January 12, 2021

Hyundai Rajut Kemitraan dengan Apple Kembangkan Mobil Listrik Tanpa Sopir

Penulis: Rizki R
Hyundai Rajut Kemitraan dengan Apple Kembangkan Mobil Listrik Tanpa Sopir  

Mobitekno – Hyundai Motor dan Apple Inc berencana untuk menandatangani kesepakatan kemitraan pengembangan mobil otonom bertenaga listrik pada Maret tahun ini dan mulai produksi sekitar 2024 di Amerika Serikat, surat kabar lokal Korea IT News melaporkan pada Ahad, (10/1).

Laporan tersebut, seperti dikutip dari Reuters, Senin (11/1), menyusul pernyataan pada hari Jumat (8/1), dari Hyundai Motor bahwa pihaknya sedang dalam pembicaraan awal dengan Apple yang disebut sejumlah media lokal untuk meluncurkan mobil tanpa sopir bertenaga listrik pada tahun 2027. Pertemuan ini membuat saham Hyundai naik hampir 20 persen.

Hyundai Motor menolak mengomentari laporan dan menegaskan kembali komentar mereka bahwa perusahaan telah menerima permintaan kerja sama potensial dari berbagai perusahaan dalam mengembangkan mobil listrik otonom. Apple belum memberikan komentar.

Versi terbaru dari laporan berita TI menghapus rincian, termasuk lokasi dan kapasitas produksi serta jangka waktu penandatanganan perjanjian dan peluncuran kendaraan.

Versi sebelumnya mengatakan perusahaan berencana untuk membangun mobil di pabrik Kia Motors di Georgia, atau berinvestasi bersama di pabrik baru di Amerika Serikat untuk memproduksi 100.000 kendaraan sekitar tahun 2024. Kapasitas tahunan penuh dari pabrik yang diusulkan adalah 400.000 kendaraan. Kia Motors adalah afiliasi dari Hyundai Motor.

Laporan itu juga mengatakan Hyundai dan Apple berencana untuk merilis “versi beta” dari mobil Apple tahun depan.

Reuters melaporkan bulan lalu bahwa Apple bergerak maju dengan teknologi mobil otonom dan bertujuan untuk menghasilkan kendaraan penumpang yang dapat mencakup teknologi baterai terobosannya sendiri pada awal 2024.

Saham Hyundai Motor naik 14,6 persen dalam perdagangan pagi hari Senin, sementara afiliasi pembuat suku cadang mobil Hyundai Mobis sahamnya naik 12,7 persen dan saham Kia Motors naik 9,1 persen versus kenaikan 2 persen di pasar yang lebih luas.

Tags: , ,


COMMENTS