September 12, 2021

Segarkan Jiwa, Tiket.com Ajak Lakukan Wisata Mindfulness

Penulis: Desmal Andi
Segarkan Jiwa, Tiket.com Ajak Lakukan Wisata Mindfulness  

Mobitekno – Tiket.com baru saja menggelar webinar untuk membahas beragam opsi destinasi yoga berkelas dunia yang dapat ditemukan di tanah air. Webinar ini diadakan karena sektor pariwisata terkena dampak yang cukup parah dengan adanya pandemi Covid-19 ini. Situasi pandemi yang tidak menentu makin mendorong tingkat kecemasan. Masyarakat pun semakin menyadari pentingnya kesehatan jiwa raga yang dapat diperoleh dengan kegiatan mindfulness seperti yoga atau meditasi.

Penelitian dari Frontiers in Psychiatry mencatat bahwa masyarakat yang rutin melakukan yoga dan meditasi mampu membantu meringankan beban pikiran akibat pandemi, mengurangi stres, serta meningkatkan ketenangan berpikir, bahkan terbukti turut meningkatkan sistem imunitas tubuh.

Lalu, berdasarkan survei Covid Health Assessment Scale (CHAS) yang diadakan pada bulan Mei 2020 terhadap 23.900 responden di seluruh dunia, terdapat 17.782 (74,4%) orang rutin yoga selama masa pandemi. Lalu sebanyak 82,8% dari mereka yang rutin melakukan yoga dan meditasi, memiliki tingkat stres yang lebih ringan, bahkan tidak terdeteksi, serta memiliki kemampuan beradaptasi lebih baik dalam situasi pandemi.

“Dalam kegiatan yoga, ritme pernapasan menjadi fokus pokok. Kita pun menjadi lebih memahami kondisi tubuh, ruangan, dan lingkungan sekitar (mindful). Yoga dan meditasi adalah salah satu cara efektif untuk mendapatkan ketenangan dan keseimbangan (mindfulness and balance),” ujar Aprishi Allita, Pakar Yoga & Meditasi.

Tiket.com pun mengamini apa yang dikatakan Aprishi ini. Masyarakat memang harus mendapatkan ketenangan jiwa agar tidak menurunkan tingkat imun tubuhnya. Dengan begitu, bisa terhindar dari paparan virus Covid-19.

Reward seperti memanjakan diri merupakan salah satu upaya penting untuk merawat diri. Di masa pandemi seperti sekarang ini, reward dapat diwujudkan dalam bentuk sederhana, seperti partisipasi kelas yoga, meditasi secara reguler, atau kembali mengunjungi spa favorit untuk menikmati pengalaman rejuvenasi diri,” ujar Danny Wilson Peraji, Market Manager, Tour & Attraction, tiket.com, mendukung pernyataan Aprishi,

Reward dapat diwujudkan dalam bentuk sederhana, seperti partisipasi kelas yoga

Tiga destinasi wisata untuk perjalanan mindfulness berkelas dunia di tanah air

Plataran Komodo Resort & Spa di Nusa Tenggara Timur merupakan destinasi wisata impian yang menjadi salah satu opsi tepat untuk mengoptimalkan pengalaman yoga, meditasi, dan spa dengan sensasi di alam lepas. Turis dapat menikmati keindahan pemandangan pesisir di Labuan Bajo. Plataran Komodo pun menyediakan instruktur profesional yang siap berikan panduan.

Ubud Yoga Centre, Bali adalah destinasi yoga yang telah berdiri sejak tahun 2004. Didirikan oleh seorang yogini bernama Mony Suriany, pusat yoga ini mengusung konsep green getaway dan sangat cocok bagi masyarakat yang ingin escape sejenak dari hiruk pikuk perkotaan. Terdapat beragam kelas mulai dari Kundalini Yoga & Meditation Class, Bikran Yoga Class, Hot Barre, hingga program yoga khusus untuk keluarga dan anak-anak. Dikelilingi dengan pemandangan hijau Ubud yang teduh dan menenangkan, aura zen ini bisa membantu untuk menemukan kejernihan berpikir dan mindfulness hidup.

Ibu kota juga memiliki studio yoga terkenal. Awal Mula Yoga & Pilates Studio, Jakarta Selatan berlokasi di kawasan Pondok Indah. Studio tengah kota ini bisa menjadi pilihan destinasi untuk yoga dan meditasi dengan suasana tenang yang tidak akan menghilangkan mindfulness yang ingin Anda capai. Studio ini memiliki variasi kelas untuk pemula hingga mereka yang berpengalaman, mulai dari Bikram Yoga, Hatha Yoga, Vinyasa Flow, Hot Vinyasa, Barre, dan Inferno Hot Pilates.

“tiket.com, sebagai OTA yang berkomitmen untuk menjadi yang pertama dalam mendukung pemulihan pariwisata nasional, memiliki beraneka ragam opsi wisata mindful bagi masyarakat yang sudah suntuk dengan komitmen pekerjaan, tenggat waktu, dan rapat maraton yang tidak berkesudahan. Liburan sejenak dapat membantu meredakan rasa stres dan menumbuhkan kembali semangat berkarir”, tutup Danny

Tags: ,


COMMENTS