March 30, 2021

Dibanderol Rp2 Jutaan, Inilah Rentetan Keunggulan Oppo A54

Penulis: Muhammad R
Dibanderol Rp2 Jutaan, Inilah Rentetan Keunggulan Oppo A54  

Mobitekno – Oppo baru saja memperkenalkan lini seri A di tahun 2021 yang mengusung sejumlah pembaruan, baik dari segi desain maupun teknologi. Menyasar pengguna muda, oppo berupaya menghadirkan penyegaran desain pada perangkat lini seri A melalui A54.

Lini seri paling populer di keluarga oppo ini banyak digemari konsumen Indonesia, terutama dari aspek fitur dan harga yang ditawarkan.

Aryo Meidianto A, PR Manager OPPO Indonesia, menjelaskan bahwa Oppo A54 hadir sebagai perwujudan wajah baru lini seri A di tahun 2021. Berbeda dengan pendahulunya Oppo A54, seri baru ini menawarkan berbagai keunggulan teknologi dan perangkat keras kelas atas untuk hadir pertama kalinya pada lini seri A, seperti kehadiran layar single punch-hole dan sertifikasi IPX4.

Oppo A54 juga hadir membawa desain modern dengan pilihan warna yang stylish dan fashionable. Sebuah perangkat dengan berbagai pembaruan yang coba didefinisikan kembali untuk pengguna muda Indonesia.

Oppo A54 tampil dengan desain modern. Penempatan tiga kamera utama beserta lampu kilat terpasang dalam sebuah bingkai persegi pada sudut kiri atas. Rangka tengah setebal 0,2mm berpadu bingkai aluminium memberikan kesan perangkat yang solid sekaligus kokoh.

Tidak hanya itu, Oppo juga melakukan optimalisasi struktur perangkat dengan meletakkan sebuah pelat logam tipis pada bagian penutup depan. Bingkai perangkat dibuat menggunakan teknologi electroplating dengan tiga lapisan penyemprotan yang menghasilkan gradasi bingkai nan halus dan tampilan modern.

Desain

Oppo menawarkan layar perangkat smartphone, yang biasa digunakan pada perangkat kelas menengah atas, pada seri Oppo A54. Kehadiran layar bertipe single punch-hole 6.51 inci menjadi pembeda perangkat ini di saat kompetitor lain menawarkan solusi layar waterdrop pada harga yang setara.

Layar ini juga dilengkapi berbagai teknologi tinggi yang sebelumnya diperkenalkan pada perangkat Oppo Reno5 F.

Layar OPPO A54 dilengkapi fitur Eye Comfort yang akan mengurangi cahaya biru pada layar untuk mencegah ketegangan pada mata. Pengguna secara manual dapat mengaktifkan fitur ini atau mengatur periode terjadwal.

Kemudian terdapat fitur Sunlight Screen menawarkan visibilitas terbaik untuk layar smartphone pada kondisi di bawah sinar matahari terik. Kecerahan layar akan meningkat 14,5% secara otomatis atau setara dengan 550 nits.

Moonlight Screen secara otomatis mengurangi tingkat kecerahan layar hingga 2 nits pada lingkungan rendah cahaya atau malam hari, sehingga membuat cahaya layar terasa lembut dan tidak menyilaukan mata. Sementara itu, AI Smart Backlight dapat mempelajari kebiasaan pengguna saat menyesuaikan lampu latar dan merekam kecerahan yang disukai pengguna.

Dari sisi fotografi, Oppo melengkapi A54 dengan Triple Main Camera yang terdiri dari kamera utama 13MP, kamera makro 2MP dan kamera bokeh 2MP. Kamera ini dilengkapi berbagai fitur kecerdasan buatan yang dapat digunakan pengguna muda untuk mengungkapkan berbagai ekspresi mereka melalui media sosial.

Dazzle Color ketika diaktifkan dapat meningkatkan saturasi dan kecerahan gambar melalui sebuah algoritma kecerdasan buatan, menghadirkan gambar cemerlang yang kaya warna. AI Scene Recognition mendukung pengenalan otomatis ketika digunakan, ada 23 suasana yang dapat dikenali oleh perangkat ini.

Selain itu, Ultra Night Mode menjadi solusi fotografi malam hari. Fitur ini diaktifkan secara manual, pada lingkungan rendah cahaya secara otomatis eksposur akan meningkat, perangkat melakukan pengukuran berbasis kecerdasan buatan kemudian melakukan penyesuaian untuk memberikan cahaya pada bagian gelap.

Oppo A54 juga dilengkapi fitur untuk mengambil gambar panorama dengan sudut 180°. AI Beautification 2.0 dapat diakses melalui kamera depan dan belakang. 

Performa

Oppo melengkapi A54 dengan prosesor Mediatek Helio P35. Selain unggul pada sisi kecerdasan buatan, prosesor ini juga kencang, namun juga menawarkan pengaturan sumber daya yang baik. Kapasitas RAM 4GB akan membuat perangkat ini berjalan mulus. Selain itu, penyimpanan internal besar 128 GB memberikan keleluasaan pada konsumen untuk menyimpan berbagai file dan dokumen.

Performa perangkat ditingkatkan dengan teknologi Oswap yang merupakan kombinasi Z-RAM dan landswap speeding technologies. Dengan melakukan kompresi RAM ke EMC, atau memanfaatkan kemampuan ROM, teknologi ini dapat memanfaatkan ruang penyimpanan yang tersedia untuk meningkatkan kecepatan sistem. Dengan cara ini, RAM 4 GB dapat bekerja layaknya RAM 6 GB.

Teknologi tinggi lainnya juga diterapkan pada perangkat ini. Oppo A54 dilengkapi dengan 5 (lima) sensor suhu, yang secara akurat dapat merasakan sumber panas dan dengan cerdas memilih skema pembuangan panas yang optimal.

Multi-layer Heat Dissipation diterapkan pada perangkat ini dengan menggunakan lembaran grafit pada bagian penutup layar, rangka tengah, penutup belakang, dan speaker, serta bahan konduktivitas termal tinggi pada bagian rangka tengah, kesemuanya dibuat untuk melakukan optimalisasi suhu perangkat.

Untuk pertama kalinya, Oppo membawa sertifikasi IP rating pada lini seri A. Dibandingkan dengan sertifikasi IPX2, OPPO menambahkan sebuah lapisan penahan air, yang memberikan ketahanan cukup untuk penggunaan sehari-hari. OPPO melakukan rain of pipe-swing test selama 10 menit dan setelah 72 jam tidak terjadi kegagalan fungsi, sehingga perangkat ini telah memenuhi persyaratan tahan air standar IPX4.

Oppo A54 juga dilengkapi dengan 5 (lima) lapisan perlindungan. Perangkat ini lulus menjalani 6 (enam) tes utama termasuk uji jatuh, ketahanan terhadap air, radiasi, iklim, slight drop test, dan kekuatan sinyal. Perangkat ini juga melewati 50+ kontrol proses produksi, 130+ uji keandalan yang sangat ketat, dan 320+ uji eksperimental.

Di sisi sumber daya, Oppo A54 menggunakan baterai berkapasitas besar 5000 mAh dengan konektor pengisian daya Type C. Baterai sebesar ini akan memberikan daya tahan perangkat selama 2,2 hari, melakukan panggilan telepon selama 25,4 jam dan menonton YouTube tanpa henti selama 19,9 jam.

Oppo A54 juga dipasangi dengan perlindungan baterai overcharge dan over-discharge, sirkuit pendek dan proteksi arus berlebih serta tinta tahan api untuk memproteksi kebakaran level V-0.

ColorOS 7.2

Oppo melengkapi A54 dengan sistem operasi ColorOS 7.2 berbasis Android 10. Sistem operasi ini menawarkan berbagai keunggulan di antaranya HyperBoost.

Black Screen Mode, memberikan pengalaman  baru dan kenyamanan pada pengguna saat mendengarkan video di YouTube atau di aplikasi lain, aplikasi dapat terus berjalan ketika layar dimatikan. Fitur ini secara efektif mencegah sentuhan yang tidak disengaja dan dapat mengurangi konsumsi daya ponsel.

Photo Translator memanfaatkan bantuan Google Lens, OCR (Optical Character Recognition) akan mengenali teks saat mengambil foto, lalu menerjemahkan teks tersebut melalui Google Translate. Fitur ini mendukung lebih dari 120 bahasa di seluruh dunia. 

Oppo A54 dijual mulai 1 April 2021 melalui jaringan e-commerce terkemuka di Indonesia dan secara luring di jaringan OPPO Store yang terdapat di seluruh wilayah Indonesia.

Oppo A54 hadir dalam dua pilihan warna, Crystal Black dan Starry Blue, yang dipasarkan dengan harga resmi Rp2.699 juta.

Tags: , , , ,


COMMENTS