September 12, 2021

Perluas Jaringan Blibli for Business, Blibli Gunakan Solusi SAP Commerce Cloud

Penulis: Desmal Andi
Perluas Jaringan Blibli for Business, Blibli Gunakan Solusi SAP Commerce Cloud  

Mobitekno – Selain untuk memenuhi kebutuhan konsumen secara langsung, Blibli juga memiliki layanan business-to-business (B2B) melalui platform pengadaan daring yang baru diluncurkan, yakni Blibli for Business. Layanan ini semakin melengkapi ekosistem bisnis Blibli yang sudah ada sebelumnya, seperti business-to-consumer (B2C), business-to-business-to-consumer (B2B2C), dan business -to-government (B2G). Dengan dimikian Blibli memposisikan dirinya sebagai one stop solution kebutuhan pengadaan barang, atau procurement. Agar bisnis ini berjalan lancar, Blibli pun menggandeng SAP untuk solusi SAP Commerce Cloud, yang memungkinkan Blibli menjadi penyedia solusi B2B terdepat di Indonesia.

“Pandemi membuat organisasi lintas industri semakin sadar akan pentingnya integrasi teknologi digital di rantai pasokan untuk menjaga kelancaran pengadaan barang dan jasa. Melihat hal ini, kami merancang platform Blibli for Business sebagai one-stop solution berbasis teknologi inovatif yang membuat proses pengadaan semakin mudah, efisien, dan transparan. Blibli for Business kian diperkuat oleh ekosistem e-commerce Blibli, termasuk jaringan warehouse yang memperlancar pergerakan barang ke seluruh Indonesia,” kata Kusumo Martanto, CEO dan Co-Founder Blibli.

Selain kemudahan, Blibli B2B juga menghadirkan keamanan sebagai faktor krusial dalam menjaga kepercayaan para mitra usaha. Blibli menjadi e-commerce pertama di Indonesia yang mendapatkan sertifikasi ISO/IEC 27001:2013 karena telah menerapkan sistem, termasuk arsitektur IT dan application programming interface (API), untuk menjaga keamanan data semua pihak. Blibli juga menjadi e-commerce pertama di Indonesia yang mendapatkan sertifikasi untuk Computer Security Incident Response Team (CSIRT) karena telah menunjukkan kematangan  dalam menjalankan proses keamanan informasi.

“Dengan kemudahan yang ditawarkan oleh solusi SAP Commerce Cloud seperti; front office yang terintegrasi dengan back office, dengan arsitektur yang mendukung untuk headless commerce, micro services extension, dilengkapi dengan Disaster Recovery, monitoring tools dan autoscaling tanpa tambahan biaya, dan juga layanan platform upgrade yang sudah termasuk di dalamnya, diharapkan SAP dapat terus membantu Blibli untuk terus berinovasi sebagai sebuah intelligent enterprise dengan teknologi cloud terdepan,” kata Andreas Diantoro, Managing Director SAP Indonesia.

Blibli for Business

Solusi SAP Commerce Cloud membantu perusahaan dalam mempermudah seluruh proses jual beli online, baik untuk pelanggan perorangan ataupun korporat, di mana pelanggan dapat mempunyai pengalaman yang sama pada saat bertransaksi online maupun offline. Salah satunya adalah lengkapnya informasi atas suatu produk di e-commerce / online channel,

Untuk para klien, Blibli B2B menyediakan seleksi barang dan jasa yang lengkap dan luas. Mengingat bahwa banyak organisasi sedang menjalankan transformasi digital, Blibli B2B menyediakan produk Information Technology (IT) termasuk perangkat keras dan lunak komputer seperti laptop dan Operating System (OS), selain yang diperlukan untuk infrastruktur IT seperti server. Blibli B2B juga menyediakan produk Maintenance, Repair & Operation (MRO) untuk operasional perusahaan seperti bahan konstruksi, alat keamanan, alat berat, dan kendaraan. Berbagai produk yang disediakan Blibli B2B dapat dilihat melalui platform Blibli for Business di Business.Blibli.com.

Tags: , , , ,


COMMENTS