January 11, 2021

Review Galaxy M51, Tidak Hanya Mengandalkan Kapasitas Baterai Besar, Performa Juga Mumpuni

Penulis: Desmal Andi
Review Galaxy M51, Tidak Hanya Mengandalkan Kapasitas Baterai Besar, Performa Juga Mumpuni  

Mobitekno – Samsung Galaxy M51 sudah diperkenalkan sejak kuartal keempat tahun 2020. Namun, smartphone ini tetap menarik untuk dimiliki, terlebih kapasitas baterainya yang sangat besaar. Ya, Samsung M-Series memang dirancang untuk pengguna yang mementingkan baterai besar. Oleh sebab itu, Samsung Galaxy M51 hadir dengan baterai #XtremePower 7.000 mAh.

Namun, setelah merasakan beberapa hari dengan samartphone ini, tidak hanya baterai yang menjadi keunggulannya. Samsung juga menyematkan banyak fitur dalam Galaxy M51. Bahkan, sebagian fitur yang sebelumnya ada di tipe-tipe atas Galaxy A-Series maupun S-Series, terdapat juga di Galaxy M Series ini. Salah satunya untuk mode kamera Single Take. Fitur ini bisa menghasilkan beberapa jepretan kamera dan video dalam sekali tekan tombol shutter saja.

Menariknya, Samsung Galaxy M51 ditenagai juga oleh prosesor mumpuni dari Snapdragon yang mendukung gaming. Ditambah memori yang lega, pantas jika smartphone ini dijadikan sebagai smartphone yang bisa memanjakan gamers, tanpa takut baterai habis di tengah permainan. Lalu, itu saja kemampuannya? Tentu saja tidak. Masih ada berbagai fitur menarik dalam Samsung Galaxy M51 ini. Simak ulasan Mobitekno berikut ini.

 

Kelengkapan

Sama seperti smartphone Samsung kelas menengah lainnya, Samsung Galaxy A51 hadir dalam kemasan dengan kardus berwarna putih. Tidak ada informasi apapun mengenai spesifikasi smartphone di luar kemasannya. Spesifikasi baru bisa diketahui setelah Anda menyalakan smartphone

Untuk lebih jelasnya, berikut item-item yang didapatkan dalam paket penjualannya:

  1. Satu unit smartphone Samsung Galaxy M51 berwarna putih
  2. Kabel USB type C
  3. Adapter AC to DC yang mendukung fast charging 25W
  4. SIM Card ejector
  5. Buku panduan dan kartu garansi

 

Desain

Sebagai smartphone untuk Sobat Anti Lowbat, tentu saja yang menjadi perhatian utama adalah durasi penggunaan dalam sekali pengisian daya. Namun begitu kenyamanan tetap dipertahankan Samsung untuk memuaskan konsumennya.

Mari kita perhatikan tiap sisi dari Galaxy M51 ini. Pertama-tama kita lihat di bagian layar yang berukuran 6,7 inci ini dibalut Corning Gorilla Glass 3. Walaupun M-Series, namun smartphone ini sudah menggunakan jenis layar AMOLED Plus. Ini membuat tampilannya begitu jernih, baik di kondisi terpapar matahari. Layar ini memiliki resolusi 1.080 x 2.400 piksel dengan screen to body ratio sebesar 86,7%. Kamera depan 12MP yang dapat menjadi teman setia penggunanya untuk melakukan banyak foto selfie terdapat di bagian atas. Sementara desain layarnya menggunakan Infinity-O Display.

Beralih ke bagian belakang. Bodi belakang smartphone ini terbuat dari bahan plastik yang didesain mulus dengan warna putih glossy. Terlihat mengkilap di kilauan sinar matahari. Namun, permukaan glossy ini membuat sidik jari mudah menempel. Jadi, Anda harus sering-sering membersihkannya agar bodi belakang tetap terlihat menarik. Anda juga bisa menambahkan case dengan desain yang menarik.

Di sisi kiri atas terdapat empat kamera yang disusun persegi agar terlihat menarik. Empat kamera ini terdiri dari kamera utama 64MP, kamera Ultra Wide 12MP, makro 5MP, dan bokeh 5MP. Oya untuk kamera depan, Samsung menyematkan kamera berkemampuan 32MP. Logo Samsung terletak di bagian bawah.

Untuk sisi kiri dan kanan hampir tidak ada berdanya dengan M Series lainnya. Sisi kiri terdapat slot untuk memasukkan Micro SIM Card. Tidak ada fitur lain di bodi kiri smartphomne. Berbeda di bagian kanan. Di sini memang terdapat dua tombol, untuk volume dan power. Namun yang menarik, tombol power berfungsi sebagai pemindai sidik jari. Samsung memang meletakkan sensor sidik jari ini di bagian samping. Model sensor sidik jari ini menurut Mobitekno justru nyaman digunakan. Hanya saja, ada baiknya menggunakan sidik jari bagian jempol. Dengan demikian, smartphone bisa dipegang dengan satu tangan, walaupun melakukan pemindaian sidik jari.

Di bagian atas tidak terdapat apa-apa, selain lubang kecil untuk mikrofon. Akan tetapi di bagian bawah, terdapat port USB C untuk melakukan pengisian daya atau proses transfer file dengan kabel Type C. Poert Type C ini diapit oleh lubang jack audio 3,5 mm dan lubang speaker yang mendukung Dolby Atmos.

 

Fitur dan Performa

Untuk kemudahan pengoperasian, Samsung menggunakan sistem operasi yang semakin disempurnakan dari sebelumnya, yaitu OneUI 2.5. Sistem operasi yang dikembangkan Samsung sendiri ini berbasia Android 10. Android 10 sendiri sudah membawa berbagai fitur yang dapat memudahkan pengguna, seperti manajamen storage yang lebih baik, manajemen penggunaan aplikasi, hingga pengaturan untuk proteksi anak-anak yang lebih baik.

OneUI 2.5 ini juga membawa beberapa aplikasi pre-installed yang cukup menarik. Salah satunya adalah Samsung Notes yang kini hadir lebih mudah digunakan. Sistem operasi ini juga memiliki fitur Always on Display yang membuat tampilan jam akan terus menyala saat layar smartphone mati.

Fitur unggulan tentunya pada baterai sebesar 7.000 mAh. Menurut Samsung, kapasitas baterai sebesar ini mampu melahap serial TV favorit selama 34 jam nonstop. Bahkan, saat digunakan mendengarkan musik, bisa bertahan hingga 182 jam. Sementara untuk durasi mengobrol di fitur telpon bisa mencapai 64 jam tanpa perlu mencari-cari colokan.

Baterai sebesar itu juga mendukung proses pengisian super cepat 25W. Dukungan fast charging ini membuat baterai smartphone bisa terisi 50% hanya dalam wakti 30 menit. Dan, untuk kapasitas penuh 100% bisa didapat dalam waktu 1 jam 55 menit.

Kapasitas baterai yang besar ini juga masih bisa diatur penggunaannya sesuai keinginan pengguna. Adanya Power Mode di bagian Settings, membuat pengguna bisa memilih salah satu mode baterai yang ingin digunakan, dari tiga pilihan yang ada. Pilihan tersebut adalah Optimized, Medium Power Saving, dan Maximize Power Saving. Satu fitur menarik dalam penggunaan baterai ini adalah Adaptive Power Saving. membuat baterai 7.000 mAh bertahan lebih lama lagi. Saat fitur ini diaktifkan, smartphone akan berusaha memilih mode penghematan daya berdasarkan pola penggunaan secara otomatis.

Karena baterai yang besar, Samsung juga menyematkan fitur Power Share. Dengan dukungan kabel USB Type C, Galaxy M51 bisa menjadi sumber daya bagi perangkat lainnya. Smartphone bisa menjadi seperti Power Bank yang dibawa-bawa kemanapun penggunanya pergi.

Manajemen baterai dan fitur keamanan

Sekarang beralih ke kamera. Samsung galaxy M51 dibekali dengan 4 kamera mumpuni yang dapat menghasilkan foto-foto yang jernih. Kamera utamanya berkemampuan 64MP Wide. Tiga kamera lainnya adalah 12MP Ultra Wide, 5MP makro, dan 5MP Depth (bokeh). Sementara kamera selfie berkemampuan 32MP. Menariknya, mode-mode kamera disediakan cukup lengkap, seperti pada smartphone flagship. Salah satunya adalah mode Single Take. Dari mode ini, Anda bisa mendapatkan banyak foto, mulai dari foto standar, hitam putih, video pendek, hingga video boomerang. Foto terbaik pun akan direkomendasikan untuk Anda agar bisa di share ke media sosial. Mode lainnya tidak kalah menarik, seperti makro, slow motion, super slow-mo, panorema, food, night, dan Pro. Di mode pro Anda dibebaskan untuk mengatur beberapa setting sendiri, seperti untuk bukaan shutter,, Auto fokus, white balance, dan ISO.

Karena memiliki baterai berkapasitas besar, tentunya smartphone ini juga nyaman sebagai teman menonton hiburan. Tayangan dari Netflix, Youtube, hingga mendengarkan spotify, menjadi lebih nyaman karena durasi pemutaran yang bisa lebih lama. Bahkan, jika Anda memiliki headphone favorit, Anda bisa memanfaatkan fitur Dolby Atmos di dalamnya. Suaranya pun menjadi lebih menggelegar.

Dari sisi prosesor, Samsung Galaxy M51 menggunakan Qualcomm Snapdragon 730G. prosesor ini dibuat dengan fabrikasi 8nm yang tentunya hemat daya. Snapdragon 730G juga didesain bisa menunjang kinerja game dengan lebih baik. Ditemani GPU dari Adreno 618, serta memori 8GB RAM, tentu saja menyaksikan tayangan hiburan menjadi sangat lancar. Bahkan, untuk game pun bisa dijalankan tanpa lag. Mobitekno sempat memainkan Mobile Legend, Free Fire, dan beberapa game lainnya. Menjadi lebih nikmat bermain game karenadaya tahan baterai yang lama.

Salah satu hal menarik adalah keberadaan pemindai sidik jari di sisi kanan, berada satu tombol dengan fungsi power. Ini menjadi lebih nyaman. Sensitivitasnya juga lebih baik dibandingkan dengan di atas atau di dalam layar, yang terkadang bisa terhambat ketika kita memasangkan tempered glass atau screen protector.

Satu fitur lagi yang kami anggap menarik adalah keberadaan NFC. Ya, M Series ini mendukung sistem pembayaran digital melalui NFC. Anda yang memiliki kartu emoney, tentunya akan dimudahkan dengan fitur ini. Mulai isi saldo, membaca saldo, hingga melakukan pembayaran dengan sistem tap, bisa dilakukan dengan lebih mudah. Anda pun sudah mendukung gerakan pembayaran non tunai yang dikampanyekan pemerintah.

Berikut ini hasil pengujian aplikasi benchmark yang dilakukan pada Samsung Galaxy M51:

Ini hasil foto-foto yang dilakukan dari kamera Samsung Galaxy M51

 

Spesifikasi

Smartphone Samsung Galaxy M51 tidak hanya unggul dalam hal daya tahan baterai. Performa dalam menikmati hiburan, bermain game, mendengarkan musik, hingga untuk menemani aktivitas harian, sangat bisa diandalkan. Anda pun tidak akan banyak mengeluh mengenai performa yang disuguhkannya. Hal ini tentunya tidak terlepas dari spesifikasi hardware yang disematkan di dalamnya. Berikut ini spesifikasi lengkap dari Samsung Galaxy M51.

Kesimpulan

Samsung Galaxy M51 cocok untuk Anda yang malas membawa-bawa power bank agar smartphone bisa bertahan lebih lama dalam menemani aktivitas harian. Dengan Samsung Galaxy M51, Anda pun dibebaskan mencari colokan listrik saat bekerja di café, kantor, atau outdoor, karena daya tahan baterai 7.000mAh yang dimilikinya. Bahkan, dengan baterai sebesar itu, Anda bisa menyumbangkan daya baterai ke perangkat lainnya melalui fitur Power Share.

Untuk hibiuran dan game pun, Galaxy M51 ini sangat menyenangkan. Permainan bisa dinikmati dengan lebih lama dan tanpa lag. Performa prosesor Snapdragon 730G cukup membantu dalam hal ini. Prosesor yang dibuat dengan fabrikasi 8nm ini tentunya lebih hemat daya. Dengan demikian, ditemani kapasitas baterai yang 7.000mAh, membuat durasi penggunaan smartphone bisa bertahan lebih lama.

Hadir sebagai M Series memang membuatnya tampil tidak semewah Galaxy A Series atau S Series. Bodi belakangnya memang terlihat menawan dengan permukaan glossy-nya. Namun, material plastik yang digunakan, membuat smartphone terlihat tidak terlalu mewah, apalagi saat dipegang denga tangan, terasa bodi belakangnya tidak terlihat kokoh. Anda bisa menambahkan case tambahan yang banyak dijual di toko aksesori smartphone untuk menutupi hal ini. Smartphone pun bisa tampil lebih cantik lagi.

Tags: , , , ,


COMMENTS