January 14, 2021

Ini Produk Laptop Asus Terbaru di Kelas ZenBook, VivoBook, dan ProArt yang Hadir di CES 2021

Penulis: Desmal Andi
Ini Produk Laptop Asus Terbaru di Kelas ZenBook, VivoBook, dan ProArt yang Hadir di CES 2021  

Mobitekno – Setelah jajaran laptop ROG diperkenalkan Asus pada Rabu 13 Januari 2021, kini Asus memperkenalkan jajaran laptop terbaru lainnya di CES 2021. Mulai dari Zenbook, VivoBook, TUF, ProArt, ExpertBook, hingga ChromeBook diperkenalkan Asus pada hari ini. Jajaran laptop terbaru ini tentunya juga dipenuhi inovasi-inovasi terbaru dari Asus.

Dalam acara peluncurannya yang disiarkan pada Kamis dini hari, Asus memulainya dengan memperkenalkan ExpertBook B9 (B9400 vPro). Produk ini merupakan laptop paling ringan di dunia yang dirancang untuk kebutuhan bisnis profesional. Dengan bobot sekitar 880 gram, ExpertBook B9 sudah memiliki sertifikat standar militer MIL-STD 810H. Produk ini juga ditenagai oleh Intel generasi 11 sehingga menawarkan performa yang sangat kencang. Apalagi, prosesor tersebut masih ditemani dengan kartu grafis Intel X Graphics.

Menariknya, storage 2TB yang ada di dalamnya dapat dikonfigurasi secara RAID 0 maupun RAID 1. Hal ini membuat ExpertBook B9 menjadi laptop yang diandalkan. Apalagi konektivitasnya juga luas. Di produk ini, terdapat koneksi Wifi 6 (802.11ax) yang sangat stabil.

“Saat ini cara bekerja orang sudah berubah, dan bahkan perubahan ini bisa permanen. Kini orang membutuhkan bekerja dari mana saja secara remote. Untuk itulah Asus ExpertBook B9 hadir sebagai produk yang bisa digunakan dimana saja dan sudah masuk dalam EVO laptop,” ujar Benson Lin, Asus Corporate Vice President and Head of Commercial Computer.

“Produk ini merupakan laptop bisnis 14 inci teringan di kelasnya dan baterainya bisa mendukung pekerjaan hingga lebih dari 20 jam. Produk ini juga sudah didesain dengan standar militer. Semuanya ini diciptakan agar penggunanya tetap produktif,” lanjut Benson Lin.

Asus ChromeBook CX9

Asus juga memperkenalkan Asus ChromeBook CX9 untuk menunjang kebutuhan bisnis penggunanya. Produk di desain dengan banyak inovasi dan fungsionalitas yang ditujukan untuk para eksekutif. ChromeBook ini ditenagai juga oleh prosesor Intel generasi ke-11, baterai yang berdurasi panjang, Iris X Graphics, dan tingkat sensitivitas yang tinggi. Dengan begitu, para profesional bisa menggunakan produk ini dengan performa yang begotu tinggi, efisien, dan penuh dengan konektivitas.

Sama seperti ExpertBook B9, ChromeBook CX9 juga didesain dengan military grade. Dengan begitu, produk ini tahan banting.

Di waktu yang sama, Asus juga memperkenalkan laptop Asus BR1100. Produk laptop ini ditujukan untuk anak-anak. Hadirnya produk ini berlatar belakang pandemi Covid-19 yang membuat banyak anak-anak belajar dari rumah secara remote. Hal ini tentunya membutuhkan perangkat laptop yang mumpuni. Dan Asus BR1100 menjadi solusinya.

Karena ditujukan untuk anak-anak, Asus pun mendesain produk ini tahan banting. Desain bodinya dilindungi oleh bumper berbahan karet. Jadi, Asus BR1100 dapat tahan jatuh dari ketinggian 120cm. Bahkan, produk ini tahan terhadap guncangan yang sering terjadi saat dibawa oleh anak-anak serta jatuhnya air ke atas keyboardnya.

Asus VivoBook S14

Selanjutnya, Asus menghadirkan VivoBook S14 (S435) yang juga mendapat sertifikasi Intel EVO.  Laptop ini juga merupakan VivoBook 14-inci paling ringan hadir dengan performa lebih kencang dari generasi sebelumnya untuk pengguna yang aktif serta kreatif. VivoBook S14 (S435) ditenagai oleh prosesor 11th Gen Intel Core dan chip grafis terintegrasi Intel Xᵉ Graphics yang powerful. Laptop ini juga telah dibekali dengan RAM DDR4 berkapasitas hingga 16GB dan mendukung Intel Optane Memory H10. Kombinasi semua itu ditambah dengan penyimpanan PCIe SSD berkapasitas hingga 1TB membuat VivoBook S14 (S435) dapat diandalkan untuk berbagai skenario penggunaan.

VivoBook S14 (S435) juga merupakan salah satu laptop yang dibekali dengan ASUS Intelligent Performance Technology, yaitu sebuah fitur khusus yang memungkinkan CPU di laptop ini untuk dapat berjalan pada performa maksimalnya secara non-stop. Teknologi ini membuat pengguna VivoBook S14 (S435) dapat memacu performa perangkatnya, menghemat baterainya, atau bahkan membuat kipas yang berjalan agar tidak berisik.

Asus ZenBook Duo 14 (UX482) dan ZenBook Pro Duo 15 OLED (UX582)

Jika di kelas ROG memiliki Asus ROG Zephyrus Duo, di jajaran ZenBook Asus juga memiliki Asus ZenBook Duo 14. Ini merupakan laptop 14 inci yang dilengkapi Screenpad Plus, layar kedua yang terintegrasi dengan fitur layar sentuh.

ZenBook Duo 14 ini dipersenjatai prosesor Intel Genereasi ke-11 dan kartu grafis Nvidia GeForce MX450. ScreenPad Plus di ZenBook Duo 14 (UX482) ini dapat terangkat membentuk sudut 7 derajat sehingga laptop ini memiliki rongga udara ekstra yang memungkinkan sistem pendinginannya bekerja lebih optimal sekaligus mengurangi efek glare (silau) saat digunakan.

Selain dilengkapi dengan konektivitas terbaik seperti Thunderbolt 4 dan WiFi 6, ZenBook Duo 14 (UX482) juga mendapatkan upgrade dari sisi ketahanan baterai. Kali ini ZenBook Duo 14 (UX482) dapat bertahan hingga 17 jam penggunaan. Berkat teknologi USB Power Delivery, ZenBook Duo 14 (UX482) dapat diisi ulang dengan mudah melalui adapter charger USB Type-C yang terdapat di paket penjualannya. Laptop ini bahkan dapat diisi ulang menggunakan power bank sehingga dapat digunakan lebih lama.

ZenBook Pro Duo 15 OLED (UX582) adalah generasi terbaru dari laptop ultra-powerful yang kini dilengkapi ScreenPad Plus, layar kedua beresolusi 4K dilengkapi teknologi touchscreen yang fungsi utamanya adalah sebagai ekstensi layar 4K OLED utama untuk memperkaya produktivitas penggunanya.

ZenBook Pro Duo 15 OLED (UX582) juga merupakan laptop yang sangat powerful dan ditenagai oleh prosesor Intel Core i9 High Performance terbaru serta chip grafis NVIDIA Geforce RTX 3070. Seperti generasi sebelumnya, ZenBook Pro Duo 15 OLED (UX582) juga telah tervalidasi sebagai laptop NVIDIA Studio sehingga sangat tepat digunakan oleh para content creator.

Screenshot 9
Jajaran laptop Asus di CES 2021

Asus ProArt dan TUF

Asus ProArt dibuat untuk para kreator karena didesain dengan menghilangkan segala batasan yang dapat menghambat performanya. Sebagai produk yang mendukung para kreator, tentu saja Asus ProArt ini mendukung sistem penggunaan yang multitasking. Oleh sebab itu, ProArt dibekali juga dengan dukungan untuk berbagai platform aplikasi.

Selain multitasking, produk ini juga bersifat mobile sehingga mudah dibawa kemanapun pemiliknya pergi. Oleh sebab itu, Asus ProArt PA148 menggunaan layar berukuran 14 inci anti glare dan fitur 10 point multi-touch. Layarnya ini dapat menampilkan warna yang sangat akurat. Di produk ini, Asus bahkan menempatkan tombol putar yang bisa membantu dalam proses kreasi dengan berbagai aplikasi di dalamnya.

Sementara Asus TUF Dash F15 hadir sebagai  varian terbaru dari jajaran laptop TUF Gaming yang sangat dikenal dengan performa dan harga terbaik di kelasnya. TUF Dash F15 kini tampil sebagai laptop gaming yang portabel sekaligus powerful. Ditenagai oleh prosesor 11th Gen Intel Core dan chip grafis hingga NVIDIA GeForce RTX 3070, TUF Dash F15 merupakan laptop yang sangat powerful baik untuk bekerja maupun bermain.

Sebagai laptop gaming modern, TUF Dash F15 dibekali dengan layar 240Hz dan 3ms sehingga cocok untuk gamer esports dan AAA. Jika gamer merasa kurang dengan performa grafisnya, TUF Dash F15 dapat dihubungkan dengan GPU eksternal melalui port Thunderbolt 4. Baterai laptop gaming ini juga sangat besar dengan penggunaan hingga 16,5 jam untuk pemutaran video dan dapat diisi ulang melalui port USB Type-C menggunakan adapter Power Delivery.

Di kesempatan yang sama Asus juga memperkenalkan Asus ZenBeam Latte L1. Produk ini hadir untuk mendukung entertainment para konsumen Asus. Proyektor mini ini berukuran seperti gelas kopi yang bisa mengantarkan stream entertainment ke semua keluarga di rumah.

Asus ZenBeam latte L1 ini sudah dilengkapi dengan aplikasi-aplikasi pihak ketiga dan Aptoide TV. Anda bisa menikmati tayangan hiburan dari YouTUbe, netflix, hingga Disney HotStar.

Menariknya, tidak hanya sebagai proyektor, ZenBeam Latte L1 juga bisa berfungsi sebagai speaker bluetooth. Sebagai speaker, produk ini pun bisa memutar musik hingga 20 jam lamanya.

Tags: , , , , ,


COMMENTS