November 24, 2021

Review realme narzo 50i, Pendamping Produktivitas dan Gaming Paling Terjangkau

Penulis: Desmal Andi
Review realme narzo 50i, Pendamping Produktivitas dan Gaming Paling Terjangkau  

Mobitekno – Bersamaan dengan dilincurkan Most Disrupting 5G Flagship Killer, realme GT Neo2, realme Indonesia juga menghadirkan dua seri realme narzo, yaitu narzo 50A dan narzo 50i. Kedua smartphone narzo ini ditujukan untuk pengguna yang menginginkan produk dengan performa kuat tetapi dengan harga yang kompetitif. Oleh sebab itu, realme menargetkan kalangan lebih muda untuk narzo series ini. Bahkan, pengguna yang mencintai mobile games juga menjadi target penjualan narzo series ini karena memiliki baterai yang besar.

Setelah meluncurkan 4 produk secara bersamaan, Mobitekno pun diberi kesempatan untuk menguji salah satu varian realme narzo, yaitu narzo 50i. Produk ini dijual sangat terjangkau, yaitu Rp 1.499.000, berbeda sedikit dengan narzo 50A yang dibanderol Rp 1.989.000. Namun, bukan berarti harga terjangkau tetapi memiliki kualitas bawah. realme naro 50i tetap dibekali dengan spesifikasi gaming yang baik sehingga bisa menjadi andalan buat para penggemar mobile gaming. Ini sesuai dengan slogannya, yaitu “Mighty Performance Inside”.

Setelah melakukan pengujian kurang lebih dua minggu, kami cukup puas dengan performanya. Digunakan untuk aktivitas sehari-hari, realme narzo 50i ini bisa menemani penggunanya seharian penuh. Penggunaannya dayanya cukup hemat. Tidak heran realme mengatakan bahwa realme narzo 50i menjadi narzo paling terjangkau saat ini dengan spesifikasi yang terbaik di kelasnya.

realme narzo 50i

Kelengkapan

Datang dengan kemasan berwarna biru muda, realme membuat isi paketnya begitu ringkas di dalamnya. Kemasannya tidak terlalu besar. Padahal smartphonenya sendiri memiliki ukuran layar 6,5 inci. Setelah dibuka segel plastik dan melihat isi di dalamnya, maka terlihat jelas apa saja yang dibawa dalam paket penjualannya ini:

  1. Satu unit realme narzo 50i dengan warna Mint Green
  2. SIM Card Ejector
  3. Kabel data atau charger berwarna putih yang masih menggunakan tipe Micro USB
  4. Adapter pengisi daya berkemampuan 10W
  5. Buku panduan singkat.

kelengkapan narzo 50i

Desain

Saat baru diangkat dari kemasannya dan membuka segel plastiknya, warna Mint Green ini langsung memikat mata. Opsi warna ini menambah penampilan realme narzo 50i secara keseluruhan. Sayang, realme tidak membekelai dengan soft case tambahan. Jadi, jika Anda ingin melindungi bodi smartphone berwarna menarik ini, silakan cari case-nya di toko-toko aksesoris smartphone.

Bodi belakangnya yang berwarna Mint Green ini juga memiliki tekstur permukaan yang enak untuk dipegang. Teksturnya agak sedikit kasar sehingga tidak membuat licin saat dipegang. Menurut Mobitekno, tekstur seperti ini membuat warna Mint Green menjadi lebih jelas terlihat karena tidak ada pantulan cahaya yang sering membuat warna asli sebuah bodi smartphone menjadi tidak begitu jelas terlihat dari jarak jauh.

Di bagian belakang ini juga tersemat kamera utama berkemampuan 8MP dengan lampu flash di bawahnya. Desain kamera utama dibuat dalam satu area berbentuk kotak dengan logo narzo yang tampil cukup jelas. Kamera utama ini dapat melakukan 4 kali Zoom digital dan memiliki bukaan f/2.0. Selain kamera, tidak ada hal lain di bodi belakang, kecuali lubang speaker yang didesain dengan dua lubang berbentuk sedikit memanjang.

Kamera belakang

Jika dilihat dari atas, bentuk narzo 50i yang memiliki layar 6,5 inci ini memiliki bagian sudut yang dibuat melengkung. Sehingga cukup mantap saat digenggam oleh satu tangan. Dimensi secara keseluruhannya adaalah 165,2 x 76,4 x 8,9 mm. Bobotnya 195gram. Layarnya memiliki screen to body ratio sebesar 88,7%. Cukup lega dengan tampilan list hitam di pinggiran layar. Layarnya ini mendukung resolusi 1600 x 720 piksel dengan tingkat kecerahan hingga 400 nits. Menariknya, layarnya ini sudah langsung dibekali pelindung screen protector oleh realme. Jadi bisa terhindar dari goresan saat digunakan untuk beraktivitas. Di bagian atas layar ini terdapat kamere selfie berkemampuan 5MP yang didukung AI. Jadi, Anda bisa menggunakan kamera ini untuk kebutuhan portrait selfie atau keamanan Face recognition.

Beralih ke bagian tepinya. Seeperti kebanyakan desain smartphone lainnya, tombol volume dan power berada di sisi kanan. Sementara slot SIM Card ada di sisi kiri. Cukup menarik yang disediakan realme dalam slot SIM Card ini. Hal ini karena realme mengadopsi 3 slot di dalamnya. Dimana pembagiannya adalah dua slot untuk SIM Card dan 1 slot untuk MicroSD. Jadi, karena bukan berjenis hybrid, Anda bisa memasukkan semua slot tersebut dan semuanya aktif bersamaan.

Posisi tombol volume dan power

Di bagian bawah, terdapat port pengisian daya berjenis Micro USB. Port ini ditemani lubang mikrofon dan port audio 3,5mm. Jadi Anda bisa menggunakan earphone atau headphone tambahan yang menggunakan kabel audio. realme sendiri tidak membekali narzo 50i ini dengan erphone bawaan pada kemasan penjualannya.

masih menggunakan port micro USB

Fitur dan performa

Untuk menghemat penggunaaan daya serta memaksimalkan performa smartphone, realme narzo 50i menggunakan realme UI Go Edition berbasis Android 11. Sistem operasi ini memang didesain untuk mendukung smartphone entry level agar performanya bisa ditingkatkan. Ini adalah sistem operasi dengan penggunaan resource yang sangat ringan. Karena dibuat untuk smartphone dengan spesifikasi memori dan prosesor tidak terlalu tinggi, performa secara keseluruhan justru bisa menjadi lebih baik dan kencang, berkat realme UI Go Edition ini.

realme UI Go Edition

Untuk mendukung performanya, realme membenamkan chipset Unisoc SC9863A Octa-Core CPU, up to 1.6GHz. Dilengkapi dengan GPU IMG 8322, serta dipadukan dengan realme UI Go Edition, mebuat performanya tidak loyo. Navigasi aplikasi-aplikasi di dalamnya cukup lancar. Memorinya sendiri berkapasitas 4GB RAM LPDDR4X dan storage internal berkapasitas 64GB. Storage ini masih bisa diperluas berkat adanya slot MicroSD. Tidak hanya navigasi, penggunaan aplikasi-aplikasi di dalamnya juga tidak mengalami masalah lag. Jadi, bermedia sosial dengan smartphone ini juga terbilang nyaman.

Untuk fitur kameranya, tampil standar. Namun, fiturnya ini sudah mewakili kebutuhan pengguna harian, yang tidak terlalu mementingkan segmen fotografi. Jadi, untuk kebutuhan video conference, foto selfie, foto untuk kebutuhan media sosial, fiturnya sudah terbilang lengkap. Kameranya juga bisa melakukan foto zoom hingga 4X dan memilikimode panorama serta timelapse. Kamera ini juga dapat merekam video dengan resolusi 1080p pada 30fps.  Bahkan, untuk selfie, Anda sudah disediakan fitur portrait, AI Beauty untuk menyepurnakan tampilan wajah, hingga banyak filter untuk membuat foto lebih menarik.

Performa untuk bermain game juga cukup oke. Kami sempat menjalankan game seperti Asphalt 8 dan Mobile Legend Bang-Bang Edition. Semuanya berjalan dengan lancar. Jadi, realme narzo 50i ini cukup mumpuni untuk digunakan bermain game. Apalagi ditunjang dengan baterai besar sehingga permainan bisa dilakukan dengan durasi yang lebih lama.

Asphalt 8 di realme narzo 50i

Beralih ke kemampuan baterai yang besar. Realme menggunakan baterai berkapasitas mendekati 5000mAh, atau tepatnya 4880mAh. Baterai ini cukup mumpuni untuk menenamni aktivitas rutin penggunanya. Saat kami gunakan hanya untuk kebutuhan kerja, seperti mengecek email, bermedia sosial, hingga melakukan foto-foto sederhana, dan bermain game sesaat, dapat melampaui lebih dari 2 hari kerja.

Sebagai smaartphone dengan kapasitas baterai yang besar,  narzo 50i memiliki fitur Reverse Charging. Jadi, produk ini bisa membantu perangkat lainnya saat kehabisan baterai. Fitur ultra saving mode juga dapat memperpanjang umur baterai dan App Standby Optimizer bisa mengoptimalkan konsumsi baterai saat smartphone idle

Berikut ini hasil pengujian dengan tiga aplikasi benchmark.

Dan ini adalah hasil foto-foto dengan realme narzo 50i

Spesifikasi

Prosesor Unisoc SC9863A Octa-Core CPU, up to 1.6GHz
Memori 4GB RAM dan 64GB Internal Storage
GPU IMG 8322
Layar 6,5 inci touch screen, 1600 x 720 piksel, 400 nits, screen to boduy ratio 88,7
Kamera belakang 8MP f/2.0, lensa 4P, zoom digital 4X, video 1080 30fps
Kamera depan 5MP f/2.2
Fitur Bluetooth 4.2, Wi-Fi 802.11 b/g/n, Light sensor, gyrometer, proximity sensor, Acceleration sensor, dan Magnetic Induction sensor, GPS
Jaringan 2G, 3G, 4G
Baterai 4880mAh
Opsi warna Mint Green dan Carbon Black
Harga Rp 1.499.000

Kesimpulan

Smartphone realme narzo 50i merupakan smartphone yang cocok untuk penggunaan sehari-hari, terutama untuk berproduktivitas. Baterainya yang berkapasitas besar, mampu mempermudah penggunanya dalam aktivitas harian. Tidak diperlukan bolak-balik melakukan pengisian daya. Namun diluar produktivitas, smartphone ini cukup andal digunakan bermain game. game-game yang bersifat mobile pun bisa dijalankan dengan cukup lancar dengan narzo 50i.

Memorinya memang Cuma disediakan 4GB dan storagenya hanya 64GB. Namun, penggunaan realme UI Go Edition mampu mengurangi beban kerja smartphone. Menjalankan aplikasi-aplikasi yang ada di dalamnya pun menjadi lebih nyaman. OS ini memang didesain untuk bekerja pada smartphone-smartphone entry level agar tidak lelet.

realme narzo 50i Mint Green

Dengan harga yang di bawah Rp 2 juta, tampaknya realme narzo 50i bisa menjadi pendamping yang baik. Saat ingin melakukan produktivitas harian, narzo 50i bisa menemani dengan durasi yang panjang. Pun begitu saat melakukan me time dengan menonton video atay bermain game. Menonton serial favorit yang jumlahnya ada beberapa episode pun bisa dilahap secara marathon. Hal yang sama juga berlaku saat bermain game. Jadi, Anda bisa melakukan push rank setiap hari untuk meningkatkan skill. Sehingga bisa berkompetisi dengan lebih baik saat melakukan permainan secara online dengan pemain lain.

 

Tags: , , , , ,


COMMENTS