July 16, 2021

Oppo Reno 6 Resmi Hadir di Indonesia, Dibanderol Rp 5.199.000

Penulis: Desmal Andi
Oppo Reno 6 Resmi Hadir di Indonesia, Dibanderol Rp 5.199.000  

Mobitekno – Setelah melewati sekian acara pre-launch, Oppo Indonesia akhirnya meresmikan kehadiran smartphone terbaru mereka di kelas Reno Series, yaitu Oppo Reno6. Peluncurannya sendiri dilakukan melalui akun media sosial resmi Oppo Indonesia pada Kamis 15 Juli 2021. Seperti yang sudah dibocorkan sebelumnya oleh Oppo Indonesia, smartphone ini membawa banyak pengalaman AI, terutama untuk sisi fotografi dan videografi. Bahkan, satu fitur baru yang belum ada di Oppo Reno sebelumnya hadir di Oppo Reno6 ini, yaitu Bokeh Flare Portrait Video. Efek ini seperti pada foto bokeh, akan memudarkan (blur) keadaan yang ada di belakang subjek. Dengan demikian efek-efek sinematik seperti yang biasanya tampil pada kamera profesional, bisa dibuat oleh Oppo Reno6 ini.

“Transformasi di berbagai media sosial turut mengubah cara kita berinteraksi antar-sesama. Semakin banyak orang mengekspresikan diri melalui foto dan video. Format konten seperti ini memberikan kreativitas yang luar biasa bagi anak muda, sehingga memberikan lebih banyak ruang untuk lebih kreatif. Oppo berhasil melakukan peningkatan pada Oppo Full Dimension Fusion Portrait Video System serta didukung teknologi AI terkini, sehingga membuat Oppo Reno6 ini disebut sebagai AI Portrait Expert,” ujar Morgan Oey, Oppo Reno6 Representative, pada acara peluncuran Oppo Reno6, Kamis, 15/7/2021.

Morgan Oey, Oppo Reno6 Representative,di peluncuran Oppo Reno6

Sisi kamera memang menjadi salah satu daya tarik Oppo Reno6 untuk membuat banyak konten kreatif. Dengan kamera belakang berformat quad camera yang terdiri dari kamera utama 64MP + 8MP  wide angle + 2MP macro + 2MP Mono, membuat pengguna semakin mudah dalam membuat foto dan video yang kreatif. Reno6 hadir dengan peningkatan signifikan pada algoritma Oppo Image-clear Engine. Pengoptimalan tingkat sistem yang memungkinkan pengguna mengambil bidikan jelas pada subjek bergerak, atau dengan cepat menangkap momen dengan hasil tajam. Oppo Reno6 didukung fitur Ultra-clear 108MP Image, yang dapat menampilkan detail dan hasil yang tajam, memberikan pengguna banyak kemudahan saat melakukan penyuntingan. Baik kamera belakang maupun kamera depan, didukung dengan teknologi AI terkini dari Oppo.

Di Reno6 ini, Oppo juga menerapkan teknologi fotografi komputasional. Ini adalah hasil sebuah irisan dari tiga teknologi lainnya, yaitu Computational Vision, Computer Graphics, dan Optical Sensor. Teknologi ini menjadi solusi dari masalah sebelumnya, dimana sisi hardware pada fitur kamera smartphone tidak bisa melawan kemampuan optical pada kamera profesional. Kini dengan memadukan software dan hardware, semua itu bisa dilakukan dan dibantu dengan kemampuan AI.

Hadir di jajaran Reno Series, Oppo Reno6 tentunya menampilkan juga sisi desain yang stylish dan modern. Oppo menerapkan teknologi pewarnaan Reno Glow pada bodi belakang Reno6. Teknologi ini menjadi ciri khas Reno Series dan akan terus dikembangkan untuk Reno Series selanjutnya. Efek Reno Glow ini diaplikasikan pada dua opsi warna Reno6, yaitu Aurora dan Stellar Black. Warna Aurora sendiri merupakan warna yang menarik karena dapat menampilkan banyak warna. Opsi warna ini terinspirasi dari fenomena aurora yang ada di kutub utara. Warna Aurora ini juga kini memiliki 5 lapisan spektrum berlian. Lapisan spektrum ini menghasilkan sekitar 1 juta kombinasi warna. Ini sangat jauh jika dibandingkan 10.000 warna pada Reno5.

Opsi warna Oppo Reno6, Stellar Black dan Aurora

“Oppo Reno6 hadir berbeda dengan Reno sebelumnya, karena kita (Oppo) banyak melakukan R&D untuk smartphone ini, terutama untuk fitur kamera dan video. Oppo juga banyak melakukan perubahan, baik yang terlihat secara fisik maupun yang tidak terlihat secara fisik. Salah satu yang jelas terlihat adalah efek Reno Glow, karena di efek ini melibatkan 20 paten dan memiliki R&D tersendiri. Reno Glow membuat layer pewarnaan menjadi bertambah, tetapi tanpa meningkatkan bobot smartphonenya sendiri,” ujar Aryo Meidianto A, PR Manager Oppo Indonesia.

Oppo Reno6 juga hadir dengan sistem operasi ColorOS 11 yang berbasis Android 11. Ada banyak fitur baru juga yang ditanamkan pada ColorOS 11 ini, seperti teknik untuk melakukan screenshot dengan lebih mudah dan terintegrasi dengan Google translate serta fitur hyperboost 2.0.

Reno6 mulai dapat dipesan pada tanggal 16 hingga 22 Juli secara daring, eksklusif pada situs e-dagang Shopee.co.id dan secara luring pada jaringan OPPO Store atau toko – toko yang menjual perangkat smartphone OPPO di Indonesia. Pada masa pemesanan, pengguna akan mendapatkan keuntungan berupa Reno Wireless Mini Home Theater senilai 1,5 juta secara terbatas dan selama persediaan masih ada. OPPO Reno6 dijual di Indonesia dengan harga Rp. 5.199 juta.

Berikut spesifikasi lengkap Oppo Reno6:

Tags: , , , , ,


COMMENTS