May 29, 2020

Telkomsel Rekam Kenaikan Lalu Lintas Data Hingga 22,8% Selama Ramadan dan Idul Fitri 2020

Penulis: Rizki R
Telkomsel Rekam Kenaikan Lalu Lintas Data Hingga 22,8% Selama Ramadan dan Idul Fitri 2020  

Mobitekno – Momen Ramadan dan Idul Fitri (RAFI) baru saja berlalu. Beberapa catatan terkait peningkatan lalu lintas data terekam secara rinci oleh Telkomsel, dimana pemanfaatan layanan berbasis data tertinggi hingga 26,7 petabyte, atau meningkat sebesar 22,8% jika dibandingkan hari normal di tahun 2020.

Tentu catatan tersebut tak lepas dari upaya perusahaan dalam memberikan manfaat yang menjadi perwujudan komitmen untuk terus bergerak maju menghadirkan solusi yang bersifat customer-centric.

Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro, mengatakan, bahwa momen Lebaran tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, dimana kali ini berlangsung di tengah masa yang penuh dengan tantangan di masa pandemi COVID-19, sehingga cukup merubah cara masyarakat dalam merayakannya.

Maka dari itu, kata dia, sebagai connectivity enabler, Telkomsel berupaya untuk memastikan seluruh pelanggan dapat tetap menjalin silaturahmi dan saling terhubung dengan orang-orang tercinta walau harus dilakukan dari rumah.

“Momen Lebaran tahun ini juga merupakan momen yang spesial bagi kami, karena pada 26 Mei lalu Telkomsel genap berusia 25 tahun. Kami pun memaknai usia kami dengan penuh semangat untuk terus bergerak maju bersama masyarakat Indonesia dalam beradaptasi menjalani gaya hidup baru atau memasuki fase “The New Normal” di berbagai aspek kehidupan ini.” jelas Setyanto.

Sepanjang momen RAFI tahun ini, secara persentase, wilayah operasional Telkomsel di Sumatera Bagian Selatan, Sumatera Bagian Utara, dan Jawa Barat mengalami peningkatan penggunaan layanan data, dengan pertumbuhan tertinggi sekitar 35% dibandingkan hari normal.

Layanan Data Meningkat 2

Pada hari Raya Idul Fitri 2020, pelanggan Telkomsel juga lebih banyak memanfaatkan layanan komunikasi berbasis data sebagai sarana silaturahmi virtual sehingga mengalami kenaikan sebesar 75,4%.

Sebagai kelanjutan dari himbauan Pemerintah RI agar masyarakat menunda mudik jelang perayaan Hari Raya Idul Fitri tahun ini sebagai langkah memutus mata rantai penyebaran virus COVID-19 di Indonesia, Telkomsel mencatat terjadi kenaikan trafik layanan data di sejumlah wilayah yang biasanya ditinggal oleh sebagian besar masyarakat untuk mudik Lebaran, seperti wilayah operasional Jabodetabek.

Pada Hari Raya Idul Fitri kali ini, trafik layanan data di Jabodetabek melonjak sekitar 60,9% dibandingkan periode yang sama di tahun lalu. Di sejumlah wilayah seperti Jawa Tengah, Jawa Barat dan Jawa Timur yang biasanya menjadi destinasi utama mudik dan paling banyak menerima kedatangan pelanggan dari wilayah lainnya pada periode RAFI, di masa pandemi ini mengalami penurunan kedatangan pelanggan sebesar -83% untuk wilayah Jawa Tengah, -77%  untuk Jawa Barat, dan -83%  untuk Jawa Timur.

Pada hari Raya Idul Fitri 2020, pelanggan Telkomsel juga lebih banyak memanfaatkan layanan komunikasi berbasis data sebagai sarana silaturahmi virtual sehingga mengalami kenaikan sebesar 75,4%. Sedangkan layanan video streaming naik 13,8% dan mobile gaming naik 83,7%, dimana layanan ini banyak dimanfaatkan pelanggan untuk mengisi waktu beraktivitas dan bersilaturahmi di rumah selama Lebaran.

Telkomsel juga mencatat, selama momen RAFI 2020 ini lima aplikasi berbasis digital yang paling banyak diakses pelanggan (secara berurutan) antara lain Youtube, Facebook, Whatsapp, Instagram dan Google Service. Platform media sosial sendiri secara keseluruhan menjadi layanan berbasis data yang paling sering diakses oleh pelanggan, dengan proporsi 30,8% dari total jenis layanan data yang diakses selama momen RAFI 2020.

Layanan Data Meningkat 5

Momen Ramadan dan Idul Fitri (RAFI) Telkomsel dengan secara konsisten tetap berupaya menghadirkan kenyamanan mengakses layanan terdepan terutama broadband berkualitas bagi pelanggan

Di sisi lain, layanan suara dan SMS mengalami penurunan trafik jika dibandingkan dengan hari normal. Trafik layanan suara turun sebesar -0,9% menjadi 1,1 Miliar Menit, sedangkan trafik layanan SMS turun -12,1% menjadi 495 juta SMS. Penurunan trafik pada layanan legacy ini terjadi akibat semakin kuatnya adopsi masyarakat dalam pemanfaatan layanan broadband dan digital, khususnya dalam berdaptasi dengan gaya hidup baru untuk mendukung produktivitas saat beraktivitas di rumah selama pandemi COVID-19 saat ini.

Berikut data performa layanan Telkomsel pada Periode RAFI 2020:

Layanan Trafik Puncak

RAFI 2020

Perbandingan dengan Hari Normal 2020 Perbandingan dengan Periode yang Sama di RAFI 2019
Data 26,69 Peta Byte Naik 22,8% Naik 42,1%
SMS 495 Juta SMS Turun 12,1% Turun 6,7%
Suara 1,1 Miliar Menit Turun 0,9% Naik 2,3%

Top 5 Data Services Platform

Platform Proporsi dari Akses Keseluruhan Layanan Data Perbandingan dengan Hari Normal 2020
Social Media 30,8% Naik 3,6%
Video Streaming 23,8% Naik 13,8%
Communication 20,9% Naik 75,4%
Google Platform 5% Naik 6,4%
Mobile Gaming 3% Naik 83,7%

Top 5 Applications

Aplikasi Proporsi dari Akses Keseluruhan Apikasi Perbandingan dengan Hari Normal 2020
Youtube 18,8% Naik 6,9%
Facebook 16,6% Turun 0,5%
Whatsapp 16,2% Naik 49,2%
Instagram 13,2% Naik 5,3%
Google Services 5% Naik 7.1%

 

Tags: , , , ,


COMMENTS