November 9, 2021

Prolink DS-3601 Smart Bulb, Lampu Pintar yang Bikin Rumah Menjadi Lebih Aman dan Nyaman

Penulis: Desmal Andi
Prolink DS-3601 Smart Bulb, Lampu Pintar yang Bikin Rumah Menjadi Lebih Aman dan Nyaman  

Mobitekno – Semakin berkembangnya teknologi mobile dan jaringan, membuat banyak perangkat elektronik kini dapat dihubungkan dengan internet. Mulai dari kamera pengawas, colokan listrik, hingga lampu ruangan, saat ini bisa dikoneksikan dengan jaringan internet di dalam rumah. Konsep smart home pun menjadi populer belakangan ini. Apalagi perangkat-perangkat pintar ini kini bisa didaptkan dengan harga lebih terjangkau. Tidak seperti beberapa tahun lalu, dimana harganya masih begitu mahal.

Salah satu perangkat yang kini banyak digunakan masyarakat untuk membuat konsep smart home adalah lampu pintar, atau dikenal dengan smart bulb. Lampu dengan jenis LED ini memiliki banyak kelebihan di dalamnya. Selain bisa dikoneksikan dengan jaringan internet di rumah, sehingga bisa dikontrol dari jarak jauh, lampu ini juga memiliki banyak warna yang bisa diatur.

Salah satu pemain yang turut meramaikan pasar smart bulb di Indonesia adalah Prolink. Melalui produk Prolink DS-3601 Smart Bulb, Prolink menawarkan kemudahan bagi masyarakat Indonesia dalam membuat sebuah rumah pintar. Lampu berjenis LED 9W RGBWW ini dapat dikontrol penuh dalam genggaman melalui perangkat smartphone. Namun, syaratnya harus selalu terkoneksi dengan jaringan internet. Mobitekno sempat menguji smart bulb ini. Hasilnya bisa dibaca pada ulasan berikut ini.

Kelengkapan

Seperti kemasan lampu LED pada umumnya, Prolink DS-3601 Smart Bulb ini juga memiliki kemasan yang kompak. Di dalamnya terdapat:

  1. Lampu Prolink DS-3601 Smart Bulb 9W RGBWW berwarna putih
  2. Buku panduan singkat.
Kelengkapan dalam kemasan penjualan

Desain dan performa

Saat dibuka, lampu keluaran Prolink ini memiliki desain yang sama pada jenis lampu LED pada umumnya. Dengan bagian kaca berwarna putih dan memiliki soket standar rumah, yaitu soket E27. Lampu ini juga memiliki input power sebesar 220 -240V 50/60Hz dengan daya 9 watt. Cukup hemat penggunaan listrik dalam sebuah ruangan di rumah. Bobotnya lebih berat dibandingkan lampu LED konvensional. Hal ini karena Prolink DS-3601 Smart Bulb memiliki rangkaian elektronik di dalamnya.

Jika di pasang pada soket lampu di rumah tanpa dukungan jaringan internet, lampu akan beroperasi seperti lampu LED biasa dengan memancarkan cahaya putih. Namun, seperti namanya, Smart Bulb, sudah menjadi keharusan bahwa penggunaan lampu sebisa mungkin dikoneksikan dengan jaringan internet di rumah.

Kemampuan lampu ini adalah memiliki 16 juta warna di dalamnya. Jadi, Anda bisa memilih jenis warna menyesuaikan keinginan dan mood. Tingkat kecerahan cahaya yang dipancarkan lampu juga bisa dibuat soft (white soft) dengan setting 2700K atau dalam keadaan terang (Bright white) dengan setting 6500K.

Prolink DS-3601 Smart Bulb menyediakan 16 juta warna

Proses instalasi lampu ini dan menyambungkan dengan jaringan internet di rumah sangat mudah. Prolink DS-3601 Smart Bulb ini tidak memerkukan Hub. Jadi, cukup aplikasi mEzee dan jaringan internet saja. Dua hal tadi sudah bisa membuat lampu bekerja.

Pasang lampu pada soketnya. Kemudian lihat, apakah lampu akan berkedip-kedip? Jika ya, selanjutnya, Anda bisa menghubungkan dengan jaringan internet. Namun jika tidak berkedip, lakukan reset lampu tersebut. Caranya, cukup lakukan proses nyalakan lampu, kemudian matikan lagi. Lakukan sebanyak tiga kali secara bersambung. Jika lampu sudah berkedip, Anda bisa membuka aplikasi Prolink mEzee. Sebelumnya, install aplikasi ini di perangkat smartphone. Lalu login ke dalamnya. Jika pertama kali, buat akun Prolink untuk aplikasi tersebut.

Tetap menggunakan soket E27 seperti lampu-lampu biasa

Jika proses tadi dilakukan secara benar, maka di aplikai Prolink mEzee akan muncuk notifikasi jenis lampu. Anda tinggal pilih “Add”. Biarkan proses setting berjalan secara otomatis. Jika sudah mencapai 100%, lampu siap digunakan dan dikontrol dari smartphone. Pengaturan bisa dilakukan dari jarak jauh, bahkan saat Anda sedang liburan sekalipun yang berbeda kota dengan rumah Anda.

Melalui aplikasi Prolink mEzee, Anda bisa melakukan banyak hal terhadap lampu pintar ini. Dari tampilan Home-nya, Anda bisa mengatur cahaya, jenis warna, hingga tingkat kecerahan sinar lampu. Atur sesuai keinginan.

Hanya dengan aplikasi mEzee dan koneksi internet yang stabil, lampu bisa dikontrol penuh dengan fleksibel

Di dalam aplikasi ini juga terdapat beberapa fitur menarik yang patut Anda coba. Salah satunya adalah Scene. Ya, Prolink DS-3601 memiliki banyak scene di dalamnya. Anda bisa memilih sesuai keinginan.

Selain itu, ada juga fitur Music. Di sini, cahaya lampu akan mengikuti irama musik yang sedang Anda putar. Warna lampu bisa silih berganti, dari satu warna ke warna yang lainnya. Defaultnya, ada tiga pilihan mode Music ini, yaitu Rhytm, Game, dan Romantic.

Fungsi yang lebih dalam bisa Anda dapatkan jika Anda men-tap “More”. Di sini ada empat fungsi utama yang bisa Anda coba, yaitu Schedule, Timer, Do Not Disturb, dan Default Light. Untuk Schedule, proses nyala dan matinya lampu bisa menyesuaikan waktu yang Anda tetapkan. Jalankan fungsi schedule ini untuk mengoperasikan lampu secara otomatis. Anda bisa memasukkan setting On dan Off lampu.

Beberapa fungsi yang bisa dilakukan di aplikasi Prolink mEzee, mulai dari penjadwalan hingga Automation

Fungsi lainnya adalah “Smart”. Ini adalah fungsi otomatis yang bisa Anda terapkan pada lampu tersebut. Ada dua tab di dalamnya yang bisa Anda pilih, yaitu Automation dan Tap to Run. Automation seperti pada fungsi schedule, dimana lampu bisa diatur untuk menyala dan mati sesuai dengan waktu yang ditentukan. Untuk membuat smart profile, cukup tap tanda plus (+) di pojok kanan atas. Selanjutnya, Anda akan diantar ke menu untuk melakukan beberapa setting. Menariknya, proses Automation inibisa diatur berdasarkan schedule (jadwal), deteksi cuaca dimana lampu akan menyala jika temperatur suhu di sekitar ada di bawah 27 derajat. Deteksi ini berdasarkan informasi cuaca yang ada di smartphone.

Proses pembuatan automation untuk Prolink DS-3601 Smart Bulb

Melalui aplikasi Prolink mEzee, jika Anda memiliki banyak lampu Prolink Smart Bulb di rumah, Anda bisa mengatur semuanya dengan lebih nyaman. Bahkan melalui fitur Tap to Run, semua perangkat pintar yang terkoneksi ke aplikasi bisa dimatikan atau dihidupkan hanya dengan sekali sentuh saja. Cukup mudah dan cepat.

Bahkan, aplikasi Prolink mEzee menyediakan fitur keamanan yang cukup lengkap. Hal ini termasuk pengalihan akses kontrol kepada user lain yang Anda pilih. Jadi, saat perangkat smartphone yang Anda pegang sedang tidak memiliki koneksi internet sehingga tidak bisa mengontrol lampu, user lain yang sudah Anda berikan akses bisa melakukan kontrol tersebut. Dengan demikian, fungsi kontrol tetap berjalan.

fungsi sharing device yang memberikan hak akses untuk kepada user lain untuk mengontrol lampu

Tidak hanya melalui aplikasi mEzee, Prolink DS-3601 Smart Bulb ini juga bisa diakses melalui Google Assistant maupun Alexa. Bahkan, melalui kedua aplikasi ini, Anda bisa menerepkan voice command untuk beberapa fungsi lampu. Jadi, bisa saja Anda mengatakan “Hi Google, Nyalakan Lampu”, maka lampu otomatis akan menyala. Proses integrasi Smart Bulb ini ke Google Assistant atau Alexa juga sangat mudah dan cepat. Semua tinggal mengikuti wizard yang disediakan.

Melalui Google Assistant dari Google Home, kontrol bisa melalui perintah suara (voice command)

Spesifikasi

Prolink DS-3601 Smart Bulb LED 9W

Input voltage/freq (V/Hz) AC220-240V 50Hz
Input power (W) 9W +/- 10%
Input current (A) 0,1A max
Lumen 900LM
Color Temperature 2700K – 6500K
Coverage Angle 160 derajat
Color 16 juta warna
Lifetime 25000 jam

Kesimpulan

Dengan Prolink DS-3601 Smart LED Bulb, Anda bisa lebih nyaman dalam mengatur penerangan di rumah. Tidak hanya menawarkan kemudahan, tetapi juga fleksibilitas yang luas. Penggunaan jenis lampu LED juga membuat daya listrik lebih efisien.

Pengoperasian lampu ini juga begitu mudah. Yang dibutuhkan hanya koneksi jaringan internet yang stabil dan aplikasi mobile Prolink mEzee. Selanjutnya, tinggal ikuti perintah yang ada di aplikasi.

Rasa aman tentu saja juga menjadi keunggulan Smart Bulb. Mengapa? Anda bisa melakukan aotomatisasi operasional lampu. Bahkan, hal ini juga akan membuat hati merasa lebih nyaman, terutama saat rumah ditinggal pergi untuk beberapa waktu yang lama. Waktu menyala lampu bisa dikondisikan dengan sebuah profil. Jadi, seolah-olah seperti ada orang yang sedang menunggu rumah Anda. Hal ini bisa mengurangi ancaman kejahatan.

Tags: , , ,


COMMENTS