April 6, 2021

Sederet Alasan Printer Tekstil Digital Epson Sanggup Ubah Masa Depan Industri Garmen

Penulis: Muhammad R
Sederet Alasan Printer Tekstil Digital Epson Sanggup Ubah Masa Depan Industri Garmen  

Mobitekno – Industri pakaian memang enggak ada matinya. Industri ini telah membentuk pasar global yang sangat dinamis, dengan tren musiman dari para perancang busana yang kemudian dipopulerkan oleh penjual dan ikon fesyen telah menjadi sebuah siklus kreasi kreatifitas, jual beli di seluruh pasar.

Tentunya, lingkaran kesuksesan tersebut sangat dipengaruhi oleh kreativitas pelakunya. Mereka tidak hanya memproduksi desain yang unik, tetapi juga menemukan cara baru untuk beradaptasi dan mengembangkan cara produksi dan operasi untuk memanfaatkan peluang yang ada.

Salah satu peluang yang mereka gunakan adalah memanfaatkan teknologi melalui digitalisasi percetakan tekstil untuk menjawab permintaan pasar yang terus meningkat. Di bawah ini adalah empat alasan mengapa digitalisasi pencetakan tekstil dapat mengubah cara kerja industri tekstil dan garmen di masa sekarang dan masa depan:

  1. Mengurangi Dampak Lingkungan

Menggunakan teknologi analog membutuhkan sumber daya yang sangat besar, menghasilkan limbah sebagai produk sampingan, serta menghabiskan banyak air dan energi. Teknologi ini menghasilkan bahan kimia beracun yang berbahaya bagi lingkungan.

Melalui melakukan pencetakan tekstil digital yang menggunakan teknologi Epson, pengguna bisa menghemat air sampai 90% dan menghemat energi yang dikonsumsi sampai 30%. Hal ini tentu saja membuat Anda dapat mengurangi biaya operasional dan dampak buruk kepada lingkungan serta membuat bisnis Anda lebih produktif, hemat biaya, dan berkelanjutan.

Tinta Epson untuk printer dye-sublimation dan direct-to-garment (DTG) sudah mendapatkan sertifikasi Eco Passport oleh Oeko-Tex. Eco Passport adalah sistem sertifikasi keamanan dunia di mana produk tekstil diuji untuk melihat zat berbahaya di dalamnya.

Epson mengkalim menjadi perusahaan pertama di Jepang yang mendapatkan sertifikasi ini sejak tahun 2016 untuk produk UltraChrome DS Inks. Hal ini merupakan bukti nyata dari standar kualitas Epson dalam menggunakan pewarna, bahan tambahan, asisten finishing, dan bahan kimia tekstil lainnya yang aman dan berkelanjutan untuk lingkungan.

Epson akan terus berupaya untuk berkontribusi pada pengembangan masyarakat yang berkelanjutan dengan memberikan nilai kepada pelanggan dalam bentuk pengurangan dampak lingkungan di seluruh siklus produk dan layanannya.

  1. Kustomisasi Massal dengan Waktu Produksi yang Lebih Singkat

Kemajuan industri yang berkelanjutan akan mengarah pada alur kerja baru yang dirancang untuk memenuhi permintaan dengan cara yang lebih produktif dan efisien. Inilah alasan mengapa digitalisasi dalam percetakan tekstil adalah cara yang tepat untuk perusahaan, karena mampu memberikan hasil produksi yang lebih tinggi dengan waktu penyelesaian yang lebih cepat.

Lewat pencetakan tekstil digital, pebisnis dapat mengakomodasikan permintaan pengiriman mendadak dengan waktu yang lebih singkat. Hal ini tentu saja menguntungkan para pelaku industri tekstil dan garmen.

Epson SureColor SC R5000 1

SureColor™ F-Series Epson dapat mencetak dengan kecepatan tinggi dengan tetap memiliki kualitas dan daya tahan yang baik di berbagai media pencetakan. Seri ini memiliki printhead PrecisionCore TFP revolusioner dari Epson yang dianggap sebagai salah satu teknologi inkjet tercepat di dunia.

  1. Printer Hemat Biaya

Saat ini, semakin banyak perusahaan yang menyadari bahwa pencetakan digital mempengaruhi biaya produksi dan operasional dengan menggunakan lebih sedikit listrik, air, dan bahkan sumber daya manusia daripada pencetakan analog tradisional. Printer tekstil digital Epson didukung oleh printhead PrecisionCore dengan elemen piezo yang dapat mendiagnosis diri sendiri.

Artinya, bisnis yang menggunakan teknologi Epson untuk pencetakan tekstil digital tidak perlu mengkhawatirkan perawatan berkala, karena printer ini dapat diandalkan dan lebih terjangkau.

  1. Kebebasan Berkreasi Tanpa Batas

Beralih ke digital benar-benar memberikan kebebasan berkreasi untuk mencetak apapun. Teknologi membuat pelaku bisnis dapat memproduksi gambar maupun desain yang rumit, memberikan variasi dan pilihan tak terbatas kepada desainer sesuai dengan seleranya masing-masing.

Epson F-Series memberikan kebebasan berkreasi bagi desainer dengan kualitas pencetakan terbaik karena mampu memberikan hasil akhir warna yang lebih hidup. Dari pencetakan CMYK dasar hingga kebutuhan cetak dengan warna menyala, F-Series Epson dapat menghasilkan variasi warna yang luas dengan nuansa yang dicetak secara lebih akurat, mencerminkan kecerdikan dan keunikan para desainer.

Epson menjanjikan manfaat berbasis keluaran dari digitalisasi pencetakan tekstil serta masa depan dengan lingkungan yang bersih. Karena konsumen dan pembeli sama-sama mulai lebih sadar akan dampaknya terhadap lingkungan, faktor kesuksesan suatu bisnis tidak hanya dari kualitas keluarannya saja tetapi juga dalam aspek keberlanjutannya.

Selama bertahun-tahun, Epson telah memanfaatkan pengalaman dan keahliannya untuk mengembangkan produk seperti printer tekstil digital yang membantu pebisnis menjalankan bisnisnya secara lebih efisien, produktif, dan dengan dampak negatif kepada lingkungan yang lebih kecil.

Tags: , , , ,


COMMENTS