April 29, 2021

Kolaborasi Toyota, Daihatsu, dan Astra Telurkan ‘Sinergi untuk Negeri’

Penulis: Karyo | Editor: Rizki R
Kolaborasi Toyota, Daihatsu, dan Astra Telurkan ‘Sinergi untuk Negeri’  

Mobitekno – Era kolaborasi dan sinergi bisnis saat ini sudah menajadi tren baru dalam konsep berbisnis. Hal itu rupanya sudah dilakukan sejak lama oleh Toyota, Daihatsu, dan Astra. 

Kini Toyota, Daihatsu bersama Astra kembali berkolaborasi bertajuk “Sinergi Untuk Negeri” sebagai upaya nyata agar senantiasa tumbuh bersama bangsa Indonesia, berkontribusi bagi pertumbuhan industri otomotif nasional, dan menghadirkan kendaraan yang dapat memenuhi kebutuhan mobilitas masyarakat.

Peresmian kolaborasi ini dilakukan secara virtual pada  Rabu (28/4), yang dihadiri oleh Chief Executive Officer of Toyota Motor Corporation Asia Region, Yoichi Miyazaki, President of Daihatsu Motor Company, Soichiro Okudaira, Presiden Direktur PT Astra International Tbk, Djony Bunarto Tjondro, dan turut dihadiri Menteri Perindustrian Republik Indonesia, Agus Gumiwang Kartasasmita. 

Kolaborasi yang sudah terjalin lama  tersebut telah memberikan dampak positif pada pertumbuhan industri otomotif Indonesia antara lain menciptakan lapangan kerja baru, berbagi teknologi, pemanfaatan kandungan lokal, serta menyediakan produk yang tidak hanya sesuai untuk kebutuhan pasar dalam negeri tetapi juga untuk memenuhi kebutuhan ekspor. 

“Toyota dan Daihatsu memulai kolaborasi sebagai bagian dari Grup Toyota dengan memaksimalkan kekuatan kedua perusahaan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia,” kata Chief Executive Officer of Toyota Motor Corporation Asia Region, Yoichi Miyazaki, saat peresmian kolaborasi tersebut, Rabu (28/4/). 

“Dengan berinvestasi dalam menghadirkan advance technology dan mempromosikan konten lokal, kedua perusahaan ini akan terus meningkatkan daya saing dan mendukung tujuan pemerintah Indonesia untuk mengembangkan industri otomotif,” jelas Yoichi Miyazaki. 

3

Menurut Yoichi, Toyota tidak hanya menyediakan produk–produk untuk memenuhi kebutuhan di pasar dalam negeri, Toyota dan Daihatsu juga menjadi kontributor terbesar untuk ekspor kendaraan roda empat di Indonesia hingga saat ini, dengan kontribusi lebih dari 60%. Sebagai bagian dari komitmen tersebut, Grup Toyota juga akan mengekspor produk kolaborasi terbaru ini ke sekitar 50 negara di dunia.

Sementara itu, President of Daihatsu Motor Company, Soichiro Okudaira, mengungkapkan bahwa Indonesia adalah negara yang sangat penting bagi kami, oleh karena itu kami akan terus berinvestasi dan berkontribusi bagi masyarakat Indonesia. 

“Daihatsu bekerjasama dengan Toyota dalam membangun lini bisnis yang kompetitif untuk segmen kendaraan kompak bagi Toyota Group, termasuk di dalamnya pengembangan dan produksi kendaraan,“ ungkap Soichiro Okudaira. 

Pada kesempatan yang sama, Presiden Direktur PT Astra International Tbk,  Djony Bunarto Tjondro, mengungkapkan bahwa Astra sebagai mitra jangka panjang Toyota dan Daihatsu senantiasa mendukung penuh kolaborasi ini sejak awal untuk dapat menghadirkan mobilitas yang sesuai bagi masyarakat Indonesia.

“Kami bangga telah menjadi bagian dalam mengembangkan produk Toyota dan Daihatsu di Indonesia selaras dengan cita-cita Astra, yakni Sejahtera Bersama Bangsa. Astra berharap produk kolaborasi baru ini akan memberikan semakin banyak pilihan bagi konsumen di Indonesia sebagai solusi mobilitas berkualitas yang merupakan hasil semangat bersama Astra, Toyota, dan Daihatsu,” kata Djony . 

Ke depannya, segala usaha dari kolaborasi  tersebut diharapkan dapat memberikan solusi mobilitas terbaik bagi masyarakat Indonesia, tidak hanya meningkatkan kualitas hidup, tetapi juga dapat menjaga lingkungan melalui penggunaan advance technology yang rendah emisi untuk saat ini dan masa depan yang lebih baik.

1

Sebagai buah dari kolaborasi “Sinergi Untuk Negeri”, kedua perusahaan memperkenalkan produk terbarunya: Toyota Raize dan Daihatsu Rocky. 

Bagi Toyota Astra Motor, kemunculan Toyota Raize ini akan menambah pilihan bagi masyarakat Indonesia di segmen SUV, sejalan dengan transformasi dari automobile company menjadi mobility company. Yang tidak hanya akan didukung oleh pilihan kendaraan yang juga tepat untuk masing–masing orang, tapi juga layanan yang variatif menyesuaikan tren dan kebutuhan yang berkembang.

Sama halnya dengan Astra Daihatsu Motor yang berkomitmen untuk memastikan Daihatsu Rocky sesuai dengan kebutuhan masyarakat melalui pemanfaatan fasilitas R&D Center PT Astra Daihatsu Motor yang terbesar di Indonesia.

Tags: , , , ,


COMMENTS