di mana Galaxy S22 Ultra 5G dapat syncing secara seamless dengan Galaxy Tab S8 Series. Caranya mudah, aktifkan Bluetooth, gunakan WiFi yang sama pada kedua perangkat, pilih Advanced Features pada Settings, lalu klik ‘Continue Apps on Other Devices’. Saat mengedit dokumen, kamu bisa memilih palette (jenis kuas atau pen tip, warna, dsb) pada layar smartphone dan menulis atau menggambar secara full screen pada layar Tab S8, sehingga kamu bisa bekerja lebih nyaman di mana saja dengan layar lebih lebar tanpa gangguan.

Ciptakan cara baru bekerja dan berkarya yang lebih efisien dengan Galaxy S22 Ultra 5G di mana saja, kapan saja, dengan pre-order di website resmi Samsung www.samsung.com/id. Atau bisa juga ke Samsung Experience Stores secara offline, dan mitra e-commerce Samsung yaitu Blibli, Shopee, Tokopedia, Lazada, JD. ID, Akulaku, Eraspace, Dinomarket, dan TikTok Shop. Tersedia dalam varian warna Phantom Black, Phantom White, Green, dan Burgundy, berikut detail harga Galaxy S22 Ultra 5G:

  • 8GB/12GB: Rp17.999.000
  • 12GB/256GB: Rp18.999.000
  • 12GB/512GB: Rp20.999.000
Tags: , , , , , , ,


COMMENTS