January 8, 2021

Indosat Ooredoo Sukses Merespons Peningkatan Trafik pada Natal 2020 dan Tahun Baru 2021

Penulis: Iwan RS
Indosat Ooredoo Sukses Merespons Peningkatan Trafik pada Natal 2020 dan Tahun Baru 2021  

Mobitekno – Lalu lintas (trafik) jaringan telekomunikasi Indosat Ooredoo selalu meningkat setiap akhir dan awal tahun. Khusus akhir tahun 2020 dan awal tahun 2021, trafik sudah pasti melonjak mengingat faktor pandemi yang mendorong pemakaian Internet yang kian masif di masyarakat.

Indosat Ooredoo yang sudah menyatakan komitmennya mempertahankan kinerja jaringan selama masa liburan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 belum lama ini melaporkan pertumbuhan trafik data harian tertinggi dengan kenaikan 35% pada 1 Januari 2021 (95% melalui jaringan 4G).

Medhat Elhusseiny, Chief Technology and Information Officer Indosat Ooredoo, melalui siaran pers yang diterima redaksi menyatakan, “Kami bangga dapat memberikan pengalaman digital terbaik kepada pelanggan kami selama Natal dan Malam Tahun Baru, meskipun terjadi lonjakan trafik sebesar 35%.”

“Perluasan jaringan 4G kami, bersama dengan implementasi model operasi digital canggih yang telah kami mulai sejak pertengahan tahun 2020 adalah faktor pendukung lain yang menjamin pengalaman digital terbaik bagi pelanggan kami selama periode liburan ini,” tambahnya

Pada perayaan Natal dan Malam Tahun Baru, perusahaan mencatatkan peningkatan trafik data tertinggi terjadi pada hari-H masing-masing sebesar 25 persen (Natal) dan 35 persen (Tahun Baru) dibandingkan trafik hari normal.

Peningkatan trafik data yang cukup signifikan terlihat di beberapa kota besar di Jawa seperti Bodetabek, Tasikmalaya, Sukabumi, dan Kediri. Facebook, Instagram, Line, WhatsApp, dan Youtube masih menjadi aplikasi yang paling banyak digunakan.

Indosat Ooredoo Network Operation Center (i-NOC) dan Service Operation Center (SOC) memastikan semua pelanggan Indosat Ooredoo dapat menikmati layanan digital terbaik selama liburan. Hal ini didukung oleh pemantauan jaringan yang intensif melalui AI (Artificial Inteligence) atau ML (Machine Learning).

Melalui platform operasi digital baru, operasional jaringan Indosat Ooredoo menghadirkan pengalaman digital ke terbaik secara nasional. Hal itu tecermin dari pengurangan keluhan pelanggan hingga 65 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Sebelum masa liburan, Indosat Ooredoo juga melakukan uji jaringan di beberapa kota regional dan tempat umum seperti bandara, pelabuhan, stasiun kereta api, tempat rekreasi, tempat istirahat, dan terminal. “Pengecekan guna memastikan pelanggan dapat menikmati pengalaman digital terbaik kami,” kata Medhat.

Tags: , , , ,


COMMENTS