February 23, 2021

3Dxperience World 2021 Tampilkan Keunggulan Solusi Desain 3D untuk Berbagai Industri

Penulis: Desmal Andi
3Dxperience World 2021 Tampilkan Keunggulan Solusi Desain 3D untuk Berbagai Industri  

Mobitekno – Dassault Systemes baru saja menyelenggarakan 3Dxperience World 2021 guna memperkenalkan solusi-solusi 3D terkini. Acara yang diselenggarakan pada tanggal 8-12 Februari 2021 ini dihadirkan secara virtual mengingat masa pandemi Covid-19 yang belum juga berakhir. Namun, para tim dan kreator 3D dari SolidWorks Dassault Systemes telah merancang acara ini dengan baik, sehingga walaupun hadir secara virtual, tetapi bisa dinikmati seolah-olah dalam keadaan sebenarnya.

“Senang kembali dalam event ini. Walaupun digelar secara virtual, namun kami tetap membuatnya terasa sangat nyata. Tahun lalu, SolidWorks telah mencapai capaian tertinggi dalam solusi 3Dxperience dengan membuat solusi dan informasi yang kami miliki hadir dalam satu platform single cloud. Hal ini dilakukan karena kami menyadari betapa pentingnya untuk bekerja dari manapun mereka berada,” ujar Gian paolo Bassi, CEO SolidWorks, Dasssaul Systemes pada sesi diskusi umum di hari pertama penyelenggaraan 3Dxperience World 2021.

“Solusi satu platform ini tentunya memudahkan bisnis tetap berjalan dan terhubung dengan karyawan dan pelanggan, dengan situasi apapun,” lanjut Bassi.

Dalam sesi untuk umum ini, SolidWorks dari Dassault Systemes memamerkan perkembangan teknologi dan solusi miliknya, terutama agar bisa berperan dalam membantu penanganan pandemi Covid-19 ini. Dengan pengalaman yang dimilikinya, serta didukung solusi yang ada, SolidWoks berusaha untuk membantu para enterpreuner dan para pelaku bisnis untuk terus menemukan inovasi. Teknologi dari SolidWorks ini bisa membantu mereka dalam hal tersebut, karena dibangun dengan platform sederhana, memiliki solusi all-in-one, dan tentunya dibangun dengan pengalaman yang sudah dimiliki SolidWorks selama ini.

“Selama 30 tahun, saya telah mengunjungi berbagai tempat ekstrim di dunia dan mengamati semua tentang sistem cuaca yang ada di bumi. Dan, 40 tahun sudah Dassault Systemes mencoba untuk menghadirkan dunia virtual yang nyata untuk menggambarkan keadaan dunia yang sesungguhnya. Bersama Komunitas SolidWorks di dunia, kami selalu berinovasi dan mengeksplorasi berbagai hal dalam dunia desain,” kata Bernard Charles, Vice-Charmain of The Board & CEO Dassault Systemes.

Dalam kesempatan tersebut, Bernard menceritakan bahwa setahun lalu, Dassault Systemes berinvestasi lebih dari US 6 juta untuk hal dunia kesehatan, terutama masalah uji klinis. Dengan Medi-Data, Dassault Systemes digunakan lebih dari 60% perushaan farmasi untuk menemukan berbagai solusi saat pandemi ini.

Hasil positif pun didapat karena dalam hitungan minggu, Dassault Systemes bisa menghubungkan FabLab dan para maker untuk menemukan respirator baru, simulated airflow di rumah sakit, membangun rumah sakit, hingga memprediksi penyebaran virus. Solusi melalui aplikasi pun juga dilakukan dalam kolaborasi ini.

Dassault Systemes juga menjelaskan bahwa solusi yang dimilikinya dapat memudahkan berbagai hal dalam hal desain di berbagai industri. Aviation misalnya. Dunia penerbangan yang sudah identik dengan Dassault Systemes ini sangat terbantu. Solusi 3Dxperience miliknya dapat menciptakan mock up pesawat Boeing 777 secara nyata. Hal ini karena solusi SolidWorks dapat memindahkan gambar biasa ke desain 3D di desktop dengan lebih detail sehingga tampil lebih inkulsif dan bisa dimanfaatkan oleh banyak inovator di dunia.

Solusi ini pun kini sudah hadir di berbagai segmen industri, mulai dari infrastuktur, otomotif, energi, perkotaan, hingga kesehatan untuk tubuh manusia.

Paul bassi

Solusi 3Dxperience Membantu Banyak Hal

Solusi desain 3D dari SoildWorks ini memang memudahkan dalam berbagai urusan bisnis. Hal ini diungkapkan IKEA dalam kesempatan yang diberikan di hari pertama tersebut. Menurut perwakilan IKEA, solusi dari SolidWorks dapat membantu bisnis IKEA, terutama menjelaskan berbagai hal mengenai produk IKEA terhadap pelanggan setianya.

“IKEA communication bertanggung-jawab memproduksi konten komunikasi global IKEA, seperti foto-foto dan panduan perakitan. Kami juga mebuat berbagai brosur dan petunjuk pembelian barang. Kami dapat memprduksi lebih dari 30 ribu foto produk dan lebih dari 70 film per tahunnya,” ujar Taco Van der Maden, Development & Operations IT Manager, IKEA Communications AB.

“Dengan solusi dari SolidWorks kami bisa mempriduksi begitu banyak foto menggunakan 3D dan mengotomasi alur kerja yang memproduksi sekitar tiga ribu model 3D setiap tahunnya. Kami pun bisa menyediakannya untuk kebutuhan khusus, seperti dengan aplikasi IKEA AR,” lanjut Van der Maden.

Dassault IKEA
Solusi 3D yang memudahkan bisnis IKEA

Melalui solusi 3D dari SolidWorks dari Dassault Systemes, IKEA memang bisa menyiapkan berbagai kebutuhan dan pendukung untuk produk-produknya. Petunjuk untuk merakit, kemasan, dan solusi perakitan bisa lebih mudah untuk dirancang. Bahkan, IKEA bisa membuat kisah tersendiri untuk setuap produk yang mereka jual.

Dalam sesi hari pertama tersebut, pengalaman menarik lainnya juga banyak diceritakan oleh narasumber lainnya, seperti dari OffWorld AI yanng bergerak dalam dunia robotika dan Disney dalam solusi menonton untuk era sekarang ini. Solusi 3D dari SolidWorks ini bisa membantu banyak hal. Bahkan bisa mendorong orang selalu berpikir lebih inovatif. Asalkan mereka tidak menutup diri untuk selalu berpikir untuk menciptakan ide-ide menarik.

Tags: , , , ,


COMMENTS