August 18, 2021

The All-New Nissan Leaf Resmi Mengaspal di Indonesia, Harganya Mulai Rp 649 Juta

Penulis: Desmal Andi
The All-New Nissan Leaf Resmi Mengaspal di Indonesia, Harganya Mulai Rp 649 Juta  

Mobitekno – Setelah hadir untuk pertama kalinya secara global pada tahun 2010, generasi terbaru The All-New Nissan Leaf akhirnya masuk secara resmi ke Indonesia. Peluncuran kendaraan ini dilakukan secara online oleh Nissan Indonesia. Kehadirannya tentu menambah jajaran kendaraan ramah lingkungan dari Nissan. Sebelumnya, Nissan Indonesia telah menghadirkan Nissan Kicks e-Power pada tahun akhir tahun lalu dan Nissan Magnite pada awal tahun 2021 ini.

Kehadiran The All-New Nissan Leaf ini juga sekaligus menjawab kebutuhan masyarakat akan sebuah produk yang ramah lingkungan di bidang otomotif. Dari survei yang dilakukan oleh Nissan bekerjasama dengan Frost & Sullivan untuk area Asia Tenggara pada akhir 2020 kemarin menunjukkan bahwa 50 persen pemilik mobil non listrik di Indonesia saat ini, sudah mempertimbangkan akan membeli mobil listrik untuk kendaraan mereka berikutnya dalam kurun waktu tiga tahun ke depan. Untuk itulah Nissan Indonesia menjawabnya melalui The All-New Nissan Leaf, sekaligus menegaskan komitmen Nissan yang selalu menghadirkan produk terbaik, inovatif, dan terdepan dalam hal teknologi.

“Peluncuran The All-New Nissan Leaf setelah Nissan Kicks e-Power ini melengkapi pilihan teknologi inovatif terdepan dari sebuah mobil listrik yang kami tawarkan untuk masyarakat Indonesia. The All-New Nissan Leaf yang merupakan 100 persen battery electric vehicle (kendaraan listrik) menawarkan kesempurnaan berkendara dengan mobil listrik dengan akselerasi halus, senyap, dan tidak ada emisi (gas buang),” ujar Evensius Go, Presiden Direktur PT Nissan Motor Distribusi Indonesia.

Peluncuran The All-New Nissan Leaf

Kendaraan tanpa emisi The All-New Nissan Leaf ini juga merupakan perwujudan dari Nissan Intelligent Mobility, yang merupakan filosofi Nissan untuk mengubah cara mobil dikemudikan, ditenagai, dan diintegrasikan ke dalam masyarakat.

Sebagai mobil yang 100 persen ditenagai listrik, The All-New Nissan Leaf tentunya memiliki beberapa keunggulan di dalamnya. Salah satunya adalah baterai lithium-ion 40kWh. Baterai ini sanggup mendukung pengoperasian mobil sejauh 311km dalam sekali pengisian. Baterai ini juga dikembangkan sendiri oleh Nissan dan telah diuji secara ketat. Mendukung baterai, Nissan juga memiliki tiga metode pengisian listrik. Pertama adalah menggunakan standard charging 2.3kW yang dapat mengisi baterai 12 – 15 jam hingga penuh. Metode ini menggunakan kabel charger universal seperti layaknya kabel pengisian gadget. Kedua adalah Home Charging 7,4kW dengan Wall Box yang bisa mengisi baterai 5-7 jam. Dan terakhir adalah Quick Charging 50kW yang memanfaatkan Stasiun Pengisian Kendaraan listrik Umum (SPKLU). Pengisian cepat ini hanya memakan waktu 40-60 menit saja.

Tiga mode pengisian baterai The All-New Nissan Leaf

Performanya sendiri cukup mumpuni berkat teknologi terbaru dari Nissan. Motor listrik yang ada di dalamnya dapat memberikan tenaga maksimum hingga 110kW atau setara dengan 150PS dengan torsi maksimum 320Nm.  Hal ini membuatnya dapat berakselerasi 0 – 100 km/jam dalam 7,9 detik dengan kecepatan maksimal 155 km/jam.

Satu fitur menarik lainnya adalah teknologi e-Pedal. Teknologi ini memungkinkan pengemudi memulai berkendara, akselerasi, deselerasi, dan berhenti menggunakan hanya satu pedal dengan menambah atau mengurangi tekanan pada pedal gas.

“Dengan teknologi ini, pengemudi tidak perlu repot berpindah dari pedal gas ke rem untuk mengurangi kecepatan, atau bahkan menghentikan kendaraan tersebut. Fitur e-Pedal ini tentunya bisa memberikan pengalaman yang baru. Selain itu bisa mengurangi stres akibat macetnya lalu lintas di perkotaan, serta memberikan kesan sporty saat berkendara di jalan yang berliku,” kata Bagus Susanto, Nissan Representative Director.

Interior dan Eksterior

Pengalaman berkendara juga bisa didapat dengan interior premium di dalamnya. Pemilik bisa merasakan lapisan kulit pada setir dengan gaya Flat-Bottom Sporty dengan tombol multifungsi, panel instrumen dengan layar 7 inci di belakang setir, kursi berlapis kulit Alcantara, serta headunit layar sentuh 8 inci yang didukung koneksi bluetooth, voice command, serta bisa terhubung ke smartphone melalui Apple CarPlay maupun Android Auto.

Interior Nissan LeafNi

Sementara untuk eksterior bagian depannya menggunakan grille V-Motion khas Nissan dengan nuansa biru jernih. Lampu utamanya berbentuk boomerang, baik belakang maupun depan, yang didukung dengan Daytime Running Light. Aksen pada bumper belakang yang berwarna biru, dengan jelas mengidentifikasinya sebagai mobil listrik Nissan.

Fitur keamanannya juga lengkap, mulai dari Dual SRS Airbag, Forward Collision Warning, Forward Emergency Braking. Intelligence Trace Control, Hill Start Assist, hingga Driver Attention Alert.

The All-New Nissan Leaf hadir dalam 11 warna pilihan baik untuk opsi one tone maupun dual tone. Para peminat The All-new Nissan Leaf bisa mendapatkan kendaraan ini dengan harga RP 649 juta untuk opsi one tone, dan Rp 651 juta untuk opsi dual tone. Konsumen The All-New Nissan LEAF akan mendapatkan warranty kendaraan selama 3 tahun atau 100.000 km, warranty untuk baterai selama 8 tahun atau 160.000 km serta bebas biaya perawatan selama 5 tahun atau 70.000 km.

Tags: , , ,


COMMENTS