April 21, 2021

Siklus Hadirkan Solusi Isi Ulang Kebutuhan Konsumen di Berbagai Industri Indonesia

Penulis: Desmal Andi
Siklus Hadirkan Solusi Isi Ulang Kebutuhan Konsumen di Berbagai Industri Indonesia  

Mobitekno – Startup Skilus Refill yang berfokus di masalah teknologi isi ulang untuk menyelesaikan masalah ekonomi dan lingkungan, baru saja mengumumkan solusi Siklus Refill untuk kebutuhan industri. Kehadiran teknologi Siklus Refill ini setelah melihat antusias yang sangat baik dari masyarakat. Tim Siklus memutuskan untuk menyediakan solusi isi ulang kepada industri atau usaha di Indonesia. Tujuannya tentu saja memperluas dampak positif dari yang dihasilkan oleh bisnis Siklus ini.

“Peluncuran dari Siklus Refill, Solusi Isi Ulang untuk Industri diharapkan dapat memperluas target konsumen dan menjadi langkah signifikan untuk mengurangi bahkan menghilangkan penggunaan kemasan plastik sekali pakai, seperti sachet dan kantong plastik,” ujar Jane von Rabenau, CEO & Founder dari Siklus. “Siklus adalah langkah yang ideal untuk membeli produk konsumen bagi industri – menyediakan kenyamanan, menghemat biaya, dan memberikan kesempatan untuk turut andil dalam mengurangi sampah plastik.”

Salah satu industri yang telah bergabung dengan Siklus Refill adalah PT Nusantara Timur Propertindo (NTP Investment), sebuah agensi properti dan investasi ternama di Indonesia. Erwin Soeyanto, Presiden Direktur dari NTP Investment, menjelaskan mengapa perusahaannya memutuskan untuk menggunakan Siklus Refill.

“Solusi teknologi isi ulang yang ditawarkan Siklus adalah sebuah solusi ramah lingkungan untuk membeli produk konsumen, dan hal tersebut searah dengan fokus hidup keberlanjutan (sustainability) yang dimiliki oleh NTP Investment,” tutur Erwin. “Selain itu, dengan menggunakan Siklus, perusahaan kami dapat lebih menghemat biaya dan lebih mudah juga, jadi tidak ada alasan bagi kami untuk tidak menggunakan Siklus.”

Solusi ini mempermudah industri untuk membeli produk-produk FMCG, yang biasa digunakan di kantor-kantor. Produk-produk seperti sabun, hand sanitizer, kopi, makanan instan, hingga minuman bisa dipesan dan dikirimkan dengan mudah oleh Siklus. Driver Siklus akan mengantarkannya ke lokasi sesuai pesanan. Saat ini Siklus juga melakukan penambahan sepeda motor pengantaran untuk menampung lebih banyak kapasitas. Dengan begitu, Siklus dapat lebih banyak memenuhi permintaan dari bisnis.

Aplikasi Siklus
Dengan aplikasi Siklus, proses pemesanan dan pengantaran menjadi lebih mudah dan cepat

Solusi yang Cocok Tidak Hanya untuk Industri Besar, Tetapi Juga UMKM

Meskipun Siklus tampak lebih ideal untuk menjadi pilihan alternatif bagi usaha kecil dan menengah yang biasanya membeli produk di toko ritel, tetapi perusahaan besar juga sudah mulai menggunakan Siklus.

Bagi PT Mecosin, salah satu perusahaan besar di Indonesia yang biasanya membeli produk grosiran, masih ada kebutuhan reguler yang perlu dibeli untuk aktivitas atau acara tertentu pada beberapa lokasi yang memiliki stok rendah.

Budi Hermawan, Direktur PT Mecoaon menjelaskan: “Siklus menyediakan langkah yang cepat dan mudah untuk mendapatkan produk konsumen yang dibutuhkan di kantor. Hal tersebut memudahkan staf administrasi kami karena mereka hanya perlu memesan melalui aplikasi SIklus dan produk langsung diantarkan ke tempat kami – menghemat waktu dan tenaga yang harus kami keluarkan apabila kami membelinya di toko ritel.”

Berdiri pada April 2020, Siklus Refill telah menarik perhatian dan dukungan masyarakat Indonesia dalam kurun satu tahun, meluncurkan paten teknologi dispensing dan aplikasi pada handphone, bekerja sama dengan perusahaan FMCG ternama seperti Wings dan Total Chemindo, serta kerja sama yang akan datang dengan P&G, Nestle, dan Reckitt Benckiser.

Siklus mengubah masa depan ritel dengan menjual kebutuhan sehari-hari tanpa kemasan dengan biaya yang lebih rendah. Alat dispenser kami ada di toko lokal, sedangkan sepeda motor antar kami akan mengantarkan produk isi ulang ke pintu rumah konsumen. Konsumen hanya perlu menyediakan kontainer pribadi untuk mengisi produk isi ulang yang dipesan, seperti sabun, sampo, deterjen, dan kopi dengan biaya yang murah. Teknologi isi ulang Siklus mengalirkan produk keluar dengan aman dan tepat untuk mengoptimalkan rantai pasok dan menciptakan interaksi konsumen dengan brand.

Tags: ,


COMMENTS