October 29, 2021

Ketiga SMK Ini Jadi Pemenang Samsung Innovation Campus Batch 2

Penulis: Desmal Andi
Ketiga SMK Ini Jadi Pemenang Samsung Innovation Campus Batch 2  

Mobitekno – Samsung Innovation Campus dari Samsung Electronics Indonesia (SEIN) menjadi ajang tahunan untk menunjukkan kreativitas para siswa SMK di Indonesia. Program Samsung Batch 2 2020/2021 yang sudah dimulai Oktober 2020 ini menampilkan banyak karya menarik dari para calon-calon penerus bangsa. Proyek-proyek terbaik mereka rancang dan buat untuk pengenalan digitalisasi masyarakat Indonesia. Dan, pada batch 2 ini, Samsung telah memilih tiga sekolah SMK yang berhasil tampil sebagai pemenang.

SMK Negeri 1 Cimahi menjadi pemenang ketiga dan kedua untruk progaram Samsung Innovation Campus batch 2. Karya Smartgen milik mereka berhasil menjadi pemenang ketiga. Sementara karya EyeRoom untuk solusi kesehatan menjadi pemenang kedua. Sementara jawara pertama untuk program ini jatuh kepada SMK Negeri 1 Geger Madiun. Para siswa SMK 1 Geger Madiun ini merancang dan membuat karya bernama Study Tools. Ini adalah karya yang ditujukan untuk masyarakat dan SMK pada khususnya, untuk belajar berbagai hal dengan lebih nyaman dan praktis.

“Samsung Electronics Indonesia mempertegas komitmennya dalam mendorong terciptanya generasi masa depan yang mampu berkompetisi di Industri melalui penyelenggaraan program SIC. Program ini sekaligus bertujuan meningkatkan keterampilan dan kapabilitas siswa SMK dari sekolah mitra dengan memberikan metode pembelajaran yang berfokus kepada kemampuan teknis (hard skill) dan membantu meningkatkan soft skill yang kuat. Dengan tetap berfokus pada pengembangan kemampuan dasar teknologi yang semakin dibutuhkan industri 4.0, SIC 2021 menekankan materi pelatihan pada pengembangan website sebagai platform dasar untuk informasi produk atau layanan, ujar Risman Adnan M, Direktur Samsung R&D Institute Indonesia (SRIN).

Pada program Samsung Innovation Campus Batch 2 ini, pelatihan diberikan meliputi banyak hal. Mulai dari Design Thinking, Web Design (UX); dasar-dasar pemrograman website seperti HTML, CSS, Javascript; serta kemudahan akses networking komunitas belajar lintas sekolah bersama para mentor. Metode ini sejalan dengan rumus pembelajaran 8+I Link and Match dari Kemendikbud RI.  Oleh sebab itu, Kemedikbud pun mengapresiasi program ini karena bisa menghasilkan siswa-siswa yang kreatif, yang karyanya bisa berguna untuk banyak orang.

Para pemenang Samsung Innovation Campus Batch 2 2020/2021

“Kemendikbudristek telah dan akan terus melakukan revitalisasi SMK yang sejak 2019 kita terus tingkatkan implementasi konkrit kerjasama dengan dunia kerja berpedoman pada rumus Link and Match (taut-suai) 8+i. Link and Match ini bertujuan untuk menciptakan keselarasan mendalam, menyeluruh dan berkelanjutan dalam semua aspek penyelenggaraan pendidikan vokasi, yakni antara SMK dengan dunia kerja,” kata Wikan Sakarinto, S.T. M. Sc, Ph.D, Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI.

Penyelenggaraan program SIC Batch 2 – 2020/2021 diminati hingga 750 siswa yang kemudian terpilih 396 siswa dari 13 SMK dari seluruh Indonesia yang dapat mengikuti tahap pelatihan awal dalam bidang product development, web design dan coding & web development. Seleksi lanjutan untuk dapat mengikuti pelatihan intensif product development bootcamp menghasilkan 46 siswa dari 13 tim dari 6 SMK. Dari ke 13 tim tersebut, terpilihlah 5 tim terbaik yang terdiri dari 19 siswa untuk tahapan Product Development Canvas dan Pitching Canvas, di mana mereka akan mempersiapkan lebih matang lagi proyek-proyek mereka untuk dipresentasikan ke dewan juri.

Tags: , , , , ,


COMMENTS