April 30, 2021

Review BenQ MS560: Fleksibilitasnya Mudahkan Presentasi Dalam Kondisi Ruang Apapun

Penulis: Desmal Andi
Review BenQ MS560: Fleksibilitasnya Mudahkan Presentasi Dalam Kondisi Ruang Apapun  

Mobitekno – Proyektor merupakan sebuah perangkat penting bagi Anda saat menjalankan bisnis. Hal ini karena hingga saat ini, presentasi masih nyaman dilakukan dengan perangkat ini. Anda tinggal menyiapkan bahan presentasi, lalu memutarnya di perangkat laptop, dan memproyeksikannya ke layar presentasi dengan sebuah proyektor. Cukup sederhana kerjanya.

Namun, sebuah proyektor juga harus menawarkan berbagai kemudahan untuk penggunanya. Fitur-fitur yang ada di dalamnya sebisa mungkin harus user-friendly, tidak menyusahkan saat sedang digunakan untuk presentasi. Apalagi jika presentasi harus dilakukan dadakan. Proyektor modern harus bisa menanganinya dengan cepat. Hal inilah yang ditawarkan pada Proyektor BenQ MS560. Produk ini dihadirkan untuk menunjang kebutuhan bisnis para penggunanya, terutama yang membutuhkan proyektor dengan fitur yang mudah digunakan, tetapi mampu menampilkan hasil proyeksi yang baik.

Sebenarnya, BenQ MS560 ini memiliki spesifikasi yang hampir sama dengan BenQ MX560 yang sudah direview Mobitekno sebelumnya. Perbedaannya hanya pada resolusi untuk proyeksi yang dihasilkan. Tipe BenQ MS560 memiliki resolusi di bawah BenQ MX560. Namun, untuk fitur dan kelengkapan lainnya, bisa dikatakan sama dengan tipe BenQ MX560. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa membaca ulasan proyektor ini berikut ini, setelah digunakan oleh Mobitekno kurang lebih 3 minggu.

Kelengkapan

Proyektor BenQ MS560 ditempatkan pada kardus kemasan yang cukup kompak. Di dalamnya dilapisi dengan busa styrofoam pengaman agar proyektor tidak mudah terguncang. Tidak hanya unit proyektor yang ada di dalamnya, namun juga berbagai perlengkapan pendukungnya. Berikut ini yang didapat dalam paket penjualannya:

  1. Unit Proyektor BenQ MS560 berwarna putih.
  2. Kabel VGA untuk koneksi ke port VGA dari sumber konten yang ingin diproyeksikan.
  3. Kabel Power berwarna hitam yang tidak hanya menyediakan tipe kaki dua, tetapi juga kaki tiga
  4. Buku petunjuk singkat dan kartu garansi.
  5. Remote Control yang juga dilengkapi dengan dua baterai tipe AAA
Kelengkapan paket pembelian BenQ MS560

Desain

Desain proyektor MS560 juga sama dengan BenQ MX560. Tampilan bodinya yang full berwarna putih menambah keindahan desain secara keseluruhan. Setiap lekuk di bagian ujung dan tepi proyektor juga dibuat melengkung, tidak kaku, sehingga nyaman saat dipegang untuk dibawa atau dipindahkan dari satu tempa ke tempat lainnya. Proyektor ini memiliki dimensi 296 x 120 x 221 mm dan bobotnya kurang lebih 2,3 kg. Jadi, dilihat dari ukuran dan bobot, BenQ MS560 termasuk proyektor yang ringan dan kompak di kelasnya. Hal ini menambah kenyamanan sebagai proyektor yang didesain untuk kebutuhan bisnis.

Mobitekno akan memperhatikan desain dari setiap sisi-sisinya. Mulai dari bagian atas. Desain permukaaan atas ini sama seperti proyektor-proyektor keluaran BenQ lainnya. Di dekat lensa, terdapat dua tombol putar yang berfungsi untuk mengatur zoom dan fokus proyeksi. Jadi, saat proyektor dihidupkan dan tersambung dengan sumber konten, Anda bisa memutar kedua tombol ini sampai mendapatkan fokus yang paling jelas. Ini termasuk zoom untuk mendapatkan tampilan yang lebih besar. Sementara di bagian bawahnya, terdapat berbagai tombol akses untuk mengoperasikan proyektor. Dimulai dari tombol power untuk mematikan dan menghidupkan proyektor. Lalu disampingnya terdapat 4 tombol yang disusun melingkar dimana ada dua fungsi di dalamnya, yaitu untuk mengatur volume dan mengatur keystone. Ada juga tombol Source untuk menentukan sumber konten yang ingin diproyeksikan. Sementara tombol Eco Blank berfungsi untuk mengatur mode hemat. Tiga tombol penting lainnya ada di bagian bawah, yaitu Back, Menu, dan Auto.

Tombol-tombol alternatif untuk mengoperasikan proyektor ini ditemani dengan tiga lampu indikator untuk melihat status power, temperatur, dan nyala lampu proyektor. Tombol-tombol ini menjadi cara alternatif untuk mengoperasikan proyektor. Bahkan bisa menjadi akses yang cepat saat remote control jauh dari genggaman.

Untuk permukaan proyektornya sendiri, semuanya dibalut dengan warna putih. Namun, BenQ tidak menggunakan jenis permukaan glossy yang mengkilat, tetapi memiliki tekstur yang tersusun rapi, membuat permukaan sedikit agak kasar. Jenis permukaan yang disebut dengan “Exquisite Texture” ini justru membuat permukaan bagian atas tetap terlihat bersih karena tidak ada jejak sidik jari yang bisa tertinggal di atasnya.

Beralih ke bagian depan. Desainnya sama seperti seri MX560. Lensa terlihat dengan sangat jelas. Lensa pada BenQ MS560 ini bisa memproyeksikan sebuah konten dengan besaran 60 inci hingga 150 inci. Dengan menggunakan sistem proyeksi DLP, lensanya ini mampu menampilkan gambar dengan resolusi 800 x 600 piksel. Dengan kekuatan lampu berkemampuan 4,000 ANSI Lumens, tentunya hasil proyeksi akan tampil terang dan jelas. Lampu yang digunakan dalam proyektor BenQ MS560 dapat bertahan sangat lama. Dalam keadaan penggunaan hemat, lampu bisa digunakan hingga 15 ribu jam.

Lampu di balik lensa ini bisa bertahan 15 ribu jam

Selanjutnya kita lihat bagian belakang. Di sinilah terdapat pusat koneksi untuk menghubungkan proyektor dengan berbagai perangkat sumber konten. Konektivitas yang didukung proyektor ini sangat lengkap. Dua slot HDMI disediakan di proyektor ini. Keduanya mampu mendistribusikan konten dengan kualitas resolusi video yang sangat tinggi. Disediakan juga port USB type-A, port VGA untuk, RS-232, dan USB Mini-B. Selain itu, ada juga port S-Video dan Video dalam format kabel RCA. Kelengkapan koneksi ini tentunya membawa kemudahan bagi pengguna dalam menggunakan proyektor ini untuk kebutuhan presentasi.

Konektivitas yang luas

Di sisi-sisi bodi proyektor ini juga didesain apik dengan menonjolkan kisis-kisi untuk ventilasi udara pembuangan panas. Lubang-lubang ventilasi yang cukup besar, membuat proyektor ini bisa membuang hawa panas dengan lebih optimal.

Desain kisi-kisi untuk pembuangan panas

Untuk mendudukkan atau menempatkan proyektor secara tepat dan sesuai keinginan, BenQ MS560 memiliki tumpuan kaki di bagian bawah. Dua tumpuan ini bahkan bisa diatur untuk menyesuaikan kemiringan proyektor dengan ketinggian layar proyeksi.

Dalam paket kemasannya, BenQ menyediakan sebuah remote control berwarna putih yang dapat dioperasikan dengan baterai jenis AAA sebanyak dua buah. Baterainya juga sudah disediakan dalam paket pembeliannya. Remote control ini memiliki beberapa warna yang mencolok dalam tombol-tombolnya sehingga bisa memudahkan pengguna untuk mengoperasikan beberapa menu di dalamnya.

Fitur dan Performa

Saat proyektor kamu hidupkan dan sambungkan dengan sumber konten dari perangkat laptop, terlihat begitu terang hasil proyeksi yang ditampilkan ke layar. Kecerahan dari lampu proyektor berkemampuan 4.000 ANSI Lumens dan contrast ratio 20.000:1 sangat membantu tampilan di layar sehingga dapat dilihat dengan jelas dari berbagai sudut. Hasil proyeksi juga langsung disesuaikan kelurusannya karena fungsi auto keystone langsung bekerja. Auto vertical keystone ini sangat membantu, karena bisa menempatkan proyektor tidak harus tegak lurus dengan layar. Anda bisa menempatkan proyektor dari sudut manapun di ruangan. Namun, jika hasil auto keystone masih belum sesuai dengan keinginan Anda, Anda masih bisa mengaturnya secara manual. Hal ini bisa dilakukan baik melalui remote control maupun tombol akses yang ada di bagian atas proyektor.

 

Menariknya, waktu loading proyektor dari keadaan mati hingga siap menyajikan konten berlangsung cepat. Hal ini membuat BenQ MS560 bisa difungsikan dengan cepat. Fungsi Instant-On ini tidak membutuhkan waktu yang lama, hanya 90 detik saja. Dengan begitu, rapat dadakan pun bisa berlangsung dengan lebih lancar.

Bentuknya yang ramping dan kompak serta bobotnya yang cukup ringan, membuat BenQ MS560 bisa difungsikan dalam tiga keadaan, yaitu sebagai mobile business dimana proyektor dengan mudah bisa dibawa-bawa kemanapun pengguna pergi. Hal ini karena rapat tidak harus dilakukan dari ruang tertutup di kantor. Keadaan kedua adalah Long-term Fixed Point Placement. Di sini proyektor akan ditempatkan dalam satu posisi di ruang rapat. Biasanya, keadaan ini banyak dilakukan oleh kantor-kantor dengan proyektor yang akan tetap pada posisinya dalam waktu lama. Dan ketiga adalah proyektor diposisikan dalam keadaan Ceiling Mounted. Keadaan ini membuat agak repot awal namun mudah di penggunaan selanjutnya karena proyektor diposisikan menggantung di atas ruangan. Dibutuhkan bracket tambahan untuk membuatnya dalam posisi ini. Keuntungannya, proyektor tidak membutuhkan menyita ruangan di bawahnya.

Untuk proses presentasinya pun, BenQ MS560 bisa mendukung tampilan file Anda dengan lebih jelas dan detail. Melalui Presentation Mode, proyektor akan menampilkan presentasi dengan Vivid Colors yang sangat baik. Tingkat kecerahan akan menyesuaikan sumber konten seperti PC dan laptop. Ada juga Infographic Mode, dimana proyektor akan menampilkan teks dan grafik dengan lebih detail. Hal ini sangat mungkin berkat tingkat brightness yang tinggi sehingga warna gradasi akan terlihat lebih baik. Mode satunya lagi adalah Review Mode. Mode ini akan menyesuaikan tingkat contrast dengan kecepatan presentasi.

Fitur dan teknologi yang digunakan untuk memperjelas teks dan presentasi

Untuk tampilan menu Setting-nya sama seperti kebanyakan proyektor BenQ lainnya. Dengan menekan tombol Menu, Anda akan dihadapkan pada beberapa opsi pengaturan. Namun tenang, BenQ telah membuat menu setting ini sesederhana mungkin, sehingga tidak akan menyulitkan pengguna. Menu Setting dibagi dalam 5 kategori saja, yaitu Picture, Display, Settings, Systems, dan Information. Dan menariknya, proyektor ini mendukung banyak bahasa di dalamnya. Jadi, Anda tinggal sesuaikan dengan kebutuhan. Untuk mendukung hemat energi, BenQ MS560 juga memiliki tiga mode Eco di dalamnya, yaitu Normal, Eco, dan LampSave.

BenQ MS560 juga memiliki tiga mode Eco di dalamnya

Dalam pengoperasiannya, salah satu hal yang sering dikeluhkan pengguna proyektor adalah gangguan debu. Ini bisa mengurangi umur lampu proyektor. Namun, BenQ dapat menghalanginya berkat penggunaan sensor Anti-Dust. Sensor ini dapat mendeteksi keberadaan debu dan kemudian menyingkirkannya dengan segera. Tentunya, fitur dan teknologi ini bisa membuat biaya pemeliharaan proyektor menjadi lebih hemat.

Spesifikasi

Sistem Proyeksi DLP Single 0,55” XGA
Resolusi 800 x 600 Piksel
Kecerahan 4000 ANSI Lumens
Contrast Ratio 20000:1
Ketahanan lampu Normal 6000 hr

Economic 10000 hr

SmartEco 10000 hr

LampSave 15000hr

Audio 10W x 1
Fitur 1D Auto Keystone, High Brightness, Spreadsheet mode, Bright Mode, Presentation Mode, Infographic Mode, Video Mode, Srgb Mode
Power Max 280W, Normal 260W, Eco 215W

Kesimpulan

BenQ MS560 memang ditujukan untuk kebutuhan bisnis yang simpel dan sederhana. Bentuk dan bobotnya yang ringan, membuat proyektor ini begitu fleksibel digunakan dalam ruangan apapun. Bahkan bisa dibawa-bawa dengan nyaman. Fitur untuk kebutuhan presentasi juga ditonjolkan BenQ dengan teknologi presentasi yang ada di dalamnya. Dengan tingkat contrast 20.000:1, proyektor bisa menampilkan konten dengan lebih jelas dan detil.

Resolusi yang hadir di BenQ MS560 ini memang tidak sebesar BenQ MX560. Resolusinya mendukung 800 x 600 piksel. Namun, hal ini bukan berarti mengurangi tingkat kejelasan tampilan di layar. Dengan mode-mode seperti presentasi atau infographics, justru detail sebuah diagram hingga teks tampil sangat jelas.

BenQ MS560 dan remote control yang didesain kompak

Dari sisi fitur juga terbilang lengkap. Semuanya sudah mendukung kebutuhan presentasi. Bahkan pengoperasiannya juga mudah dilakukan, baik dari remote control maupun tombol akses di bodi proyektor. Audionya juga cuku kencang. Jadi tidak memerlukan speaker tambahan untuk mengeluarkan suara dari sumber konten. Dan untuk keamanan proyektor, BenQ MS560 juga sudah dibekali Kensington Key yang dapat mengunci proyektor agar tidak mudah dicuri.

Untuk pasar Indonesia, proyektor BenQ Harga Rp 6.200.000. Untuk informasi lebih lanjut bisa mengakses ke https://bit.ly/32XIfs1 Sementara untuk Anda yang merencanakan memesan dan membeli proyektor ini bisa langsung mengakses ke link pembelian: https://bit.ly/330TuQB

Tags: , , ,


COMMENTS