January 25, 2021

Review Galaxy A02s, Smartphone Awesome dengan Harga Terjangkau

Penulis: Desmal Andi
Review Galaxy A02s, Smartphone Awesome dengan Harga Terjangkau  

Mobitekno – Samsung galaxy A02s hadir di minggu pertama tahun 2021 ini. Smartphone ini menyasar para pelajar yang membutuhkan akses komunikasi, baik untuk telfon, belajar online, maupun beraktivitas dengan fitur-fitur yang ada di Galaxy A02s. Karena menyasar di segmen low end dan para pengguna yang ingin beralih dari smartphone biasa ke Samsung Galaxy, Samsung pun membanderol smartphone ini dengan harga cukup terjangkau, yaitu Rp 1.799.000 untuk varian 3/32 GB dan 1.999.000 untuk varian 4/64 GB.

Mobitekno berkesempatan menguji varian 4/64 GB selama beberapa hari. Kami menggunakannya untuk aktivitas rutin, menggantikan smartphone yang biasa kami pakai sebelumnya. Hal ini untuk mendapatkan hasil semaksimal mungkin dari Galaxy A02s sebagai smartphone harian para pelajar atau anak-anak muda.

Walaupun harga Galaxy A02s ada di bawah Rp 2 juta, namun fitur yang dihadirkan terbilang banyak. Jadi, jika selama ini Anda menggunakan smartphone hanya sekadar mencari murahnya saja, hadirnya Galaxy A02s ini bisa menjadi pertimbangan bagi Anda. Selain mendapatkan spesifikasi cukup bagus untuk kelas low end, fiturnya juga bisa menghasilkan berbagai hal yang awesome.

Kelengkapan

Seperti smartphone keluaran Samsung di kelas menengah ke bawah, kemasannya dibuat dengan sangat sederhana. Boks putih tipis melengkapi paket yang dibawa Samsung galaxy A02s. Buka segelnya, maka unit smartphone sudah tampak jelas terlihat dan masih terbungkus dalam segel plastik.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini item-item yang ada pada kemasan Galaxy A02s

  1. Satu unit smartphone Galaxy A02s dengan warna Crush White
  2. Kabel charger berwarna putih yang berlaku sebagai kabel data dari USB Type C ke USB Type A
  3. Adaptor AC to DC dengan kemampuan fast charging 15W
  4. Buku petunjuk singkat dan kartu garansi
  5. SIM Card ejector

Desain

Secara keseluruhan dan dilihat sekilas, Samsung Galaxy A02 s ini hadir dengan desain yang cukup oke. Dengan bentang layar 6,5 inci, Galaxy A02s mampu menampilkan konten dengan tampilan yang lega. Layarnya sendiri menggunakan jenis PLS LCD dengan kemampuan 720 x 1.600 piksel HD+. Jenis layar yang digunakan ini cukup terang dan jernih.

Dimensi keseluruhannya adalah 164,2 x 75,9 x 9,1 mm. Cukup ringkas dan kompak untuk sebuah smartphone berukuran 6,5 inci. Bobotnya yang ringan juga membuat Galaxy A02s dapat dibawa dengan mudah kemanapun Anda pergi atau beraktivitas. Desain yang ada pada Galaxy A02s juga membuat smartphone cukup nyaman digenggan oleh telapak tangan orang Indonesia.

Mobitekn memang mendapatkan warna Crush White. Namun, Samsunh memberikan dua opsi warna lainnya, yaitu Crush Black dan Crush Navy). Namun, di warna crush white ini, desain bodi belakang yang memilki corak garis kotak-kotak, membuatnya semakin indah untuk dilihat. Ya, bodi belakang tidak tampil dengan warna putih polos. Samsung memberikan corak kotak-kotak miring yang memiliki warna sedikit berbeda di setial kotaknya. Ini membuat Galaxy A02s tampak lebih modern dan kekinian.

Layar depannya sendiri menggunaakan desain Infinity O-Display. Ini membuat kamera depan tampil perseis di tengah bagian atas. Kamera berkemampuan 5.0 MP ini bisa menjadi media yang andal untuk melakukan panggilan video call atau pelajaran jarak jauh bagi para pelajar.

Untuk akses ke tombol power dan volume ada di sisi bagian kanan. Sementara akses ke slot SIM Card ada di bagian kiri. Galaxy A02s mendukung penggunan dua SIM Card sekaligus. Jadi, jangan khawatir jika Anda berencana untuk menggunakan dua operator sekaligus utuk pilihan akses Internet.

Di bagian bawah terdapat port USB type C dan speaker. Ada juga lubang mikrofon kecil untuk memperkuat suara saat melakukan panggilan. Lubang mikrofon ini terdapat juga di sisi bagian atas.

Untuk sisi layarnya, desain edge dengan layar tampak menyembul di atas bodi plastik membuatnya smartphone tampil lebih menarik. Desain ini juga membuat telapak tangan tidak terlalu licin saat menggenggm smartphone.

Beralih ke bagian belakang. Selain corak permukaan cover belakang yang terlihat keren, susunan tiga kamera yang ada di bagian atas juga tidak kalah menarik. Samsung mengintegrasikan kamera utama 13MP, yang ditemani dengan kamera makro 2.0MP, dan kamera bokeh 2.0MP. Menurut Samsung, kamera-kamera ini mampu menghasilkan konten awesome sesuai keinginan penggunanya.

Tidak ada area pemindai sidi jari pada Galaxy A02s karena memang tidak dilengkapi fitur keamanan sidik jari. Namun sebagai gantinya, Samsung menggunakan keamanan Face Unlock yang memanfaatkan kamera depan. Samsung juga tidak membekali dengan case tambahan dalam kemasannya. Hal ini membuat pengguna yang ingin mengamankan bodi smartphone dari benturan, harus membelinya sendiri. Namun, ada banyak toko yang menjual case tambahan ini dengan berbagai model menarik.

Fitur dan performa

Saat digunakan untuk aktivitas sehari-hari, Samsung Galaxy A02s ini cukup nyaman. Bodinya yang tidak berat dengan ukuran layar yang pas di genggaman membuat navigasi smartphone menjadi lebih mudah. Penggunaan OneUI 2,5 yang berbasis Android 10 juga membuat jalannya berbagai aplikasi bawaan cukup lancar. Tampaknya penggunaan memori sebesar 4GB RAM cukup membantu kelancaran navigasi smartphone.

Untuk kinerjanya juga lancar. Menjalankan aplikasi rutin seperti Google Maps, mengecek email di Gmail. Atau membuka salah satu aplikasi media sosial seperti Instagram juga lancar tanpa halangan. Penggunaan prosesor Snapdragon 450 cukup membantu dalam hal ini.

Hal yang sama juga berlaku untuk game-game ringan. Game-game ringan pembunuh waktu bisa dijalankan dengan lancar. Untuk game-game agak berat, sebaiknya tidak dimainkan di smartphone ini. Peruntukan smartphone ini memang lebih ke aktivitas sehari-hari dan sedikit ke pembuatan berbagai konten.

Oiya, untuk melakukan online meeting atau pembelajaran jarak jauh bagi para pelajar juga dapat dilakukan dengan lancar. Anda yang masih berstatus pelajar bisa dengan lancar menggunakan Galaxy A02s untuk mendengarkan edukasi dari guru-guru yang ada, sekaligus mengerjakan soal-soal yang disediakan melalui Google Class Room.

Di sisi kamera, penggunaan kamera belakang, walau sudah dibekali dengan tiga kamera, Anda tetap harus fokus terhadap subjek yang ingin dijepret. Responnya memang tidak secepat smartphone kelas menengah. Goyang sedikit, hasil yang Anda dapatkan akan blur atau tidak fokus. Untuk membantu masalah ini, disarankan menggunakan tripod atau tripod mini agar penangkapan gambar atau video menjadi lebih stabil. Apalagi saat menggunakan kamera makro untuk menangkap subjek dengan jarak lebih dekat. Namun hasilnya cukup baik untuk kelas smartphone di bawah Rp 2 juta. Kemampuan kamera ini masih bisa diandalkan untuk membuat konten-konten di media sosial. Membuat instagram story atau video pendek TikTok menjadi lebih mudah.

Satu hal menarik adalah, walaupun ada di kelas low end, Samsung tetap membawa fitur Samsung Pay ke dalamnya. Ini membuat smartphone cukup fleksibel untuk digunakan sehari-hari karena bisa terintegrasi dengan ewallet yang sudah bekerjasama dengan SamsungPay. Jadi, keseharian pengguna bisa lebih mudah dan nyaman, terutama saat melakukan transaksi pembayaran dari barang-barang yang Anda beli.

Kami juga elakukan uji benchmark dengan aplikasi-aplikasi benchmark yang biasa digunakan pada pengujian smartphone.

Untuk foto-foto, berikut ini hasil yang kami dapat dari beberapa jepretan

Spesifikasi

Samsung Galaxy A02s selain memiliki prosesor Qualcomm Snapdragon 450 dan RAM 4GB, dibekali juga dengan storage internal sebesar 64 GB. Ada juga varian storage 3/32 GB. Smartphone ini juga unggul di sisi kamera untuk segmen smartphone yang sama. Kejernihan layar juga menjadi salah satu daya tarik dari smartphone Samsung Galaxy, termasuk A02s ini.

Berikut ini spesifikasi lengkap Samsung Galaxy A02s

Kesimpulan

Untuk Anda yang membutuhkan smartphone dengan harga terjangkau tetapi tidak terhalang dengan batasan memori dan storage, Samsung Galaxy A02s tampaknya bisa menjadi pilihan yang pas. Teknologi kamera dari Samsung cukup membuat konten foto dan video menjadi lebih baik. Tiga kamera yang ada di bagian belakang bisa mendukung pengguna dalam pembuatan konten menarik, baik untuk media sosial maupun kanal Youtube Anda.

Memori yang lega juga bisa memberikan keleluasaan dalam penggunaan aplikasi. Penggunaan banyak apliksi menjadi lebih lancar tanpa lag. Anda pun bisa meng-install lebih banyak aplikasi yang bermanfaat. Fitur-fitur yang dihadirkan ini bisa menemani Anda dengan lebih baik, terutama saat masih berada dirumah aja.

Bagi para pelajar, ini juga bisa menjadi perangkat komunikasi yang ideal. Anda tidak perlu smartphone berharga mahal hanya untuk melakukan sistem pembelajaran jarak jauh. Melalui Google Meet, Zoom, ataupun aplikasi video conference lainnya, semuanya bisa berjalan lancar. Proses belajar mengajar pun menjadi lebih lancar, dan bisa berkomunikasi dua arah tanpa hambatan.

 

Tags: , , ,


COMMENTS