January 21, 2021

Lengkapi Lensa Full Frame G Master, Sony Rilis Lensa FE 35mm F 1.4 GM

Penulis: Karyo | Editor: Desmal Andi
Lengkapi Lensa Full Frame G Master, Sony Rilis Lensa FE 35mm F 1.4 GM  

Mobitekno – Melengkapi seri lensa Full Frame G Master, Sony Indonesia kini meluncurkan lensa FE 35mm F1.4 GM, model SEL35F14GM. Hadir dengan desain yang ringan dan ringkas, lensa FE 35mm F1.4 GM (SEL35F14GM) menghadirkan resolusi yang luar biasa, fitur bokeh yang indah dan kemampuan pemfokusan yang canggih untuk berbagai aktivitas fotografi maupun videografi.

FE 35mm F1.4 GM ini merupakan lensa yang harus dimiliki oleh para pengguna E-mount Sony, khususnya pengguna kamera mirrorless full-frame dan jajaran Cinema Line, karena jika digabungkan dengan bodi kamera Sony, lensa ini dapat menghasilkan kemampuan pemfokusan terdepan yang sangat cocok untuk berbagai penggunaan, seperti pemotretan lanskap, portrait dan street photography, baik still maupun video.

Kazuteru Makiyama, President Director PT Sony Indonesia menyampaikan, “Sony memiliki misi untuk menghiasi dunia dengan kekuatan kreativitas dan teknologi, sehingga kami merancang lensa FE 35mm F1.4 GM agar dapat menangkap momen yang perlu disimpan selamanya dengan sempurna.”

“Dengan resolusi istimewa dan teknologi fokus pintar, dibungkus oleh desain yang kecil dan ringan, FE 35mm F1.4 GM merupakan lensa esensial yang tidak akan mengurangi kualitas gambar,” Kazuteru Makiyama.

Beberapa  keunggulan lensa FE 35mm F1.4 GM  diantarnya :

1. Resolusi superlatif

Dengan optik dan teknologi manufaktur yang dimiliki oleh Sony  Lensa ini menghadirkan resolusi luar biasa, denga diafragma F 1.4 lensa ini akan memiliki  efek  bokeh yang  mantul ( mantap betul ) , menghasilkan bukaan (aperture) yang nyaris melingkar berkat adanya konstruksi 11-blade – level kualitas yang langka untuk lensa mobile. Kontrol aberasi melingkar yang dibuat secara teliti pada tahap desain dan produksi berkontribusi pada bokeh G Master yang indah, membuat subyek jadi benar-benar menonjol.

Sehingga selain objek foto yang lebih bagus, lingkungan sekirar juga akan terekam dengan baik. Hal itu akan sangat mendukung konsep fotografi yang diaharapkan. Hal itu diungkapkan oleh Fajar Kriistiono seorang Professional Photografer dan Upi Guava seoarang  Sony Professional Videographer.

Menurut Fajar, Lensa 35mm adalah lensa yang paling penting dan banyak digunakan dalam pemotretan, terlebih dengan dukungan teknologi yang mumpuni.

Hal senada diungkapkan juga oleh Upi. Menurutnya, proses pengambilan video akan lebih mudah dengan menggunakan lensa 35mm.

Lensa ringkas 35mm tersebut tidak hanya praktis dan mudah dikendalikan, tetapi juga dapat memberikan performa yang mengagumkan di pencahayaan yang sulit. Elemen kaca ED dan penyempurnaan optik lainnya dapat meredam aberasi kromatik dan purple fringing untuk hasil yang menakjubkan. Lensa ini juga memiliki dua elemen XA inovatif yang memungkinkan pengguna untuk mengambil gambar close-up dengan latar belakang bokeh yang halus dan creamy.

kiri-kanan: Koji Sekiguchi, Kazuteru Makiyama, Willy Yansen Phoenix

Kombinasi antara bukaan maksimum F1.4 dan fleksibilitas untuk memilih jarak pemotretan yang sempurna (jarak pemfokusan minimum 27 cm dengan pembesaran maksimum 0.23x pada mode autofokus), memungkinkan kontrol luar biasa dan bokeh yang indah saat pemotretan still dan perekaman video.

2. Fokus yang canggih untuk meningkatkan kualitas gambar

Dua Motor Linear XD (extreme dynamic) Sony memberikan efisiensi thrust tinggi yang dibutuhkan untuk ketepatan AF (autofokus) dan pelacakan – memberikan hasil resolusi luar biasa pada jarak berapa pun. Algoritma kontrol canggih yang dikembangkan khusus untuk Motor Linear XD dapat meningkatkan respon kontrol dan presisi, sekaligus meminimalisir getaran serta noise untuk performa AF yang cepat, halus dan sunyi. Pemfokusan terdepan juga dapat tercapai saat pemotretan pada frame rate yang tinggi.

Selain itu, MF Respons Linear sangat ideal untuk efek pemfokusan kreatif pada saat merekam video, karena teknologi ini dapat memastikan ring fokus untuk merespon kontrol halus saat pemfokusan manual. Rotasi ring fokus dapat langsung diterjemahkan ke perubahan fokus yang sesuai, sehingga pengguna dapat merasakan kontrol yang cepat dan tepat.

Tampilan Lensa FE 35mm F1.4 GM dengan Sony Alpha 7R IV

3. Kontrol dan keandalan profesional

Lensa FE 35mm F1.4 GM uang dibanderol dengan harga Rp22.999.000  menawarkan kontrol profesional penuh dengan focus hold button, serta tombol mode fokus untuk mendukung pengoperasian yang halus dan efisien.

Ring bukaan dengan tombol click stops dapat dimatikan untuk perekaman film dan saat digunakan pada kamera APS-C atau dengan sudut pandang Super 35, serta dapat digunakan sebagai lensa standar yang setara dengan 52.5mm, membuat FE 35mm F1.4 GM sebagai pilihan yang tepat untuk pembuatan video.

Focus hold button pada lensa ini dapat digunakan di sejumlah fungsi lain melalui menu bodi kamera, memberikan akses langsung ke fungsi yang penting bagi para fotografer dan videografer. Lensa ini dirancang untuk menjadi lensa yang andal, dengan desain tahan debu dan kelembapan, serta lapisan elemen depan fluor yang dapat menahan air, minyak dan kontaminan lainnya.

Tags: , ,


COMMENTS