April 29, 2021

#LakukanDenganCaramu, Cara Jenius Dukung pengembangan Diri Perempuan Indonesia

Penulis: Desmal Andi
#LakukanDenganCaramu, Cara Jenius Dukung pengembangan Diri Perempuan Indonesia  

Mobitekno – Pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung lebih dari satu tahun, tidak serta merta harus menurunkan semangat beraktivitas bagi masyarakat Indonesia, terutama kaum perempuan. Pandemi memang sudah mengubah cara kita untuk menjalani kehidupan. Namun, Jenius melalui semangat ko kreasi, berusaha mendengarkan suara-suara dari perempuan Indonesia bagaimana cara mereka untuk beradaptasi dengan situasi sekarang. Inilah mengaapa saat ini Jenius semangat meluncurkan program Month of Women #LakukanDenganCaramu, agar perempuan ndonesia bisa melek digital dan bisa mewujudkan keinginan mereka dalam hidup, karis, bisnis, dan keuangan.

Program yang terinspirasi dari International Women’s Day dan Hari Kartini ini mengajak kaum perempuan Indonesia agar tetap semangat dalam menjalani kehidupan. Apalagi semangat seperti ‘Women support women” sering didengar, dan turut menjadi salah satu latar belakang mengapa program ini digelar.

“Di April ini merupakan bulan yang tepat bagi perempuan untuk mendukung kaum perempuan yang lain. Di Jenius sendiri, hingga saat ini banyak juga konsumen dari kaum perempuan. Dari hasil survei yang Jenius lakukan pada bulan Februari-Maret 2021, didapat bahwa sebagian bsear digital Savvy perempuan memiliki keingingan kuat untuk mewujudkan cita-cita atau impian mereka. Hasil survei juga menunjukkan bahwa kaum digital savvy perempuan ternyata memiliki berbagai cara agar mereka tetap bahagia di tengah pandemi,” ujar Anita Ekasari, Digital Banking Acquisition, Service & Marketing Head Bank BTPN, Selasa, 27/4/2021.

“Melalui program Month of Women, kami ingin lebih banyak mendengar kisah-kisah inspiratif tersebut sekaligus menyebarkan semangat ini kepada lebih banyak perempuan Indonesia agar dapat membangun support system untuk terus bertumbuh bersama,” lanjut Anita.

Anita Ekasari

Survei yang dilakukan dengan jumlah responden perempuan sebanyak 278 orang ini juga menunjukkan bahwa lima topik yang paling banyak dicari selama pandemi adalah investasi (26%), COVID-19 (22%), financial planning (12%), memasak (11%), dan bisnis (11%). Cara digital savvy perempuan beradaptasi dan tetap bahagia selama pandemi adalah menonton atau mencari hiburan (18%), bersyukur (16%), berpikir positif (16%), menekuni hobi (11%), dan olah raga (9%). Tiga barang yang paling sering dibeli secara online ketika pandemi adalah make up/skincare (50%), produk fashion (39%), dan produk kesehatan (26%).

Temuan Jenius ini dirasakan oleh salah satu teman Jenius dari founder Single Moms Indonesia, Maureen Hitipeuw. Sebelum pandemi, komunitas Single Moms Indonesia (SMI) memiliki berbagai program rutin di beberapa kota berupa sharing session, talkshow, dan pelatihan dasar untuk membantu ibu tunggal agar bisa memiliki skill tambahan yang digunakan sebagai sumber penghasilan. Awalnya, Maureen mendirikan komunitas ini sebagai wadah bagi para ibu tunggal untuk berbagi cara, cerita, dan mendukung satu sama lain. Hingga kini, komunitas yang didirikan pada tahun 2014 ini sudah memiliki 5.500 anggota yang tersebar di seluruh Indonesia dan luar negeri.

“Di tengah pandemi ini, kami bisa menjangkau lebih banyak ibu tunggal karena seluruh program berlangsung secara online. Semua kelas, talkshow, sharing session, dan pelatihan dilaksanakan secara online. Kami juga meluncurkan program baru y¬aitu SMI Kuliner yang membantu ibu tunggal dalam pendanaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), serta mentoring & pelatihan dalam mengembangkan usahanya.” jelas Maureen.

Solusi yang dimiliki jenius juga dapat membantu perempuan Indonesia agar bisa mengelola finansial secara digital. Digital Savvy perempuan harus bisa menunjukkan kemampuannya, tetutama dalam menghadapi kehidupan di tengah pandemi ini. Dan, Jenius menawarkan solusi digital yang bisa menolong mereka.

Kisah yang sama juga dialami Tiara, founder Lenthick, yang bergerak di produk self care.  Tiara memulai usahanya dengan mengelola produksi hingga pemasaran sendiri, dan kini ia telah mempekerjakan tiga orang karyawan. Menurut Tiara, bisnisnya terus bertumbuh karena berhasil membangun support system, antara lain melalui kolaborasi Lenthick dengan Mad With Love.

Kisah keduanya bisa menjadi contoh bagaimana perempuan Indonesia bisa menemukan cara mereka untuk mewujudkan impian dan cita-citanya.

Masyarakat digital savvy dapat mengikuti rangkaian acara Month of Women melalui Jenius Women Talks yang menghadirkan sederet tokoh perempuan inspiratif. Mereka akan berbagi tentang cara mereka dalam mewujudkan impian dan beradaptasi selama pandemi. Jenius Women Talks terdiri dari tiga topik yaitu Cara Mendapatkan Ide Bisnis dengan pembicara Najla Bisyir (Founder Bittersweet by Najla) dan Felysya Fabian (Co-Founder Alegre’s Kitchen), Pentingnya Rencana Keuangan untuk Perempuan dengan pembicara Ghita Argasasmita (Director Integrita Financial Planning) dan Kadek Arini (Travel Blogger), dan Menemukan Potensi Diri di Dunia Kerja Digital, dengan narasumber Jenius’s women leaders. Informasi dan pendaftaran Jenius Women Talks dapat diakses melalui https://www.cocreate.id/webinars/.

Tags: , ,


COMMENTS