April 13, 2021

80 Tahun Berdiri, OCBC NISP Siap Integrasikan Inovasi dan Layanan Digitalnya

Penulis: Karyo | Editor: Muhammad R
80 Tahun Berdiri, OCBC NISP Siap Integrasikan Inovasi dan Layanan Digitalnya  

Mobitekno – Di usianya yang ke-80 OCBC NISP terus berkomitmen untuk tidak hanya meningkatkan produk dan layanan perbankan, akan tetapi meningkatkan literasi keuangan, mendukung UMKM, dan sustainability.

Menurut Parwati Surjaudaja, Presiden Direktur OCBC NISP,  OCBC NISP berkomitmen untuk mengambil peran lebih besar, lebih dari sekadar mitra perbankan yang menyediakan solusi finansial, namun meraih visi menjadi “mitra tepercaya untuk meningkatkan kualitas hidup”.

“Bank OCBC NISP percaya bahwa Indonesia akan menjadi salah satu negara dengan kekuatan ekonomi terbesar di dunia. Untuk itu, kita harus mempersiapkan diri dengan mendorong masyarakat, mulai dari individu hingga pelaku usaha kecil dan besar, dengan mendukung pemerintah untuk mengubah pemahaman, kebiasaan, dan mindset masyarakat agar menciptakan masyarakat yang financially fit,“ ungkap Parwati Surjaudaja, dalam paparannya secara virtual, Senin (12/4).

“Tidak hanya itu, OCBC NISP juga fokus pada pemberdayaan UMKM sebagai kontributor terbesar dalam perekonomian Indonesia. Terakhir, OCBC NISP mengambil peran lebih mendorong sustainability business melalui pembiayaan sektor bisnis yang dapat memberikan dampak positif bagi ekonomi, sosial dan lingkungan,” jelas Parwati Surjaudaja.

Seiring era transformasi digital yang sudah menjadi suatu keniscayaan, OCBC NISP senantiasa terus mengmbangkan  berbagai inovasi dan teknologi  serta layanan digitalnya.

Sejak 2020, Relationship Manager OCBC NISP dilengkapi dengan inovasi teknologi yakni RM Mobile yang memungkinkan nasabah melakukan pembukaan rekening dan produk perbankan di manapun. Dilengkapi dengan fitur Digital Signature menggantikan kebutuhan tanda tangan basah untuk konfirmasi.

“Ke depan, dengan semakin terbiasanya nasabah memanfaatkan kanal digital dalam bertransaksi, akan menuntut bank untuk terus bertransformasi dan berinovasi menghadirkan kapabilitas yang dapat memenuhi kebutuhan nasabah yang terus berkembang,” ujar Parwati Surjaudaja.

Terlebih lagi data menunjukan bahwa di saat pandemi nilai transaksi digital banking OCBC NISP tumbuh 92% di 2020.  Hal itu terlihat pada peningkatan transaksi perbankan, termasuk investasi, dari nasabah individu melalui aplikasi ONe Mobile pada tahun lalu. Peningkatan terlihat pada jumlah transaksi sebesar 58%, nilai transaksi sebesar 92%, dan jumlah pengguna sebesar 41%.

Saat ini berbagai layanan dan inovasi teknologi telah dikembangkan oleh OCBC NISP.  Seperti Untuk kenyamanan nasabah korporasi dalam mendukung mobilitas bagi nasabahnya, maka OCBC NISP menyediakan Velocity@ocbcnisp dalam versi web, yakni sebuah layanan perbankan digital yang dirancang untuk memberikan kebebasan bertransaksi seperti halnya bertransaksi di cabang, serta versi aplikasi untuk pengambilan keputusan keuangan yang lebih cepat via smartphone.

Velocity@ocbcnisp dirancang dengan mengutamakan standar keamanan tertinggi dan skema otorisasi yang dapat disesuaikan dengan skala dan kebutuhan bisnis.

Untuk layanan Premier Banking, OCBC NISP menghadirkan fasilitas Banking On The Move. Dengan inovasi RM Mobile, yakni aplikasi khusus untuk membantu Tim Premier Banking Relationship Manager (RM) agar tetap dapat bertemu dengan nasabah di mana saja tanpa harus ke cabang, guna melayani dan berdiskusi dalam proses investasi nasabah.

Nasabah juga dapat berinvestasi sendiri melalui ONe Mobile, aplikasi mobile banking OCBC NISP, dan Phone Banking yang melayani khususnya jual beli lintas mata uang dengan kurs yang kompetitif.

RM Mobile memungkinkan Straight Through Processing sehingga pembukaan rekening dan penempatan produk bisa dilakukan secara paperless dan aman.

Sementara untuk Layanan perbankan digital yang ditujukan bagi generasi muda Indonesia untuk mengelola & mengoptimalkan dana melalui aplikasi ONe Mobile. Layanan Nyala juga tersedia untuk para pebisnis individual yaitu layanan Nyala Bisnis, dimana pengelolaan keuangan dilakukan dengan rekening terpisah untuk mempermudah pengelolaan keuangan bisnis dan personal sekaligus.

OCBC NISP sadar generasi muda Indonesia membutuhkan lebih dari sekadar produk finansial, namun harus memiliki pemahaman finansial yang baik agar masyarakat memiliki kondisi keuangan yang sehat. Kenyataannya banyak dari mereka yang sudah memiliki pendapatan besar tapi belum tentu memiliki kondisi keuangan yang sehat atau financially fit.

Terinspirasi dari pelatihan kebugaran fisik, OCBC NISP hadirkan solusi Financial Fitness dari NYALA | OCBCNISP dengan misi menjadi financial trainer generasi muda Indonesia agar memiliki kebiasaan finansial yang lebih baik. Deddy Corbuzier sebagai Financial Fitness Directordibantu oleh para financial coach yang tergabung dalam NYALA Financial Fitness Squad, solusi Financial Fitness juga menyediakan berbagai kelas & pelatihan finansial antara lain:

  • Financial Fitness Check Up, untuk mengukur kondisi keuangan agar dapat merencanakan pengelolaan keuangan yang tepat.
  • Financial Fitness Classes yang dibawakan oleh Financial Fitness Squad yang bersertifikasi
  • Komunitas Ruang meNYALA, wadah untuk saling mendukung mencapai tujuan finansial melalui sharing dengan member-member
  • Platform edukasi ruangmenyala.com, platform konten edukasi finansial yang bisa diakses kapan saja dalam bentuk artikel, video, dan tips & trik.
  • Ruang meNYALA Financial Fitness Gym, sebuah tempat fisik yang dirancang untuk memfasilitasi berbagai program Financial Fitness
Tags: , , , ,


COMMENTS