August 26, 2021

Ini Lima Fitur Smartphone yang Dibutuhkan untuk Pembelajaran Jarak Jauh

Penulis: Desmal Andi
Ini Lima Fitur Smartphone yang Dibutuhkan untuk Pembelajaran Jarak Jauh  

Mobitekno – Pandemi Covid-19 yang belum kunjung usai membuat para pelajar di Indonesia harus tetap melakukan Pembelajaran Jarak jauh (PJJ). Memang, kasus Covid-19 sudah sedikit mereda dibandingkan bulan Juli 2021 kemarin. Namun, kewaspadaan terhadap virus ini harus tetap dilakukan. Oleh sebab itu, bagi dunia pendidikan, pembelajaran daring masih menjadi opsi yang paling ideal.

Guna mendukung pembelajaran daring ini, tentunya dibutuhkan perangkat mobile yang bisa menunjang aktivitas belajar. Smartphone menjadi salah satu perangkat yang banyak digunakan. Tentu saja, kini banyak pelajar yang sudah mulai pintar memilih smartphone, tidak hanya berdasarkan model, tetapi juga kemampuan dan kelengkapan fitur yang bisa membantu mereka. Baterai misalnya. Kini menjadi opsi yang penting untuk dipikirkan karena baterai besar membuat operasional smartphone semakin lama. Selain itu juga kamera. Ini dibutuhkan saat berlangsung video conference dengan pengajar. Prosesor dan memori juga menjadi hal penting karena bisamenunjang kinerja smartphone tanpa lag. Untuk itu, kamu bisa memilih perangkat Oppo A16 sebagai alternatif untuk kegiatan PJJ atau sekolah daring. Perangkat Oppo A16 memiliki sejumlah keunggulan yang bisa dipertimbangkan untuk sarana belajar online di rumah, antara lain:

1. Kamera Jernih

Nyatanya kamera juga berperan penting saat kamu belajar online, bisa sebagai media bertatap muka secara digital. Beberapa sekolah menerapkan sistem absensi dan kehadiran selama waktu belajar melalui video conference call. Agar aktivitas ini dapat terlihat jelas, maka dibutuhkan smartphone dengan kamera depan yang bisa menampilkan video secara baik. Sebagai contoh Oppo A16 yang memiliki kamera selfie 8MP untuk menghasilkan gambar jernih. Selain itu, kamera utamanya 13MP, kamera bokeh 2MP, dan kamera makro 2MP juga memenuhi kebutuhan pengguna untuk memotret atau merekam. Pengguna dengan mudah menyeimbangkan saturasi dan kecerahan, menyesuaikan level warna secara manual, atau menerapkan satu dari tujuh filter yang tersedia, yaitu Warm, Mist, Country, Travel, Food, Film, and Autumn. Kamera yang memiliki kemampuan mumpuni juga bisa digunakan untuk membantu siswa ketika ada tugas prakarya.

2. Memori Besar

Ketika hampir semua aktivitas harian dan belajar online dilakukan lewat smartphone, maka risiko memori cepat penuh pasti tak terhindarkan lagi. Aktivitas seperti meng-install beragam aplikasi e-learning, mengunduh dokumen tugas, atau mengumpulkan tugas lewat grup WhatsApp dan lainnya secara tidak langsung akan mengurangi memori ROM. Oleh karena itu, kamu memerlukan perangkat dengan memori besar agar proses pembelajaran bisa terus lancar seperti Oppo A16 yang dilengkapi dengan RAM 3GB dan penyimpanan internal 32GB. Bahkan memori internalnya dapat diperluas hingga 256GB sehingga kian lega untuk menyimpan tugas, materi pelajaran, file presentasi, video, dan hiburan lainnya.

3. Baterai Berdaya Tahan Lama

Untuk belajar secara online berjam-jam, kamu mungkin memerlukan smartphone yang memiliki baterai berdaya tahan tinggi atau awet seharian. Oppo A16 dilengkapi baterai 5000mAh yang bisa mendukung penggunaan seharian penuh tanpa isi ulang daya. Saat daya baterai 100% maka Oppo A16 dapat digunakan untuk menelepon selama 34 jam atau untuk memutar video selama 21 jam nonstop. Selain memiliki baterai awet, Oppo A16 juga dilengkapi dengan serangkaian perlindungan overcharge dan over-discharge, yang menjaga agar tidak terjadi pengisian daya dengan arus listrik berlebihan. Untuk pengisian daya selama 8 jam di malam hari, fitur Super Nighttime Standby pada Oppo A16 hanya mengonsumsi daya 1,21%. Saat kapasitas baterai mencapai 5% atau lebih rendah, Oppo A16 dengan fitur Super Power Saving Mode memungkinkan pengguna untuk menerima panggilan telepon hingga 1,84 jam.

Kemampuan Oppo A16

4. Multitasking dan Inovatif

Oppo A16 berjalan pada sistem operasi ColorOS 11.1, yang membawa beberapa fitur efisien dan berguna untuk para pelajar. Salah satu fitur tersebut adalah FlexDrop untuk membantu pengguna melakukan banyak tugas secara multitasking. Beberapa aplikasi dapat tetap terbuka sebagai jendela kecil atau mengambang. Untuk menggunakan fitur ini, kamu cukup menggeser dari bagian bawah layar aplikasi ke atas, lalu geser ke kiri (jendela mengambang) atau ke kanan (jendela mini). Oppo A16 juga didukung dengan fitur Google Lens dan Smart Sidebar untuk mempercepat akses.

5. Layar Aman di Mata

Oppo A16 memiliki layar HD+ berukuran 6,52 inci dengan rasio layar-ke-bodi sebesar 88,7%. Layar besar dengan resolusi dan kecerahan tinggi memberikan pengalaman visual yang optimal. Sementara itu, bodi setebal 8.4mm dan berat 190g mampu menampilkan kesan ringan, tipis, dan nyaman untuk digenggam. Selain itu, Oppo A16 dilengkapi dengan Eye Care Display untuk kenyamanan ata terutama ketika belajar online berjam-jam yang tentunya akan melelahkan mata.

Tags: , , ,


COMMENTS