September 5, 2021

Western Digital Perkenalkan Inovasi Terbaru pada Teknologi Hard Drive

Penulis: Desmal Andi
Western Digital Perkenalkan Inovasi Terbaru pada Teknologi Hard Drive  

Mobitekno – Western Digital baru saja memperkenalkan arsitektur flash-enhanced drive terbaru yang menawarkan penyimpanan data dengan lebih baik. Perkenalan ini dilakukan Western Digital dalam sebuah acara bertema Reimagine HDD. Arsitektur penyimpanan terbaru yang menggunakan teknologi OptiNAND ini dapat mengoptimalkan dan mengintegrasikan HDD dengan iNAND dalam flash drive. Teknologi terbaru ini menawarkan solusi tepat untuk memenuhi kebutuhan data pelanggan yang terus meningkat.

Produk pertama yang menggunakan teknologi ini memanfaatkan teknologi triple-stage actuator dan HelioSeal. Sehingga mampu memberikan ruang sebesar 2,2TB per platter.

Western Digital telah banyak mengukir sejarah dalam inovasi arsitektur hard drive, contohnya saat HGST (yang sekarang telah menjadi bagian dari Western Digital) pertama kali ditutup rapat dan akhirnya berhasil mengeluarkan HDD helium pada tahun 2013,” kata Ed Burns, Research Director for Hard Disk Drive at IDC.

“Didukung oleh pertumbuhan AI, ML, blockchain, IoT, sensor, dan teknologi lainnya, tidak diragukan lagi bahwa inovasi penyimpanan baru seperti ini diperlukan untuk menyimpan dan melindungi pertumbuhan data yang ada saat ini, terutama dalam skala besar. Sebagai satu-satunya perusahaan yang memproduksi flash dan HDD, Western Digital dapat memaksimalkan kemampuan internalnya untuk memperluas kurva densitas area drive ePMR untuk generasi mendatang, sehingga dapat membantu pelanggan memenuhi tuntutan ekonomi digital yang terus meningkat.”

Teknologi OptiNAND pada Western Digital

Flash-Enhanced Drive Terbaru dengan Teknologi OptiNAND

Tidak seperti drive hybrid yang menggunakan flash untuk menyimpan data pengguna, arsitektur baru ini merupakan terobosan dalam penyimpanan data yang bekerja secara berbeda, memberi kemajuan pada berbagai dimensi kemampuan penyimpanan. Dengan menambahkan iNAND yang terintegrasi secara vertikal ke HDD kelas dunia, dan dengan algoritme firmware yang disempurnakan dan inovasi SoC, hard disk yang disempurnakan dengan flash Western Digital dan dijalankan dengan teknologi OptiNAND memungkinkan peningkatan kapasitas, kinerja, dan keandalan untuk membantu pelanggan memenuhi permintaan penyimpanan yang terus meningkat.

Arsitektur drive yang disempurnakan dengan flash baru dan teknologi OptiNAND akan tersedia di seluruh portofolio drive dan platform penyimpanan perusahaan. Drive baru ini juga akan menjadi dasar untuk desain dan inovasi kedepannya, dengan peningkatan baru di masa mendatang dalam kecerdasan, keandalan, kapasitas, dan nilai time-to-market. Perusahaan akan mulai mengumumkan produk yang dibuat khusus untuk pasar di seluruh portofolionya di akhir tahun ini.

 

Tags: , ,


COMMENTS