August 13, 2021

ShopeePay Talk Jelang HUT ke-76 RI Bawa Semangat Majukan Negeri

Penulis: Desmal Andi
ShopeePay Talk Jelang HUT ke-76 RI Bawa Semangat Majukan Negeri  

Mobitekno – Event rutin yang selalu diadakan ShopeePay ini diadakan pada Kamis 12 Agustus 2021. Melalui “Adaptasi lintas generasi, Kobarkan Semangat Majukan Negeri”  ShopeePay Talk mengajak masyarakat Indonesia agar tetap semangat dalam menjalankan bisnisnya, terutama di tengah pandemi yang penuh dengan tantangan. ShopeePay pun mengajak pebisnis yang sukses bertahan dari JNE dan Ayam Tulang Lunak Hayam Wuruk dalam mengobarkan semangat ini.

“ShopeePay selalu berkomitmen untuk membantu perjuangan mitra usaha kami untuk tumbuh semakin besar. Beragam inovasi dan program terus kami hadirkan khususnya untuk pelaku UMKM agar bisnis tetap dapat berputar selama masa sulit ini. Selama 76 tahun, UMKM menjadi salah satu pendorong ekonomi Indonesia untuk terus tumbuh. Mereka juga senantiasa berjuang menghadapi gempuran inovasi teknologi dan perubahan zaman demi sukses dalam bertahan,” kata Eka Nilam Sari, Head of Strategic Merchant Acquisition ShopeePay.

Selama ini, JNE dan Ayam Tulang Lunak Hayam Wuruk sendiri mampu bertahan menjalankan bisnisnya, terutama di masa pandemi. Salah satu kuncinya adalah prinsip adaptasi. Mereka selalu beradaptasi dengan keadaan pasar. Akan tetapi, mereka juga tidak mengandalkan adaptasi saja. Menurut mereka, sebuah bisnis harus terlebih dahulu memastikan ketangguhan ekosistem bisnisnya, termasuk produk serta layanannya, sebelum melakukan perubahan sesuai kebutuhan konsumen.

“Kami melakukan riset pasar secara rutin guna menghadirkan varian menu baru dan memberikan kepuasan kepada seluruh pelanggan kami. Selain itu, kami juga menerima pembayaran melalui layanan pembayaran digital seperti ShopeePay karena hasil riset kami menunjukkan bahwa pelanggan cenderung memilih metode pembayaran yang praktis dan aman, terutama pada masa pandemi. Pelanggan juga tertarik untuk menggunakan metode pembayaran digital karena beragam promo menarik yang ditawarkan,” kata Dimas Setyo jatmiko, Business Development Manager Ayam Tulang Lunak Hayam Wuruk, membagikan pengalamannya.

KV Berinovasi Tanpa Henti Bisnis Legendaris Indonesia Ungkap Rahasia Sukses Melalui ShopeePay Talk
erinovasi Tanpa Henti, Bisnis Legendaris Indonesia Ungkap Rahasia Sukses Melalui ShopeePay Talk

Guna membagi pengalamannya kepada para pelaku bisnis lainnya agar bisa tetap bertahan melintasi generasi, mereka pun membagikan tipsnya.

Pahami Konsumen Lewat Riset Pasar

Untuk menawarkan produk atau jasa yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pelanggan, serta menghadirkan customer journey yang nyaman dan optimal, suatu bisnis harus melakukan riset pasar secara komprehensif dan melakukan penyesuaian berdasarkan dengan hasil riset tersebut.

Inovasi Sesuai Kebutuhan Pasar

gar bisnis dapat bertahan seiring dengan perubahan zaman, harus dipastikan bahwa produk dan layanan yang ditawarkan dapat menjawab permasalahan di hidup para pelanggan. Serangkaian permasalahan yang dicoba untuk dijawab oleh JNE adalah rumitnya pengiriman dan pendistribusian barang ke berbagai penjuru Indonesia. JNE hadir dengan tagline “Connecting Happiness” dan menjadikannya sebagai ide utama dalam memberikan keuntungan dan kenyamanan kepada pelanggan yang mereka layani di seluruh Indonesia.

Maksimalkan Berbagai Kanal Pemasaran

Jika media konvensional terbukti menjadi kanal pemasaran yang memadai satu dekade yang lalu, sekarang bisnis harus memikirkan ulang strategi pemasaran mereka berdasarkan dengan kanal-kanal yang tersedia saat ini. Media sosial bisa menjadi sebuah kanal pemasaran yang kuat bagi bisnis jika didukung dengan kehadiran di platform e-commerce dan pengadopsian layanan pembayaran digital.

“JNE senantiasa mengoptimalkan penggunaan teknologi untuk meningkatkan efisiensi. Kini pelanggan dapat dengan mudah melacak paket yang mereka kirimkan melalui website dan aplikasi MyJNE dan melakukan pembayaran dengan praktis dan aman menggunakan layanan pembayaran digital seperti ShopeePay,” ujar Mayland Hendar Prasetyo, Deputy Vice President BD, E-Commerce, and Partnership JNE.

Di kesempatan yang sama ShopeePay juga menghadirkan kampanye ShopeePay 17.8 Semangat UMKM Lokal bersamaan dengan ShopeePay Talk sebagai bentuk apresiasi atas perjuangan UMKM bertahan selama pandemi. Melalui kampanye ini, ShopeePay ingin bergerak bersama masyarakat dalam membantu UMKM bertahan dengan mendorong transaksi pada bisnis mereka khususnya di momen kemerdekaan.

“Kami harap kampanye 17.8 Semangat UMKM Lokal dan ruang diskusi yang kami hadirkan hari ini dapat memberikan wawasan lebih bagi para pelaku UMKM yang sedang berjuang mengembangkan usahanya hingga lintas generasi,” tutup Eka Nilam Sari.

 

Tags: , , ,


COMMENTS