September 13, 2021

Daniel Ricciardo Menangi F1 GP Italia 2021, McLaren Finish 1-2

Penulis: Desmal Andi
Daniel Ricciardo Menangi F1 GP Italia 2021, McLaren Finish 1-2  

Mobitekno – McLaren akhirnya bisa memenangkan balapan Formula 1  kembali seteleh kemenangan terakhir mereka, yaitu Jenson Button pada tahun 2012 di Brazil. Daniel Ricciardo berhasil memimpin balapan F1 GP Italia, Minggu 12 September 2021,  sejak start hingga finish yang memakan 53 lap. Kemenangan ini bertambah meriah dan membanggakan karena pembalap McLaren lainnya, yaitu Lando Norris juga menempati posisi kedua. Sementara Valtery Bottas yang finish di urutan empat naik ke urutan tiga karena Sergio Perez mendapatkan penalty 5 detik dan harus turun dari posisi finish ketiga.

Bagi Daniel Ricciardo, balapan terus dipimpin olehnya sejak start dimulai. Daniel memulai start dengan gemilang. Start dari posisi kedua, Daniel langsung melesat menyusul Max Verstappen yang start di posisi pertama. Sempat bersaing dengan Max untuk merebutkan posisi pertama di tikungan pertama selepas start. namun, Daniel berhasil menjaga posisi terdepannya..

Daniel sempat turun posisi setelah melakukan penggantian ban pada pitstop pertama. Perbedaan jarak yang cukup tdekat diantara empat pembalap terdepan, yaitu Daniel Ricciardo, Max Verstappen, Lando Norris, dan Lewis Hamilton, membuat strategi pitstop pertama menjadi begitu penting. Hal ini karena walaupun DRS sudah dilakukan, tetapi baik Max Verstappen maupun Lewis Hamilton tidak bisa menyusul pembalap McLaren tersebut. Max tetap di belakang Daniel, dan Hamilton berada di belakang Norris.

Daniel Ricciardo yang start dari posisi kedua mampu melesat memimpin balapan sejak start dimulai

Pitstop Daniel kemudian disusul dengan pitstop Max Verstappen. Namun kejadian tak terduga terjadi pada pitstop pertama Max. Cukup memakan waktu lama untuk pergantian ban bagi Max Verstappen sehingga ia harus turun posisi cukup jauh.

Berikutnya, insiden terjadi selepas Lewis Hamilton melakukan pitstop pertamanya. Max dan Hamilton bersenggolan di tikungan pertama sirkuit Monza yang mengakibatkan keduanya harus minggir dari balapan F1 GP Italia. Dengan kejadian ini persaingan perburuan posisi klasemen antara Max dan Hamilton akan semakin panas.

Namun, bagi McLarean, insiden Max dan Hamilton ini membawa berkah tersendiri, karena pada akhirnya mereka bisa mendapat posisi 1-2 selama lap tersisa. Sebenarnya setelah insiden, Ferrari melalui Charles Lecrec ada di posisi kedua dan membuka peluang untuk naik posium. Namun sayang, performa Ferrari tampaknya masih tertinggal dari McLaren sehingga Lecrec bisa disusul Lando Norris.

Insiden antara Max Verstappen dan lewis Hamilton yang membuatnya harus tersingkir dari F1 GP Italia 2021

Kemenangan Daniel Ricciardo sendiri di F1 GP Italia ini menjadi momen tersendiri bagi dirinya. Pasalnya, kemenangan terakhir bagi Daniel terjadi di GP Monako pada tahun 2018 lalu. Acungan jempol juga patut disematkan kepada Valtery Bottas yang walau start dari posisi belakang, namun berhasil finish di posisi tiga.

Hasil F1 GP Italia 2021 di sirkuit Monza ini tidak mengubah nurutan 1-2 klasemen sementara. Max Verstappen masih ada di posisi pertama dengan nilai 226,5, sementara Lewis Hamilton tetap di posisi kedua dengan nilai 221,5. Sementara urutan klasemen ketiga ditempati Valtery Bottas dengan poin 141. Berikut hasil balapan F1 GP Italia 2021 di sirkuit Monza.

  1. Daniel Ricciardo – MCLAREN MERCEDES
  2. Lando Norris – MCLAREN MERCEDES
  3. Valtteri Bottas – MERCEDES
  4. Charles Leclerc – FERRARI
  5. Sergio Perez – RED BULL RACING HONDA
  6. Carlos Sainz – FERRARI
  7. Lance Stroll – ASTON MARTIN MERCEDES
  8. Fernando Alonso – ALPINE RENAULT
  9. George Russell – WILLIAMS MERCEDES
  10. Esteban Ocon – ALPINE RENAULT
  11. Nicholas Latifi – WILLIAMS MERCEDES
  12. Sebastian Vettel – ASTON MARTIN MERCEDES
  13. Antonio Giovinazzi – ALFA ROMEO RACING FERRARI
  14. Robert Kubica – ALFA ROMEO RACING FERRARI
  15. Mick Schumacher – HAAS FERRARI
  16. Nikita Mazepin – HAAS FERRARI (DNF)
  17. Lewis Hamilton – MERCEDES (DNF)
  18. Max Verstappen – RED BULL RACING HONDA (DNF)
  19. Pierre Gasly – ALPHATAURI HONDA (DNF)
  20. Yuki Tsunoda – ALPHATAURI HONDA (DNS)

Foto: F1.com

Tags: , , , ,


COMMENTS