March 2, 2021

Refresh Rate 120Hz Bikin Pengalaman Menonton di Galaxy S21 5G dan Galaxy S21+ 5G Menjadi Lebih Nyaman

Penulis: Desmal Andi
Refresh Rate 120Hz Bikin Pengalaman Menonton di Galaxy S21 5G dan Galaxy S21+ 5G Menjadi Lebih Nyaman  

Mobitekno – Teknologi pada perangkat smartphone kian berkembang. Tidak hanya di sisi prosesor dan desain, teknologi pada layar pun juga menjadi hal yang sangat dipikirkan para produsen smartphone. Hal ini karena menjadi salah satu kunci sukses tidaknya sebuah produknya di pasaran karena menjadi bagian yang sering dilihat para konsumennya. Oleh sebab itu, layar yang jernih, cerah, dan berukuran ideal untuk menampilkan konten-konten multimedia, menjadi daya tarik tersendiri bagi pengguna smartphone. Oleh sebab itu, Samsung menghadirkan Samsung Galaxy S21 5G dengan ukuran layar 6,2 inci dan Galaxy S21+ 5G dengan 6,7 inci. Dengan jenis layar Dynamic AMOLED 2X, layar pada kedua smartphone tersebut semakin memanjakan para pengguna setia Galaxy S-Series, terutama saat menampilkan konten-konten multimedia, karena gambar yang tampil akan terlihat lebih jernih dan cerah.

Namun, tidak hanya itu saja yang membuat kenyamanan dalam menikmati konten multimedia menjadi lebih nyaman. Ada satu fitur menarik yang bahkan tidak semua smartphone mengintegrasikannya, yaitu refresh rate yang tinggi. Samsung Galaxy S21 5G dan Galaxy S21+ 5G memiliki refresh rate tinggi yang mendukung hingga 120Hz. 

Refresh rate sendiri merupakan salah satu fitur yang mulai dipikirkan oleh para pembuat smartphone untuk saat ini. Lima belas tahun lalu, mungkin refresh rate hanya dikenal para pengguna PC desktop, terutama yang gemar bermain game. Namun kini, semakin berkembangnya teknologi smartphone, refresh rate menjadi salah satu bagian penting agar produknya bisa menarik perhatian masyarakat. 

Ukuran layar yang lega membuat menonton konten video menjadi lebih nyaman

Refresh rate sendiri adalah kemampuan dari layar di sebuah perangkat display dalam melakukan pergantian setiap tampilan gambar di setiap detiknya. Nilai refresh rate yang lebih tinggi membuat pembaruan antar gambar menjadi terlihat lebih smooth dan halus, serta tanpa lag. Sebagai contoh, layar yang memiliki refresh rate 120Hz. Layar ini akan me-refresh gambar 120 kali setiap detiknya. Dipadukan dengan performa GPU dan CPU pada sebuah smartphone, tentunya tampilan gambar akan terlihat lebih mulus. Hal ini tentunya membuat pengalaman menonton pada sebuah perangkat dengan refresh rate tinggi menjadi lebih nyaman dan menyenangkan. 

Untuk saat ini, masih banyak smartphone yang menerapkan refresh rate pada layar smartphonenya hanya sampai 60Hz. Hanya ada sebagian kecil yang sudah menjajaki layar dengan kemampuan 120Hz. Biasanya dilakukan di smartphone-smartphone yang khusus dibuat untuk kebutuhan game. Namun tidak pada Samsung Galaxy S21 5G dan Galaxy S21+ 5G. Kedua smartphone ini tidak dikhususkan untuk gaming, tetapi untuk kebutuhan lainnya, seperti pekerjaan, pembuatan konten kreatif, hingga hiburan. 

Banjirnya konten video yang ada di berbagai layanan seperti YouTube atau layanan video berbayar, turut menggugah para pembuat smartphone meningkatkan refresh rate pada produk buatannya. Apalagi, video-video sekarang ini sudah banyak yang menggunakan resolusi tinggi. Mengingat kemajuan teknologi jaringan juga meningkat, proses transfer data pada akses streaming pun menjadi lebih cepat. Dan, video-video dengan resolusi tinggi pun menjadi lebih lancar untuk dinikmati. 

Samsung Galaxy S21 5G dan Galaxy S21+ 5G turut mendukung kebutuhan para penggunanya dalam menikmati hiburan, terutama konten video di layar smartphone. Oleh sebab itu, kenyamanan menonton menjadi hal utama yang harus diberikan kepada konsumennya. Dan, salah satunya adalah dengan menyajikan refresh rate yang tinggi pada layar smartphone ini. 

Dengan demikian, Samsung dengan produk Galaxy S21 5G dan Galaxy S21+ 5G menjanjikan suguhan tampilan gambar dan video yang mulus. Detail gambar pun terlihat lebih tajam, serta pembaruan di setiap perubahan gambar atau video menjadi lebih halus. Hal ini dapat menambah pengalaman menonton pada smartphone. Apalagi didukung dengan kapasitas baterai yang cukup besar, yaitu 4000mAh di galaxy S21 5G dan 4800mAh di Galaxy S21+ 5G, membuat durasi menonton menjadi lebih panjang. Menonton drakor favorit pun menjadi lebih puas. 

Tags: , , ,


COMMENTS