January 5, 2021

Tahun 2021 WhatsApp Rilis Fitur Terbaru, Ada Bisukan Video hingga Asuransi WhatsApp

Penulis: Muhammad R
Tahun 2021 WhatsApp Rilis Fitur Terbaru, Ada Bisukan Video hingga Asuransi WhatsApp  

Mobitekno – Dalam beberapa pekan terakhir, WhatsApp terlihat mengerjakan sejumlah fitur baru. Beberapa dari fitur ini sedang dalam pengembangan, sementara yang lainnya dilaporkan sedang diuji dalam bentuk beta (yang berarti peluncurannya tidak lama lagi).

Dikutip 91 Mobiles, Ahad (3/1), baru-baru ini WhatsApp terlihat sedang menguji panggilan suara/video untuk versi web dan desktopnya, yang kemungkinan dirilis tahun 2021. Beberapa fitur WhatsApp yang baru itu diharapkan dapat meningkatkan pengalaman pengiriman pesan.

Selain panggilan suara/video untuk versi web dan desktop, ada fitur lain yang kemungkinan dirilis tahun ini, berikut daftarnya:

1. Dukungan multi-perangkat

Dengan fitur ini, pengguna WhatsApp akan bisa login ke beberapa perangkat secara bersamaan. Fitur ini sedang dalam pengembangan dan terlihat dalam versi beta WhatsApp untuk iPhone pada November 2020 lalu. Saat ini WhatsApp hanya mendukung dua perangkat sekaligus, yaitu smartphone dan desktop.

Dukungan multi-perangkat baru dilaporkan akan memungkinkan pengguna untuk menambahkan hingga empat perangkat pada satu akun. Artinya setelah fitur diluncurkan, pengguna akan dapat masuk dari iPad dan iPhone secara bersamaan, bersama dengan desktop.

2. Panggilan melalui WhatsApp Web dan desktop

Ini bisa dibilang fitur yang paling ditunggu di WhatsApp. Baik WhatsApp Web dan aplikasi desktop untuk Windows dan macOS dikabarkan mendapatkan dukungan panggilan suara/video.

Fitur tersebut akan bekerja dengan cara yang sama seperti pesan yang dikirim dari desktop. Artinya ponsel pengguna dengan WhatsApp harus memiliki koneksi internet aktif jika ingin menggunakan panggilan suara atau audio WhatsApp dari aplikasi web/desktop.

Sebagai informasi, saat ini, pengguna hanya dapat mengirim pesan/file ke kontak menggunakan situs web perpesanan sosial dan aplikasi desktop.

3. Bisukan video

WhatsApp tidak memiliki opsi untuk mematikan video saat mengirimnya ke kontak atau mengunggahnya sebagai pembaruan status sekarang. Namun ke depannya, aplikasi pesan ini diharapkan memungkinkan pengguna untuk menonaktifkan video.

Fitur bisukan video masih dalam tahap pengembangan. Berdasarkan tangkapan layar yang dibagikan oleh WABetaInfo, ikon speaker akan tersedia di sisi kiri, di samping detail durasi dan ukuran file dari video yang ingin dibagikan oleh pengguna.

Untuk menonaktifkan video, pengguna harus mengetuk ikon speaker, sebelum membagikannya dengan seseorang di kontak, grup, atau sebagai status.

4. Baca Nanti

Fitur ‘baca nanti’ disebut sebagai versi perbaikan dari fitur Obrolan yang Diarsipkan di WhatsApp. Saat obrolan dipindahkan untuk dibaca nanti, WhatsApp tidak akan mengirimkan pemberitahuan untuk obrolan itu.

Selain itu, fitur tersebut akan menyertakan ‘mode liburan’, yang akan memastikan bahwa obrolan ‘baca nanti’ bekerja dengan cara yang sama seperti obrolan yang diarsipkan pada versi stabil saat ini.

Fitur baca nanti juga akan dilengkapi dengan tombol edit bagi pengguna untuk menyesuaikan pengaturan. Pengguna WhatsApp juga dapat memilih beberapa obrolan sekaligus untuk membatalkan pengarsipannya dengan cepat.

5. Asuransi WhatsApp

Pengguna akan segera dapat membeli asuransi melalui WhatsApp di India. Platform pesan milik Facebook ini akan meluncurkan produk asuransi kesehatan dan pensiun mikro pada platform perpesanannya di India melalui kerja sama dengan pemain layanan keuangan berlisensi.

Awalnya, WhatsApp akan menjual perlindungan asuransi kesehatan sachet SBI General dan skema Pensiun HDFC melalui platformnya.

6. Gabung dengan panggilan grup tak terjawab

Dilansir dari TechTimes, pembaruan di masa depan dilaporkan akan memungkinkan pengguna WhatsApp untuk bergabung dengan panggilan grup yang telah mereka undang setelah panggilan dimulai. Ini peningkatan signifikan, karena panggilan grup secara keseluruhan tidak perlu dimulai ulang untuk menyertakan peserta tambahan yang mungkin telah melewatkannya lebih awal.

Tags: , , , ,


COMMENTS