February 15, 2021

Review 1MORE ColorBuds: Perpaduan Gaya dan Fungsionalitas di Telinga Pengguna

Penulis: Muhammad R
Review 1MORE ColorBuds: Perpaduan Gaya dan Fungsionalitas di Telinga Pengguna  

Mobitekno – Bila sebagian besar merek audio menggunakan palet warna netral (hitam atau putih), 1MORE ColorBuds bisa dibilang ‘menyimpang’ dari biasanya, layaknya warna permen. 1MORE ColorBuds mengusung fitur substantif yang secara kolektif tidak ditemukan di earbud nirkabel di bawah satu jutaan.

Kali ini, redaksi Mobitekno berkesempatan mengulas salah satu produk andalan 1MORE, yakni 1MORE ColorBuds True Wireless In-Ear Headphones selama beberapa pekan. Bentuknya memang terbilang unik, mengikuti lekuk telinga pengguna yang membuat nyaman. Ditambah kualitas suara yang dihasilkan juga mumpuni. Agar lebih jelas mengetahui kemampuan dan keunggulannya, berikut ini ulasan Mobitekno mengenai 1MORE ColorBuds True Wireless In-Ear Headphones ini.

Kelengkapan

1MORE ColorBuds hadir dalam kemasan yang cukup ringkas, dengan ukuran kotak yang tidak terlalu kecil. Untuk perangkat 1MORE ColorBuds yang Mobitekno coba ini memiliki warna pink (merah muda). Berikut ini elemen pendukung yang ada di paket kemasannya:

  1. Sepasang 1MORE ColorBuds berwarna pink lengkap dengan charging case-nya
  2. Kabel charger USB type C berwarna hitam
  3. Buku petunjuk singkat
  4. Sepasang ear-tip
  5. Stiker 1MORE ColorBuds True Wireless In-Ear Headphones.

Desain

Apa pun varian warna yang dipilih, konstruksi earbud tetap sama: bagian luar yang seluruhnya terbuat dari plastik dan lapisan karet. Lapisan karet ini cukup baik untuk menjaga earbud tetap di tempatnya. Konstruksi plastik juga lebih ekonomis sehingga memungkinkan 1MORE menambah anggarannya untuk hal lain, seperti panel sentuh, pendeteksi telinga otomatis, dan pengisian cepat, yang semuanya didukung oleh ColorBuds. Adapun kontrol sentuh, meski merupakan fitur premium—tidak selalu berfungsi dengan baik selama proses review yang kami jalankan.

Lebih jauh, earbud ini tentunya telah dikonsep dengan baik. Warna yang mengilap membuat charging case terkesan menjadi lebih ‘ramai’ dengan engselnya yang terasa tipis. Seperti kebanyakan casing pengisi daya, casing ColorBuds menggunakan magnet untuk menempatkan earbud di dalam wadahnya. Magnet ini cukup kuat, dan ada kalanya earbud sulit dilepas dengan hati-hati.

Setiap earbud menampung dua mikrofon yang menggunakan teknologi peredam bising.

Pengguna 1MORE ColorBuds harus memasangkan headset secara manual melalui menu Bluetooth. Nantinya, earbud akan secara otomatis terhubung kembali ke perangkat yang terakhir digunakan.

Fitur dan Performa

Earbud nirkabel dan headphone Bluetooth sama-sama mengandalkan pembaruan firmware untuk tambalan keamanan dan perbaikan umum. Adapun akses fitur baru, pengguna perlu mengunduh aplikasi. 1MORE ColorBuds beroperasi melalui firmware Bluetooth 5.0 dan mendukung aptX dan AAC untuk streaming ke perangkat Android dan iOS.

Dukungan aptX bisa dibilang bagus bagi smartphone Android, karena OS Android tidak mengkodekan codec Bluetooth AAC dengan benar di seluruh perangkat keras. Sebaliknya, ini memprioritaskan efisiensi daya daripada kualitas streaming. Meskipun ini bagus untuk masa pakai baterai, akan berefek pada kinerja AAC yang kurang optimal.

Pengguna dapat menyesuaikan volume langsung dari headset tetapi ini harus dipetakan ulang melalui aplikasi 1MORE MUSIC.

Kekuatan koneksi sangat baik dengan jangkauan 10 meter. Di samping itu, ColorBuds mendukung pendengaran mono dengan salah satu earbud. Awalnya, agak sulit untuk mengubah earbud kiri ke mode mono, dimana penulis harus melepas kedua earbud dari casing, lalu mengembalikan earbud kanan ke casing. Jika hanya melepas earbud kiri tidak bisa membuat koneksi awal ke smartphone. Untuk membuat earbud kanan sebagai penerima mono yang diinginkan, penulis cukup melepaskan earbud kiri.

Daya Tahan Baterai

1MORE ColorBuds dapat bertahan selama 5 jam 54 menit dengan sekali pengisian daya yang hampir mencapai daya tahan baterai enam jam yang diklaim 1MORE. Penulis sampai pada pengukuran ini setelah menggunakan earbud pada konstan 75dB (rata-rata suara radio) hingga baterai habis. Casing pengisi daya 1MORE yang ringkas memberikan tambahan 16 jam waktu saat bepergian. Secara total, penulis mendapatkan hampir 22 jam masa pakai baterai dari ColorBuds plus gabungan casing.

Saat pengujian, penulis dapat mengisi daya earbud dengan cepat, yakni cukup letakkan di dalam casing selama 15 menit dan dapat dipakai lebih dari satu setengah jam. Untuk pengisian penuh diperlukan waktu sekitar 70 menit, dan 85 menit untuk mengisi penuh casing melalui USB-C.

Spesifikasi

Merek 1More
Model ColorBuds True Wireless Stereo (TWS) Earphones
Konektivitas True Wireless Stereo (TWS)
Mikrofon Ada
Water Resistant IPX5
Berat (gr) 4.10
Berat dengan casing (gr) 40.3
Bluetooth Ada
Bluetooth Version 5
Bluetooth Codec Support SBC, AAC, aptX
Jangkauan Bluetooth (meter) 10
Charging Port USB Type-C
Ketahanan baterai earbud (jam) 5,9
Ketahanan baterai dengan casing (jam) 18

Kesimpulan

1MORE ColorBuds merupakan earbud nirkabel sebenarnya untuk pendengar yang menginginkan sesuatu yang menawarkan gaya dan fungsionalitas. Ditawarkan pada rentang harga sejutaan 1MORE ColorBuds adalah opsi yang bagus dengan sejumlah kompromi yang masih dapat diterima. Gaya khas 1MORE ColorBuds difungsikan sebagai produk bernilai tinggi yang terjangkau. Dalam hal ini, nampaknya perusahaan tidak mencoba untuk bersaing dengan yang lainnya, seperti Apple atau bahkan Samsung dengan ColorBuds, melainkan menargetkan pendengar biasa yang menginginkan sesuatu yang menarik dan fungsional. Bagi Anda yang berminat meminang perangkat audio ini bisa didapatkan melalui Urban Republic.

Tags: , ,


COMMENTS