October 5, 2021

Main Game Apapun di Galaxy Z Fold3 5G Sangat Menyenangkan

Penulis: Desmal Andi
Main Game Apapun di Galaxy Z Fold3 5G Sangat Menyenangkan  

Mobitekno – Kehadiran Samsung Galaxy Z Fold3 5G ke Indonesia memang ditujukan untuk menunjang produktivitas dan kreativitas pengguna smartphone. Namun, sisi hiburan dan gaming juga masuk dalam target Samsung di smartphone ini. Apalagi entertainment dan gaming merupakan salah satu aktivitas yang banyak dilakukan masyarakat pada saat pandemi Covid-19 ini. Gaming menjadi solusi melepas stres, baik bagi yang bekerja seharian maupun yang sudah merasa bosan dengan sistem kerja Work From Home.

Nah, untuk urusan gaming ini, Samsung Galaxy Z Fold3 5G tidak perlu diragukan lagi kemampuannya. Dengan dukungan prosesor Snapdragon 888 dan memori 12GB, serta Adreno 660, tentu saja pengalaman bermain game dengan perangkat ini menjadi lebih mulus. Prosesor Snapdragon 888 ini dibuat dengan fabrikasi 5nm. Ini membuat kinerjanya bisa meningkat jauh, namun dengan konsumsi daya yang lebih efisien. Apalagi, smartphone ini juga mengusung konsep foldable, dimana layar yang disediakan tidak hanya satu, tetapi dua, dengan ukuran yang lebih besar. Jadi, gamer pun cukup fleksibel dalam bermain game di Galaxy Z Fold3 5G ini. Semua hal tadi membuat gamer berkesempatan menambah pengalamannya dalam bermain game di sebuah smartphone foldable.

Baik layar luar maupun layar dalam, keduanya sudah mengusung refresh rate 120Hz. Ini membuat mata gamer semakin nyaman. Refresh rate sendiri merupakan jumlah refresh layar setiap detiknya. Semakin banyak, tentu saja membuat konten yang tampil terlihat semakin smooth. Faktor refresh rate yang tinggi ini juga membuat layar semakin responsif terhadap setiap sentuhan jari untuk mengontrol permainan.

Game tetap berjalan mulus dan lancar dengan setting display dan permainan paling tinggi

Layar luarnya sendiri berukuran 6,2 inci dengan resolusi 2268 x 832px dari jenis Dynamic AMOLED 2X. Rasio layar luarnya sendiri adalah 25:9, cukup lebar untuk memainkan game di mode landscape. Namun, jika game yang dimainkan sudah mendukung layar foldable Galaxy Z Fold3 5G yang berukuran 7,6 inci, maka saat layar dibuka, game akan berpindah dan mengubah ukurannya menyesuaikan layar foldable ini. Saat mencoba game-game populer seperti Mobile Legend Bang-Bang atau Genshin Impact, tampilan game begitu lega. Hal ini karena selain berukuran 7,6 inci, layar foldable ini juga memiliki resolusi 1768 x 2208 px serta rasio layar 22,5:18. Jadi, tokoh-tokoh dalam game menjadi lebih jelas terlihat dan tampak begitu detail. Game-game yang di-install dan dimainkan dalam smartphone ini bahkan sudah diatur setting-nya pada tingkatan yang paling tinggi. Semua game tetap lancar dijalankan, mulus tanpa lag.

Berbeda dari kebanyakan smartphone gaming lainnya, dimana masih menggunakan kamera dengan desain notch yang membuat ada sedikit pengurangan bagian layar untuk kamera, maka hal tersebut tidak lagi ditemukan pada Galaxy Z Fold3 5G. Hal ini karena kamera di bagian layar foldable sudah mengusung teknologi Under Display Camera. Gamer tidak akan terganggu dengan pengurangan tampilan layar lagi. Game akan tampil utuh dalam layar foldable di smartphone ini.

Untuk keleluasaan dalam bermain game, Samsung juga sudah menyematkan fitur Game Launcher untuk mendukung semua game yang diinstal pada smartphone ini. Semua game akan dikumpulkan dalam sebuah launcher. Ini memudahkan gamer saat ingin memainkan salah satu game. Menariknya lagi, gamer juga bisa mengatur notifikasi smartphone saat game sedang berjalan. Saat Priority Mode diaktifkan, maka semua notifikasi yang masuk ke smartphone tidak akan masuk ke layar. Jadi, kenyamanan bermain game tetap berjalan karena tidak ada gangguan notifikasi yang masuk ke layar smartphone.

Kenyamanan mata saat bermain game di layar foldable yang besar sudah ditawarkan Samsung ke para gamer. Lalu bagaimana dengan kualitas suaranya? Tenang saja. Samsung membekali smartphone ini dengan spesifikasi dual speaker stereo. Hal ini membuat suara yang keluar lebih imersif. Bahkan, kualitas stereo ini masih ditambah dengan dukungan teknologi Dolby Atmos. Bahkan, pengaturan Dolby Atmos di galaxy Z Fold3 5G dibagi menjadi dua, yaitu Dolby Atmos untuk entertainment, dan Dolby Atmos untuk Gaming. Penempatan speaker pada smartphone ini juga tidak akan tertutup oleh kedua tangan saat digunakan bermain game. Jadi, suara akan keluar dengan lebih lancar tanpa ada hambatan di sisi speaker.

Samsung Galaxy Z Fold3 5G dibanderol senilai Rp24.999.000 (12GB/256GB) dan Rp26.999.000 (12GB/512GB) dengan tiga pilihan warna, yaitu Phantom Black, Phantom Green, dan Phantom Silver. Bagi Anda yang ingin meminang smartphone ini, bisa datang ke Consumer Launch Galaxy Z Fold3 dan Galaxy Z Flip3 5G serta Galaxy Watch4 Series dan Galaxy Buds2 di:

  • 6–10 Oktober 2021     : Botani Square Bogor
  • 27–31 Oktober 2021  : Pakuwon Mall Surabaya
Tags: , , , ,


COMMENTS