October 11, 2021

 Cloudera Beri Perhatian Terhadap Pendidikan Data dan AI untuk Anak Usia 8-12 Tahun

Penulis: Desmal Andi
 Cloudera Beri Perhatian Terhadap Pendidikan Data dan AI untuk Anak Usia 8-12 Tahun  

Mobitekno – Bentuk perhatian Cloudera ini dituangkan dalam bentuk buku anak-anak dengan tema “A Fresh Squeeze on Data”. Buku ini dapat di-download oleh siapapun dan berisi mengenai cara-cara sederhana memecahkan masalah dengan data. Bahasan dalam buku ini dibuat dengan kata-kata yang mudah dinengerti anak-anak. Buku ini juga hasil kerjasama Cloudera dengan perusahaan di bidang pendidikan ReadyAI. Hadirnya buku ini juga bertujuan agar data dan AI menjadi lebih menarik dan dapat dijangkau anak usia 8-12 tahiun.

“Di Cloudera, kami menyadari pentingnya memahami asal-muasal data dan cara data itu dapat digunakan untuk membuat prediksi dan keputusan yang baik,” ujar Scott Aronson, chief operating officer di Cloudera. “Data dapat membantu kita menemukan solusi terbaik bagi orang-orang, sumber daya alam kita, dan komunitas kita. Kemungkinannya tidak terbatas – seperti halnya untuk anak-anak.”

Fresh squeeze on data cover
Fresh squeeze on data cover

A Fresh Squeeze on Data bisa didapat di situr Amazon. Di dalamnya menjelaskan konsep data yang kompleks dengan cara sederhana. Hal ini termasuk pelatihan model Machine Learning. Buku yang ditulis tim pengajar ReadyAI, yang spesialisasi mereka adalah memebrikan pendekatan inklusif bagi para siswa SD hingga SMA.

“Bagi sebagian besar anak, AI akan segera menjadi rekan kerja, pengemudi, petugas layanan pelanggan, ahli radiologi, atau singkatnya – bagian alami dari kehidupan mereka. Anak-anak kita memiliki hak untuk mendapat pendidikan AI sehingga mereka dapat berkembang secara intelektual, emosional, dan moral bersama AI,” kata CEO ReadyAI Rooz Aliabadi. “Kami bangga dapat bermitra dengan Cloudera, yang juga mengakui misi ini, untuk menerbitkan buku ‘A Fresh Squeeze on Data’ yang mendorong anak-anak bertransformasi dari penonton pasif disrupsi teknologi menjadi peserta aktif dalam perubahan positif di komunitas setempat dan dunia mereka.”

Untuk mengunduh “A Fresh Squeeze on Data” kunjungi Amazon atau website buku tersebut. Untuk tambahan lain serta riset tentang data, AI, dan ML, kunjungi Cloudera Fast Forward Labs

Tags: , ,


COMMENTS