January 5, 2021

Telegram Luncurkan Deretan Fitur Baru, Termasuk Penambahan Fitur Voice Chat untuk Group

Penulis: Rizki R
Telegram Luncurkan Deretan Fitur Baru, Termasuk Penambahan Fitur Voice Chat untuk Group  

Mobitekno – Telegram, aplikasi pesan instan berbasis cloud yang tengah berkembang pesat saat ini, meluncurkan perbaruan besar yang terdiri dari beberapa fitur baru dan peningkatan pengalaman pengguna secara keseluruhan.

Peningkatan tersebut mencakup Voice Chat untuk Telegram Group, penyimpanan pada kartu SD dan animasi UI baru untuk aplikasi versi Android, kapabilitas editor media baru juga stiker animasi yang terlihat lebih baik dan lebih cepat dimuat.

Selain itu, Telegram juga akan meluncurkan platform saran fitur baru yang akan membantu mengidentifikasi potensi fitur baru lainnya dan menemukan bug melalui masukan dan umpan balik dari pengguna.

Lewat perbaruan kali ini, grup Telegram manapun dapat digunakan sebagai ruang Voice Chat yang dapat dimanfaatkan sebagai ruang virtual atau tempat berkumpul untuk berdiskusi oleh berbagai komunitas. Voice Chat beroperasi sebagai pilihan tetap untuk berkomunikasi verbal dengan teman atau keluarga. Karena selalu tersedia, pengguna dapat masuk dan keluar dari Voice Chat seperti layaknya ruang berkumpul komunitas.

Yang menarik dari fitur Voice Chat ini adalah dapat digunakan oleh ribuan partisipan sekaligus dimana mereka dapat bergabung kapan saja.

Admin grup dapat mengaktifkan ruangan virtual dengan mengakses profil grup lalu klik (…) lalu pilih menu “Start Voice Chat”. Untuk bergabung ke dalam voice chat, pengguna Telegram cukup menekan menu “Join” yang terletak di bawah nama grup.

Telegram Voice Chat 1

Ketika sudah masuk ke dalam ruangan virtual, pengguna bisa melihat jumlah anggota grup yang sudah bergabung dan sedang berbicara. Pengguna juga dapat saling mengirim stiker dan pesan teks di dalam grup. Dengan fitur Voice Chat Overlay, pengguna dengan secara bebas dapat menggunakan aplikasi lainnya, bermain game, mencari dan mengirimkan pesan, dan pada saat bersamaan masih tetap terhubung Voice Chat.

Pengguna Android juga mendapatkan pengalaman Voice Chat tambahan dengan floating widget yang akan terus menunjukkan kontrol mikrofon dan siapa yang sedang berbicara meski Telegram hanya dijalankan pada background.

Tidak hanya tersedia untuk Telegram versi mobile, fitur grup Voice Chat juga dapat diakses melalui Telegram di desktop dan aplikasi native macOS dengan keleluasaan yang sama. Dengan memilih tombol push-to-talk, pengguna dapat mengaktifkan Voice Chat agar dapat mengkontrol penggunaan mikrofon saat menggunakan software lain.

Telegram berharap fitur Voice Chat akan mengubah cara pengguna berkolaborasi untuk terus terhubung dengan keluarga dan komunitasnya.

Tags: , ,


COMMENTS