March 15, 2021

Pikat Pelanggan, Smartfren Suguhkan Kuota Extra Unlimited Malam Full Speed

Penulis: Muhammad R
Pikat Pelanggan, Smartfren Suguhkan Kuota Extra Unlimited Malam Full Speed  

Mobitekno – Produk 4G unlimited menjadi ‘gacoan’ PT Smartfren Telecom Tbk. (FREN) dalam beberapa tahun terakhir. Mulai Januari 2021, pelanggan Smartfren yang mengaktifkan paket Unlimited dan Kuota Nonstop mendapatkan benefit Extra Unlimited Malam pada jam 01.00 – 05.00 WIB.

Benefit tambahan ini diberikan sebagai respon terhadap pengguna Unlimited dan Kuota Nonstop yang biasa menggunakan internet pada malam hari. Untuk penggunaan traffic data harian, pengguna Unlimited dan Kuota Nonstop menggunakan traffic data sebesar 18% di jam 01.00 – 05.00 WIB.

Tambahan benefit ini tidak mengurangi benefit yang saat ini diperoleh pelanggan masing-masing paket tersebut.

Djoko Tata Ibrahim, Deputy CEO Smartfren, mengungkapkan, “Semoga benefit baru ini membantu mereka yang sedang berjuang membuka peluang, hingga malam-malam berkarya, bekerja, belajar dan melakukan berbagai kegiatan digital yang bermanfaat,” ujarnya, Rabu (10/3).

Smartfren

Beberapa manfaat yang dirasakan saat menggunakan produk ini yaitu, membantu penghematan kuota utama. Pada tengah malam, sejumlah aplikasi kerap melakukan peningkatan (update) – baik secara otomotis atau diatur oleh pengguna gawai – yang, secara tidak langsung biasanya menyedot kuota umum atau kuota batas pemakaian wajar.

Selama proses update, yang digunakan adalah kuota Extra Unlimited malam full-speed, yang aktif ketika memasuki pukul 01.00 WIB hingga pukul 04.59 WIB. Setelah pukul 04.59 WIB, pelanggan akan kembali dikenakan batas pemakaian wajar (FUP) dari paket Unlimited yang sedang aktif.

Manfaat selanjutnya adalah paket kuota ini berlaku secara nasional dan untuk semua aplikasi. Smartfren tidak membatasi penggunaan kuota pada aplikasi tertentu. Dari sisi kecepatan, saat digunakan pada periodenya – pukul 01.00 WIB–04.59 WIB – Extra Umlimited malam memberikan kecepatan layanan yang lebih cepat dibandingkan dengan saat pemakaian di pagi hari, hal tersebut kemungkinan karena jumlah pengguna di malam hari yang lebih sedikit hanya 20–30 persen saja.

Meski memiliki sejumlah keunggulan, terdapat masukan untuk produk ini yaitu perihal, masa periode waktu Extra Unlimited yang terlalu pendek. Seandainya Smartfren memperpanjang periode Extra Unlimited malam, hal ini bisa menjadi daya tarik bagi pelanggan, terlebih dari sisi harga Extra Unlimited terbilang murah dengan masa aktif 28 hari.

Smartfren mencatat bahwa pada jam tersebut, sekitar 18 persen penggunanya memakai koneksi internet. Dan Smartfren merasa perlu merespon para penggunanya tersebut agar dapat menggunakan internet dengan lebih nyaman. Nantinya kuota internet yang ada tidak akan terpotong saat memasukin rentang waktu yang sudah ditentukan tersebut.

Tags: , ,


COMMENTS