September 8, 2021

Ini Dia, Delapan Tips Jitu Agar Belajar Online di Rumah Selama Pandemi Jadi Lebih Menyenangkan

Penulis: Desmal Andi
Ini Dia, Delapan Tips Jitu Agar Belajar Online di Rumah Selama Pandemi Jadi Lebih Menyenangkan  

Mobitekno – Dunia pendidikan di Indonesia hingga saat ini masih menerapkan sistem pembelajaran online untuk semua level sekolah, mulai dari Taman kanak-kanak hingga Perguruan Tinggi. Sistem yangjuga dikenal Pembelajaran jarak Jauh (PJJ) ini sudah diterapkan sejak pertengahan 2020, dimana awa pandemi Covid-19 berlangsung. Pemerintah memutuskan agar proses belajar mengajar dilakukan dari rumah demi keamanan dan kesehatan bersama.

Mendikbud sempat menyatakan kegiatan belajar mengajar tatap muka akan diberlakukan kembali. Namun hal itu terpaksa diurungkan karena pandemi Covid-19 masih belum berakhir. Hal ini menyebabkan pemerintah mengambil langkah memberlakukan PPKM darurat, dan siswa harus kembali belajar di rumah secara online.

Proses belajar mengajar di rumah saja tentunya tidak mudah bagi kebanyakan orang. Belajar di rumah bisa membuat Anda sebagai siswa, merasa malas atau kurang bisa berkonsentrasi. Berikut adalah delapan tips yang dapat membantu Anda agar proses belajar online di rumah tetap efektif:

1. Buat Tempat Belajar yang Nyaman

Di rumah saja dan tidak dapat bersosialisasi atau berdiskusi dengan teman & guru bisa membuat anda cepat bosan. Untuk dapat berkonsentrasi dan belajar dengan nyaman, anda perlu menyiapkan spot belajar yang nyaman. Spot belajar yang nyaman tidak hanya bisa anda buat di kamar saja. Anda bisa mencoba belajar di ruang keluarga atau teras rumah agar dapat sesekali melihat pemandangan lain selain gadget atau buku pelajaran anda. Selain itu, siapkan juga cemilan dan minuman yang bisa anda konsumsi saat istirahat belajar. Jangan biarkan perut anda kosong agar dapat tetap berkonsentrasi selama pelajaran berlangsung. Pastikan disekitar anda ada pencahayaan yang mendukung dan juga saklar atau stop kontak untuk mengisi daya gadget yang anda gunakan selama belajar online.

2. Siapkan Gadget yang Mendukung

Dari namanya saja sudah bisa dijelaskan bahwa belajar secara online akan membutuhkan ponsel pintar & koneksi internet. Pastikan anda memiliki smartphone yang dapat mendukung proses belajar anda dengan baik. Ponsel pintar yang anda gunakan tentunya harus memiliki kualitas kamera yang baik, layar yang cukup besar dan ketahanan baterai yang kuat. Jika anda masih bingung menentukan smartphone apa yang cocok untuk anda gunakan, HP Xiaomi bisa anda jadikan pilihan.

Xiaomi memiliki banyak pilihan smartphone menarik dengan kualitas bagus & harga yang terjangkau. Anda sudah bisa mempunyai ponsel pintar dengan kualitas kamera & layar yang bagus dan memiliki ketahanan baterai yang kuat, hanya dengan harga 1-2 juta rupiah. Anda bisa membeli smartphone Xiaomi di website BliBli dengan kualitas & garansi yang sudah terjamin original!

Xiaomi Redmi Note 9, salah satu smartphone yang bisa dukung pembelajaran online dengan nyaman dan harga terjangkau

3. Buat Jadwal Belajar

Agar waktu yang anda gunakan selama belajar efektif, sangat penting untuk menyiapkan jadwal belajar. Anda akan mendapatkan gambaran lebih jelas mengenai waktu yang akan anda gunakan selama belajar & mengerjakan tugas-tugas yang ada. Jadwal belajar juga dapat membantu anda menyusun setiap waktu yang ingin anda gunakan selama satu hari. Pastikan anda menjadwalkan & menggunakan waktu anda sebaik-baiknya. Jangan lupa juga untuk mengatur jadwal anda untuk makan dan beristirahat di sela-sela waktu belajar.

Jadwal belajar juga akan membantu anda mengatur jadwal istirahat. Beristirahat sangat penting agar anda dapat mengumpulkan kembali energi yang bisa anda gunakan keesokan harinya untuk belajar.

4. Membuat Catatan

Sebagai seorang pelajar, sangat penting bagi anda mencatat semua materi yang anda pelajari. Selain itu, menulis catatan juga dapat membantu anda untuk lebih berkonsentrasi saat belajar & dapat membantu anda mengingat semua pelajaran yang anda catat. Sebisa mungkin, buatlah catatan yang berwarna agar anda merasa lebih semangat ketika membaca kembali catatan yang anda buat.

Agar selalu dapat dibaca, anda juga bisa menggunakan smartphone anda untuk memindai catatan yang anda tulis. Catatan yang sudah dipindai oleh smartphone anda akan berubah menjadi gambar atau file yang bisa selalu anda baca kapanpun dan dimanapun.

5. Belajar Sambil Mendengarkan Lagu

Bagi sebagian orang, mendengarkan lagu sambil belajar akan meningkatkan semangat bahan konsentrasi mereka. Bahkan sebuah penelitian yang dilakukan oleh University Health News menyatakan bahwa saat anda mendengarkan musik, saraf-saraf di otak anda akan menjadi lebih aktif. Hal ini dapat meningkatkan suasana hati dan juga kemampuan kognitif otak & daya ingat. Pastikan kamu memilih lagu yang kamu sukai untuk menemanimu belajar.

 6. Luangkan Waktu untuk Bersosialisasi

Pastikan anda meluangkan sebagian waktu belajar anda untuk bersosialisasi. Anda dapat bersosialisasi dengan orang rumah atau berbicara dengan teman secara online. Berdiskusi mengenai pelajaran dengan teman kelas juga merupakan bentuk sosialisasi yang bisa anda lakukan. Hal ini sangat penting agar anda tidak mudah bosan atau stres karena terlalu fokus pada pelajaran & gadget anda.

7. Luangkan Waktu untuk Bergerak

Duduk selama berjam-jam melihat layar gadget dapat membuat badan terasa pegal. Rasa pegal juga bisa memberikan dampak lain yang kurang baik pada tubuh. Pastikan kamu sesekali melakukan peregangan ringan agar otot-otot tubuhmu tidak kaku. Dengan melakukan hal ini kamu juga dapat beristirahat dengan lebih baik nantinya dan dapat melakukan belajar online dengan lebih segar keesokan harinya.

8. Refreshing

Anda dapat melakukan refreshing dengan cara mencuci wajah kemudian bergerak ke luar rumah untuk sekedar melihat pemandangan di depan rumah. Akan sangat baik lagi jika pemandangan di depan rumah anda didominasi oleh pepohonan. Hal ini dikarenakan, ketika anda melihat pepohonan berwarna hijau, penglihatan anda akan menjadi lebih segar. Anda juga dapat melakukan refreshing dengan cara melihat update  di media sosial anda atau bermain bersama hewan peliharaan anda.

 

Itulah beberapa tips agar belajar online di rumah menjadi lebih menyenangkan. Selamat mencoba!

 

 

 

 

 

 

 

Tags: , , ,


COMMENTS