August 19, 2021

Di Event 2021 Oppo Future Imaging Technology, Oppo Pamerkan Teknologi Baru Pencitraan Inovatif

Penulis: Desmal Andi
Di Event 2021 Oppo Future Imaging Technology, Oppo Pamerkan Teknologi Baru Pencitraan Inovatif  

Mobitekno – Event yang dilaksanakan secara online pada hari ini di Shenzhen, China, menjadi ajang Oppo untuk meluncurkan berbagai teknologi pencitraan miliknya. Serangkaian terobosan Oppo di teknologi pencitraan smartphone pun dipamerkan di sini, mulai dari peningkatan sensor, modul, hingga algoritma.

Beberapa teknologi pencitraan yang diperkenalkan adalah sensor RGBW generasi berikutnya,  zoom optik berkelanjutan 85-200mm, teknologi OIS lima sumbu, hingga kamera bawah layar generasi terbaru.

OPPO Imaging Director Simon Liu 2
Oppo Imaging Director Simon Liu

Sensor baru RGBW

Sensor baru RGBW yang dikembangkan Oppo secara signifikan dapat meningkatkan sensitivitas cahaya dengan memperkenalkan sub-piksel putih tambahan (W), teknologi DTI (Deep Trench Isolation) yang inovatif, dan algoritma 4-in-1 piksel yang dikembangkan mandiri oleh Oppo. Sebagai hasil dari inovasi ini, sensor baru memungkinkan 60% lebih banyak cahaya untuk ditangkap dibandingkan sensor sebelumnya sekaligus melakukan pengurangan noise pada gambar hingga 35% untuk menghasilkan gambar yang jauh lebih jelas dan lebih cerah dalam kondisi rendah cahaya.

Sensor RGBW generasi terbaru ini dibuat dengan menggunakan teknologi dan pemrosesan canggih, meningkatkan tingkat daya komputasi yang diperlukan untuk menjalankan algoritma yang cukup kompleks dan memaksimalkan jumlah data yang diekstraksi melalui sensor white pixel. Algoritma piksel 4-in-1 Oppo akan membantu secara substansial meningkatkan kinerja sensor warna, mencegah masalah ketidakakuratan warna dan pola moiré. Selain itu, teknologi isolasi piksel DTI terdepan di industri secara efektif mencegah sub-pixel crosstalk dan meningkatkan kualitas gambar.

OPPO RGBW Sensor 2021
Oppo RGBW Sensor 2021

Tidak sekadar meningkatkan pengambilan foto pada situasi rendah cahaya, sensor RGBW generasi terbaru juga mampu membuat portrait lebih ekspresif baik untuk foto maupun video dengan penyempurnaan pada kulit, tekstur, dan kontras. Sensor terbaru ini akan dirilis secara komersial pada produk Oppo mulai Q4 2021.

Zoom Optik Berkelanjutan 85-200mm

Zoom optik berkelanjutan ini dikembangkan Oppo agar bisa meningkatkan performa smartphone Oppo berikutnya. Modul ini berbeda dengan modul dasar kamera yang saat ini banyak digunakan. Beberapa kelebihan dari Zoom Optik ini adalah:

  • Mengadopsi teknologi lensa G+P (kaca + plastik) untuk pertama kalinya, memperkenalkan dua lensa ultra-tipis dengan presisi tinggi aspheric glass lenses yang akan meningkatkan efek optik secara signifikan, seperti meminimalkan penyimpangan cahaya.
  • Aplikasi inovatif dari tunnel magnetoresistance sensor (TMR sensor) memungkinkan lensa di dalam modul kamera bergerak dengan lebih stabil dan presisi.
  • Motor poros pemandu baru dibuat dengan meningkatkan kemiringan dinamis di mana sistem lensa dapat dipindahkan, dengan mudah mendukung zoom optik berkelanjutan pada perbesaran yang lebih tinggi.

Inovasi ini mendukung continuous optical zoom pada rentang fokus 85mm hingga 200mm, menangkap gambar yang tajam di setiap tingkatan pembesaran tanpa memerlukan pemotongan secara digital. Pengguna dapat menikmati transisi halus di seluruh rentang zoom dengan kualitas gambar yang sebanding dengan kamera profesional.

Teknologi OIS Lima Sumbu

Oppo juga mengembangkan teknologi OIS lima sumbu. Teknologi ini memungkinkan prosesor untuk menerima data pergerakan dari giroskop, menganalisisnya, dan memecahnya ke masing-masing komponen. Pemecahan ini tentunya melalui algoritma khusus. Data kemudian diteruskan ke dua komponen yang dapat dipindahkan, yaitu lensa dan sensor. Masing-masing digerakkan oleh ball-bearing motors dan shape memory alloys.

Saat pergerakannya relatif kecil, gambar akan distabilkan melalui pergeseran lensa OIS  mencakup pergeseran horizontal (X) dan vertikal (Y). Namun, ketika amplitudo gerakan relatif besar, pergeseran sensor OIS akan digunakan, yang meliputi pergeseran horizontal (x), pergeseran vertikal (y), dan rolling. Bersama dengan kompensasi algoritma, untuk mencapai stabilisasi dalam lima sumbu gerakan.

OPPO Five axis OIS 2021
OIS lima sumbu

Teknologi ini memungkinkan sudut stabilisasi maksimum ±3°, tiga kali lebih besar dari teknologi OIS tradisional pada perangkat smartphone, sementara sensor juga dapat bergeser dengan presisi 2μm. Untuk pemotretan malam hari atau gerakan, teknologi algoritma Oppo dapat membantu meningkatkan stabilitas, kejernihan, dan performa warna secara signifikan; meningkatkan kinerja kompensasi getaran hingga 65%. Oppo Five-axis OIS akan dirilis secara komersial pada produk Oppo mulai Q1 2022.

Kamera Bawah Layar

Teknologi ini terus dikembangkan Oppo. Terakhir, Oppo juga memperlihatkan solusi kamera bawah layar generasi berikutnya untuk smartphone masa depan. Geometri piksel yang inovatif memastikan tampilan layar berkualitas tinggi 400-PPI di sekitar area kamera bawah layar. Menggunakan kabel transparan dan desain baru memberikan kualitas tampilan dan pengalaman visual yang lebih halus. Menganut teknologi dimana setiap rangkaian piksel hanya menggerakkan 1 piksel (“1-ke-1”) pada layar dan teknologi kompensasi algoritmik yang tepat, kromatisitas dan kecerahan keseluruhan layar diatur lebih presisi, dengan penyimpangan sekitar 2% dan meningkatkan masa pakai layar hingga 50%.

Untuk memenuhi tuntutan pencitraan yang selalu berubah dari pengguna di seluruh dunia, Oppo semakin memperkuat kapasitas R&D dalam skala global. Saat ini, Oppo telah memiliki 6 Research Institute, 5 R&D Center, dan puluhan Imaging Labs di seluruh dunia, termasuk Imaging Lab baru di Hyderabad, India, dan Imaging Lab di Yokohama, Jepang, yang bertanggung jawab untuk menciptakan sejumlah produk Oppo dengan teknologi pencitraan yang dikembangkan sendiri seperti yang ditemukan pada seri Reno. Ke depan,

Tags: , , ,


COMMENTS