September 14, 2021

11 Tim Free Fire Ini Siap Bertanding di Cabang Olahraga eSport di PON XX

Penulis: Desmal Andi
11 Tim Free Fire Ini Siap Bertanding di Cabang Olahraga eSport di PON XX  

Mobitekno – Semangat pekan Olahraga Nasional yang akan diselenggarakan di Jayapura, Papua turut dirasakan oleh cabang olahraga eSport. Esport yang masuk ke cabang olahraga ekshibisi ini telah siap meramaikan gelaran Pekan Olahraga Nasional XX. Garena dengan titel esports andalannya Free Fire turut berpartisipasi dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua ini. Free Fire memang menjadi salah satu titel cabang olahraga (cabor) esports yang dipertandingkan dalam format eksibisi, selainPES 2021, Mobile Legends, PUBG Mobile, dan Lokapala.

“Garena Free Fire telah mendukung perkembangan ekosistem esports Indonesia dalam mencari bibit unggul atlet esports sejak tahun 2018. Komitmen ini terus kami perkuat melalui misi kami dalam mengembangkan esports menjadi olahraga kompetitif di kancah nasional maupun internasional yang mengharumkan nama bangsa, sama seperti olahraga bulu tangkis atau sepakbola. Sebuah pencapaian tersendiri bagi kami, dimana hadirnya Free Fire dalam eksibisi PON XX Papua menjadi bukti bahwa esports di Indonesia telah berkembang pesat dari semata hobi atau hiburan, dan kini sebagai salah satu cabang olahraga kompetitif yang diakui resmi oleh Pemerintah dan masyarakat Indonesia,” ujar Christian Wihananto, Produser Game Free Fire Indonesia. Christian pun mengungkapkan rasa bangganya atas penunjukan Free Fire sebagai salah satu titel esports resmi yang masuk dalam eksibisi PON XX.

Sejak pendaftaran PON XX Papua untuk Free Fire resmi dibuka pada 20 Agustus silam, telah tercatat lebih dari 17,010 pemain esports yang bergabung dan unjuk kebolehannya masing-masing dalam babak Pra-PON. Setelah pertandingan sengit yang terbagi dalam 3 grup dan satu kelompok wildcard pra-PON, hari ini telah terpilih sebelas tim wakil dari berbagai provinsi yang berhasil lolos ke babak final PON XX Papua. Sebelas tim ini berhak untuk berangkat ke Papua dan bertarung secara offline untuk memperebutkan gelar juara dari PON XX Papua. Wakil Papua tidak akan mengikuti babak Pra PON dan langsung lolos otomatis sebagai tuan rumah. Sebelas tim tersebut, terdiri dari Top 3 pemenang tiap grup maupun dua tim sebagai Wild Card. Tim tersebut diantaranya :

  • Kualifikasi Grup A

    • Sulawesi Tenggara

    • DKI Jakarta

    • Riau

  • Kualifikasi Grup B

    • Sulawesi Tengah

    • Maluku

    • Lampung

  • Kualifikasi Grup C

    • Bengkulu

    • Maluku Utara

    • Nusa Tenggara Timur

  • Kualifikasi Wildcard

    • Bangka Belitung

    • Sumatera Utara

Pertandingan berjalan sengit di seluruh grup maupun di wild card match, dimana Bangka Belitung lolos dengan 41 poin, terpaut 1 poin dengan posisi kedua yaitu Sumatera Utara. TAUHD dari tim Sulawesi Tenggara menjadi pemain unggulan yang berhasil mengumpulkan 20 total point kill, atau kill terbanyak selama babak pra-PON. Perolehan point kill tertinggi berikutnya hanya berkisar pada 10 poin.

1631520398
eSport di Pekan Olahraga Nasional XX Papua

Ajang eksibisi Free Fire di PON XX Papua nantinya akan diselenggarakan di Lapangan Hoki & Kriket di Doyo Baru, Jayapura pada tanggal 25 September 2021 (Day 1), dengan 5 round, dan hari berikutnya pada 26 September 2021 (Day 2) dengan 5 round juga. Model pertandingan yang digunakan pada saat PON Free Fire yakni Best of 10, dengan format poin mengikuti rules yang berlaku juga pada turnamen nasional Free Fire lainnya seperti Free Fire Master League Season IV 2021 yang sedang berjalan.

Survivors dapat ikut menonton pertandingan eksibisi Free Fire dari rumah tayangan live stream pada channel Youtube Official dari Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI).

“Kami mengucapkan selamat bertanding untuk 11 tim yang akan berangkat ke babak final PON XX Papua, Kami juga turut berterima kasih atas dukungan berbagai pihak, termasuk pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga, PBESI, KONI, seluruh tim esports Garena, serta seluruh Survivors atas antusiasme dan dukungannya terhadap Free Fire hingga saat ini. Bagi tim yang belum berhasil melanjutkan pertandingan, tetap semangat dan semoga beruntung di kesempatan berikutnya!” tutup Christian.

Tags: , ,


COMMENTS