July 6, 2021

Reno6 Jadi Smartphone Oppo Reno Series Pertama yang Miliki Fitur Video Bokeh

Penulis: Desmal Andi
Reno6 Jadi Smartphone Oppo Reno Series Pertama yang Miliki Fitur Video Bokeh  

Mobitekno – Kehadiran Oppo Reno6 akan benar-benar berbeda dengan Reno Series sebelumnya, terutama dalam sisi fotografi dan videografi. Hal ini karena Oppo telah mengembangkan teknologi pada fitur kameranya sehingga bisa bekerja seperti kamera profesional. Satu fitur hasil pengembangan teknologi ini adalah Bokeh Flare Portrait Video. Fitur ini membuat latar belakang pada pengambilan video akan menjadi blur (bokeh). Sementara subjek tetap fokus dan detail.

“Efek video bokeh atau Bokeh Flare Portrait Video kini hadir di Oppo Reno6. Fitur ini tidak ada di Reno5. Bahkan, di smartphone Find X3 pro, fitur ini juga belum ada. Jadi, Reno Series ke depannya akan banyak melakukan pengembangan pada sisi fotografi dan videografi. Hal ini karena optik sensor yang ada di Reno6 ini lebih premium dibandingkan yang ada di Reno5,” ujar Aryo Meidianto A, PR Manager Oppo Indonesia, dalam acara Oppo Reno6 Imaging Workshop, Senin, 5/7/2021.

Efek video bokeh ini juga menjadi pembuktian inovasi Oppo dalam sisi kamera. Sebelumnya, untuk membuat efek seperti ini, diperlukan peralatan dan tim yang profesional. Kini, semua itu bisa dilakukan di Reno6 sehingga pengguna bisa membuat video bokeh flare sinematik memukau hanya dengan klik satu tombol.

Adapun, cara bekerja efek ini adalah saat pengguna menekan tombol Bokeh Flare Portrait Video, OPPO Reno6 mulai menggunakan AI deep learning untuk melakukan pemahaman frame-by-frame dari video untuk membedakan secara akurat antara subjek video dan latar belakang. Sistem ini dapat melakukan segmentasi subjek manusia dengan akurat dan real-time 360 derajat.

Setelah segmentasi, rendering pengoptimalan tingkat piksel dilakukan untuk subjek dan gambar latar belakang. Pada gambar subjek, pemrosesan warna dan kecerahan khusus dilakukan pada tingkatan piksel untuk mempertahankan warna asli gambar sambil mengoptimalkannya. Pada saat yang sama, teknik computational vision digunakan untuk melakukan pemburaman latar belakang, pengingkatan saturasi, dan penyesuaian warna pada lingkaran cahaya pada gambar latar belakang.

Oppo Reno6 memiliki kemampuan untuk mendekati jenis efek bokeh yang dicapai dengan lensa kamera aperture besar kamera DSLR untuk meniru efek bokeh, ukuran, kecerahan, dan lingkaran bokeh pada setiap cahaya dalam video yang telah ditentukan berdasarkan pemahaman kecerdasan buatan tentang sumber cahaya pada latar belakang. Selama proses perekaman, ukuran dan kecerahan lampu bokeh akan berubah berdasarkan pergerakan kamera dan perubahan kedalaman.

Fotografi Komputasional

Di Reno6 ini, Oppo juga menerapkan teknologi fotografi komputasional. Ini adalah hasil sebuah irisan dari tiga teknologi lainnya, yaitu Computational Vision, Compiter Graphics, dan Optical Sensor. Teknologi ini menjadi solusi dari masalah sebelumnya, dimana sisi hardware pada fitur kamera smartphone tidak bisa melawan kemampuan optical pada kamera profesional. Kini dengan memadukan software dan hardware, semua itu bisa dilakukan dan dibantu dengan kemampuan AI.

Fotografi komputasional yang memadukan software, hardware, dan kemampuan AI

Oppo menerapkan fotografi komputasional sebagai sarana untuk meningkatkan kinerja pencitraan pada produk ponsel cerdasnya. Pada awal 2014, OPPO memperkenalkan Ultra-HD Multi-Shot pada model Find7, yang juga memanfaatkan fotografi komputasional untuk menghadirkan sistem kamera ponsel cerdas yang mampu menghasilkan foto 50MP. Selalu berinovasi dan mengembangkan teknologi selama bertahun-tahun, Oppo telah membuktikannya dengan membuat terobosan signifikan dalam videografi smartphone.

 

Tags: , ,


COMMENTS