January 8, 2021

Jelang CES 2021, Samsung Perkenalkan Neo QLED, Micro LED, dan Lifestyle TV

Penulis: Desmal Andi
Jelang CES 2021, Samsung Perkenalkan Neo QLED, Micro LED, dan Lifestyle TV  

Mobitekno – Perkenalan ketiga inovasi ini dilakukan Samsung melalui sebuah acara “First Look 2021” yang menjadi perkenalan produk mereka menjelang digelarnya Consumer Electronic Show 2021. CES 2021 sendiri akan berlangsung secara online mengingat pandemi Covid-19 belum menunjukkan tanda mereda. Hadirnya Samsung Neo QLED, Samsung Micro LED, dan Lifestyle TV ini sekaligus menunjukkan komitmen Samsung yang selalu berinovasi dalam hal teknologi, terutama untuk hal televisi yang saat ini banyak dibutuhkan konsumen di rumah mereka.

Ketiga inovasi yang diperkenalkan Samsung ini juga mengusung teknologi ramah lingkungan. Hal ini karena Samsung sudah berkomitmen untuk menjalankan “Going Green” untuk operasi bisnis TV sekaligus mendukung pengurangan jejak karbon dan meningkatkan efisiensi energi. Salah satu yang dilakukannya adalah menggunakan kemasan yang berkelanjutan (eco packaging). Kemasan ini akan tampil lebih sederhana, meminimalkan penggunaan teks dan gambar, serta penggunaan tinta berbasis minyak.

Samsung Neo QLED

Televisi ini merupakan produk dengan inovasi teknologi terkini yang dapat mengangkat teknologi QLED ke level berikutnya. NEO QLED pada model 8K (QN900A) dan 4K (QN90A) menggunakan sumber cahaya baru yang mereka namakan Quantum Mini LED. Quantum Mini LED ini dikontrol secara presisi dengan Quantum matrix Technology dan Neo Quantum processor. Ini membuat produk lebih bertenaga dalam menampilkan gambar.

Quantum Mini LED dirancang dengan tinggi hanya 1/40 dari LED konvensional, dan memiliki lapisan-lapisan mikro yang sangat tipis yang berisi lebih banyak LED. Sementara Quantum matrix Technology memungkinkan kontrol yang sangat halus dan presisi dari LED-LED yang padat tersebut sehingga dapat mencegah blooming, memungkinkan pengguna untuk menikmati konten sesuai keinginan pembuatnya.

Samsung NEO QLED 8K 2021 ini memiliki Infinity One Design baru dengan layar nyaris tanpa bezel. Produk ini juga memiliki Slim One Connect Box yang baru, memuat manajemen kabel baru untuk disambungkan ke bagian belakang TV. Dengan demikian, hal ini memudahkan proses instalasi dan menjadikan tampilan lebih estetis.

Untuk audio, Samsung menggunakan suara dinamis Object Tracking Sound Pro yang dapat mengikuti pergerakan objek di layar. Selain itu ada juga SpaceFit Sound yang dapat menganalisi lingkungan fisik di sekitar TV sehingga mengeluarkan suara imersif, disesuaikan dengan keadaan di sekitarnya.

Fitur-fitur menarik pun dimasukkan ke dalam televisi ini, seperti Google Duo untuk video call, PC on TV yang memungkinkan menghubungkan PC ke TV, Super Ultrawide GameView untuk memuaskan gamers, hingga Samsung Health untuk mendukung gaya hidup sehat konsumennya.

Neo QLED

Samsung Micro LED

Samsung juga menghadirkan Micro LED dalam yang tersedia dalam form factor TV tradisional. Ini merupakan janji Samsung untuk kepuasan konsumen setianya. Samsung Micro LED ini mampu menghadirkan pengalaman visual menakjubkan pada layar ultra besar generasi mendatang.

Tersedia dalam ukuran 110 inci, 99 inci, dan ukuran-ukuran lebih kecil pada akhir tahun, rangkaian MICRO LED terbaru menggunakan lampu LED berukuran mikrometer untuk mengeliminasi cahaya latar dan filter warna yang digunakan pada layar konvensional. Menyala sendiri, menghasilkan warna serta kecerahan yang demikian hidup melalui 24 juta LED yang dikontrol secara individual. Dan dengan Monolith Design yang menghadirkan rasio screen-to-body lebih dari 99%, yang dinikmati pengguna hanyalah kualitas gambar yang menakjubkan sepenuhnya.

Micro LED

LifeStyle TV

Samsung turut memperkuat lini Lifestyle TV 2021 dengan desain dan form factor baru yang mencerminkan minat dan selera konsumen yang terus berkembang. Sejak diluncurkan pada 2017, The Frame telah mendefinisikan ulang TV, mengubah layar menjadi karya seni menakjubkan, dengan lebih dari satu juta unit telah terjual.

Versi 2021 dibuat berdasarkan warisan inovasi The Frame sebelumnya, menawarkan pengalaman yang lebih dapat dikustomisasi dalam bentuk lebih ramping. The Frame lebih tipis sekitar setengahnya dibandingkan versi terdahulu, serupa ketebalan bingkai foto tradisional. Opsi bezel baru yang dapat dilepas-pasang hadir dalam lima pilihan warna dan dua style berbeda-Modern dan Beveled-agar cocok dengan estetika ruangan manapun The Frame ditempatkan.

Dengan berlangganan Art Store terbaru dari The Frame, pengguna dapat menikmati lebih dari 1.400 karya yang dikurasi dengan cermat. Teknologi kurasi otomatis berbasis AI baru dari Samsung mampu menganalisis preferensi individual konsumen dengan lebih baik untuk merekomendasikan karya seni dengan lebih tepat.

Dengan pilihan kustomisasi yang hampir tak ada habisnya, portofolio Lifestyle TV Samsung termasuk The Frame, The Serif, The Sero, The Terrace, dan The Premiere, seketika meningkatkan interior rumah manapun.

Solar Cell remote Control

Dalam acara tersebut, Samsung juga memperkenalkan remote TV generasi mendatang. Dengan tidak lagi menggunakan baterai konvensional, Solar Cell Remote Control ini akan beroperasi penuh dengan mengandalkan cahaya indoor dan outdoor.

Inovasi ini akan membantu mencegah timbulnya limbah dari sekitar 99 juta baterai AAA dalam jangka waktu tujuh tahun. Untuk membuat remote ini, Samsung melakukan inovasi pada proses manufaktur dengan memanfaatkan plastik dari botol daur ulang –termasuk didalamnya 24% komponen daur ulang

 

Tags: , , ,


COMMENTS