April 5, 2021

Review Samsung Galaxy A52 5G, Fitur Mendekati S-Series. Kini Tahan Air dan Dukung 5G

Penulis: Desmal Andi
Review Samsung Galaxy A52 5G, Fitur Mendekati S-Series. Kini Tahan Air dan Dukung 5G  

Mobitekno – Ada yang berbeda dengan kehadiran Samsung Galaxy A52 untuk tahun 2021 ini. Hadir bersama Galaxy A32 dan A72, Galaxy A52 kini mendukung koneksi 5G. Ya, tampaknya 5G menjadi fitur yang akan banyak hadir di berbagai smartphone yang keluar di 2021 ini, termasuk yang ada di Galaxy A52 ini. Namun, bukan itu saja yang menjadi pembeda Galaxy A52 terbaru ini dibandingkan suksesornya Galaxy A51 terdahulu.

Salah satu keunggulan yang bisa ditemukan ada pada sisi performa. Samsung Galaxy A52 dibekali prosesor yang mumpuni untuk membuat smartphone bekerja cepat. Teknologi prosesor yang digunakan juga mendukung gaming sehingga bisa dijadikan perangkat andalan untuk bermain game. Bahkan bersama Galaxy A32 dan A72, Galaxy A52 menjadi smartphone resmi event MPL Indonesia Season 7 dan 8.

Selain performa, tentu saja banyak hal lain yang bisa dirasakan oleh pengguna. Melalui hashtag awesome screen, awesome battery life, dan awesome camera, sudah bisa ditebak kemampuan smartphone ini untuk para pecinta Galaxy A-Series. Layar yang super jernih, kamera yang andal dan mampu merekam momen menarik di sekitar dengan cara yang estetik, dan durasi baterai yang lama, membuat Galaxy A52 bisa menjadi teman yang nyaman untuk berkreasi. Untuk lebih jelasnya ikuti ulasan Mobitekno yang merasakan kemampuan Samsung Galaxy A52 selama kurang lebih 2 minggu.

Samsung Galaxy A52

 

Kelengkapan

Karena masih terbilang baru, Mobitekno mendapatkan paket kemasan yang tidak dikemas di Indonesia. Jadi kami tidak menjelaskan detail isi kemasan dalam Galaxy A52 ini. Namun, dari informasi yang didapat, Paket kemasan resmi di Indonesia akan mendapatkan item-item standar yang biasa ditemukan pada Galaxy A-Series sebelumnya.

 

Desain

Ada kekaguman tersendiri saat melihat unit Galaxy A52 ini saat diambil dari boks kemasannya. Warna Awesome Blue yang tampil pada bodi smartphone membuat galaxy A52 terlihat begitu elegan dan stylish. Warna Awesome Blue dengan permukaan matte ini sangat nyaman dipegang. Permukaan dengan warna Matte ini tentunya membuat smartphone tidak terlalu licin. Untuk warna lainnya, Samsung menyediakan Awesome Black, Awesome, White, dan Awesome White.

Warna Awesome Blue yang menarik perhatian

Untuk detailnya, mari kita lihat sisi demi sisi pada Galaxy A52 ini. Di bagian depan, layar berukuran 6,5 inci sudah cukup besar untuk menampilkan berbagai jenis konten maupun untuk bermain game. Layar pada Galaxy A52 ini hanya berbeda 0,2 inci dibandingkan Galaxy A72. Panelnya menggunakan Super AMOLED yang dapat menampilkan gambar yang super jernih dengan resolusi 1080 x 2400 px, 407 ppi, dan memiliki refresh rate 120Hz. Refresh rate besar ini tentunya juga membuat bermain game menjadi lebih nyaman karena akan banyak detail yang tampak di mata dan tidak melelahkan gamer.

Screen to body ratio smartphone ini juga cukup besar, yaitu sekitar 84,1% sehingga membuat layar tetap penuh dan lega. Sementara untuk melindungi layar dari goresan, Samsung membekali dengan Gorilla Glass 5. Dari sisi kami yang menguji, Galaxy A52 dengan layar 6,5 inci ini pas dalam genggaman tangan. Jadi, mengoperasikan smartphone dengan satu tangan saja tetap nyaman. Dengan desain layar menggunakan Infinity-O Display, tersembul kamera depan di bagian atas. Kamera ini berkemampuan 32 MP yang dibantu dengan AI untuk menghasilkan tangkapan foto yang lebih menarik dan sesuai.

Layar Infinity-O Display dengan kamera depan32 MP dan layar berjenis Super AMOLED

Display layar ini juga telah memiliki sertifikasi ‘Eye Care’ , dan secara otomatis menyesuaikan dengan color temperature pada display berdasarkan pada kebiasaan penggunaan untuk mengurangi kelelahan mata dengan ‘Eye Comfort Shield4

Beralih ke sisi tepi kanan dan kiri. Di bagian kanan terdapat tombol fisik untuk volume dan power. Seperti smartphone Samsung lainnya, tombol power ini juga bisa diubah fungsinya menjadi tombol Bixby atau kamera. Ini bisa diatur dalam menu Settings. Sementara di sisi lainnya, tidak ada satupun tombol pun yang menempel di bodi samping.

Letak tombol volume dan power

Untuk bagian bawah, terlihat port USB Type C untuk proses pengisian daya dan transfer data. USB Type C ini didampingi oleh lubang speaker, mikrofon, dan port audio 3,5 mm. Jadi, Anda masih bisa mendengarkan file multimedia melalui earphone atau headphone dengan konektor jack audio 3,5 mm.

Di sisi atas, selain terdapat lubang mikrofon, terdapat juga slot SIM Card. Untuk SIM Card ini Samsung Galaxy A52 menganut sistem hybrid alias dual SIM dimana sati slot harus bergantian dengan memori tambahan microSD.

Sisi atas terdapat slot SIM Card dengan model hybrid

Terakhir, kita lihat bagian belakang dimana warna Awesome Blue begitu kuat menarik banyak mata yang melihatnya. Di sini susunan kamera diposisikan di bagian kiri atas dengan frame kotak persegi panjang agak menonjol keluar dari bodi belakang secara keseluruhan. Tiga kamera dengan diameter agak besar disusun di bagian kiri. Sementara di bagian kanannya terdapat kamera makro dan lampu flash. Lebih detailnya empat kamera pada bagian belakang ini terdiri dari kamera ultra-wide 12 MP, kamera wide 64 MP, kamera bokeh 5 MP, dan kamera makro 5 MP.

Fitur dan Performa

Salah satu yang menjadi daya tarik smartphone Galaxy A52 ini adalah hadirnya sertifikasi IP67. Sertifikasi ini membuat Galaxy A52 bisa tahan terhadap air. Bahkan ketahanan di dalam air bisa mencapai 30 menit. Ini membuat smartphone fleksibel digunakan dimanapun dan dalam kondisi cuaca apapun. Berkreasi dengan Galaxy A52 pun menjadi lebih leluasa. Ini semakin menguatkan Galaxy A52 yang menjadi bagian A-Series sebagai smartphone yang pas untuk para kreator konten.

Ada sertifikasi IP67, rahan dalam air hingga 30 menit

Selain itu, fitur baru yang lain adalah dukungan untuk konektivita jaringan 5G. Ya, ini adalah A-Series yang mendukung 5G. Jadi, saat jaringan 5G di Indonesia sudah aktif, smartphone bisa langsung menyesuaikan. Menurut Samsung, fitur 5G ini memang sudah ada, tetapi belum diaktifkan. Nanti, saat koneksi 5G sudah tersedia, dukungan 5G akan aktif melalui update firmware secara OTA.

Sementara di fitur kamera, hal yang baru adalah munculnya mode Fun. Mode ini hadir bekerjasama dengan Snapchat. Jadi, Anda akan menemukan berbagai filter menari di dalamnya. Namun, untuk menggunakan mode ini, smartphone harus terhubung ke jaringan internet.

Quad camera Galaxy A52

Untuk mode lainnya, tetap tampil sama dengan pendahulunya. Namun, Samsung menyempurnakan beberapa fitur kamera, seperti Single Take dan Night Mode. Kini Night Mode-nya bisa tampil lebih detail dari sebelumnya. Night Mode ini menggunakan multi-frame processing, menghasilkan gambar yang terang dan tajam, meski dalam keadaan gelap. Resolusi tinggi dari kamera 64 MP juga membuat pengguna bisa melakukan kreativitas dengan lebih banyak. Hal ini karena tangkapan gambar menjadi lebih detail dan cerah. Bahkan, kamera ini juga mendukung pengambilan video 4K. Tentu saja menjadi semakin mengasyikkan untuk mengambil berbagai adegan video untuk konten Anda.   

Untuk sisi performa, tidak diragukan lagi kemampuan prosesor Snapdragon 720G. Adanya huruf “G” di belakangnya sudah menandakan prosesor ini juga ditujukan untuk kebutuhan Gaming. Oleh sebab itu, dipadukan dengan Adreno 618 dan memori 8GB RAM, prosesor ini bisa membuat pengalaman bermain game dengan Galaxy A52 menjadi lebih mulus.

Samsung galaxy A52 juga sudah menggunakan One UI 3.1 berbasis Android 11. UI ini dapat memberikan pengalaman bernavigasi yang lebih fleksibel dalam menggunakan Galaxy A52, baik untuk pekerjaan harian, menonton hiburan, bermain game, atau saat membuat konten kreatif. Desain pada UI ini juga memberikan pengalaman yang lebih intuitif dan interaksi yang konsisten dengan meningkatkan kecepatan, mengurangi distraksi dan men- highlight informasi penting.

Sebagai produk yang masuk dalam galaxy Ecosystem, Galaxy A52 juga mendukung perangkat Galaxy lainnya, melalui aplikasi Samsung SmartThings. Dengan aplikasi ini, semua perangkat Samsung yang Anda miliki bisa dikontrol melalui satu aplikasi saja. Ini sangat memudahkan pengguna. Bahkan, SmartThings Find dapat menemukan perangkat terhubung yang pengguna miliki dengan penunjuk arah yang lebih intuitive dan detail, serta Galaxy SmartTag5 Bluetooth Locator dapat menemukan perangkat-perangkat atau barang-barang pribadi yang tidak terkoneksi dengan menempelkannya pada barang tersebut.

Untuk urusan baterai, Galaxy A52 sudah dibekali baterai berkapasitas 4.500 mAh. Kapasitas sebesar ini diklaim Samsung bisa mendukung operasional smartphone hingga 2 hari. Di Mobitekno sendiri, dengan penggunaan wajar alias hanya untuk kebutuhan pekerjaan rutin dengan sedikit akses media sosial, Galaxy A52 yang kami pegang bisa bertahan dari pagi jam 06.00 hingga jam 09.00. Masih ada sisa baterai sebesar 20 persen. Dengan demikian penggunaan lebih dari seharian penuh.

Untuk merasakan keunggulan smartphone ini, kami mengujinya dengan aplikasi benchmark seperti biasa. Kami juga mencoba keunggulan kamera dengan foto-foto di siang hari dan malam hari.

Benchmark:

Contoh foto:

Spesifikasi

Berikut ini spesifikasi Samsung Galaxy A52 yang dapat mempermudah Anda dalam menjalani kegiatan harian maupun membuat konten awesome.

 

Display 6.5” FHD+ Super AMOLED, Infinity-O Display (1080 x2400), 407 ppi, 120 Hz refresh rate
Dimensi dan berat 75.1 x 159.9 x 8.4mm dan 189g
Kamera Depan 32MP FF (F2.2, 0.8µm)
Kamera Belakang Main: 64MP OIS AF (F1.8, 0.8µm), Ultra Wide: 12MP FF (F2.2, 1.12µm), Macro: 5MP FF (F2.4, 1.12µm) Depth: 5MP FF (F2.4, 1.12µm), Digital Zoom up to 10X
Prosesor Qualcomm Snapdragon 720G
Memori RAM: 6/8GB, ROM: 128/256GB
Jaringan 5G Sub6 FDD,5G Sub6 TDD
Konektivitas Wi-Fi 802.11, a/b/g/n/ac (2.4G+5GHz) Bluetooth® v5.0, USB Type 2.0-C, Location (GPS, Glonass, BeiDou, Galileo), NFC
Sensor Accelerometer, Fingerprint, Gyro, Geomagnetic, Hall, Light, Virtual Proximity
OS Android 11 dengan OneUI 3.1
Baterai 4,500 mAh
Pilihan Warna Awesome Black, Awesome White, Awesome Blue, Awesome VIolet

Kesimpulan

Samsung Galaxy A52 hadir dengan kemampuan yang jauh lebih baik dari pendahulunya. Selain kencang dengan prosesor Snapdragon 720G, smartphone ini juga sudah siap dengan koneksi 5G. Dengan demikian, jika jaringan sudah digelar, smartphone bisa langsung digunakan dengan koneksi internet yang super cepat.

Satu hal menarik yang bisa ditemukan dalam Galaxy A52 ini adalah masih disediakannya slot memori eksternal MicroSD. Padahal, beberapa smartphone brand lain yang sudah membawa teknologi 5G di dalamnya, perlahan mulai menghilangkan slot memori eksternal. Alasannya karena koneksi 5G yang kencang membuat orang tidak perlu lagi menyimpan file konten video yang ditontonnya. Mereka akan melakukannya secara live streaming. Namun sayangnya, jaringan 5G-nya masih belum tersedia. Jadi, kebutuhan memori tambahan masih sangat memungkinkan. Dan ini tersedia di Galaxy A52.

Dalam urusan warna, Samsung juga tampaknya mengikuti tren yang ada di generasi milenial dan Gen Z. Pilihan warna Awesome Black, Awesome White, Awesome Blue, dan Awesome Violet sangat menarik bagi para anak muda saat ini. Smartphone bisa menjadi identitas mereka, terutama saat sedang membuat konten-konten kreatif yang menarik.

 

 

Tags: , , , , , ,


COMMENTS