April 27, 2020

DANA dan ‘Habitat for Humanity’ Ajak Warga Berdonasi Bantu Sediakan Tempat Singgah bagi Tenaga Medis

Penulis: Iwan RS
DANA dan ‘Habitat for Humanity’ Ajak Warga Berdonasi Bantu Sediakan Tempat Singgah bagi Tenaga Medis  

Mobitekno – Banyak masalah yang dihadapi pemerintah dan seluruh warga selama wabah Covid-19 di Indonesia. Salah satunya adalah fasilitas kesehatan yang didalamnya adalah dukungan yang layak bagi tenaga media medis dalam menangani pasien Covid-19 yang terus bertamabah setiap harinya. Terpanggil untuk berkontribusi mengatasi masalahi ini, dompet digital DANA bersama Yayasan Habitat for Humanity ingin menyediakan fasilitas tinggal dan beristirahat bagi tenaga medis yang bertugas di berbagai rumah sakit rujukan terdekat.

Vincent Iswara, CEO & Co-Founder DANA menyatakan bahwa selain ingin memfasilitasi masyarakat dalam bertransaksi non-tunai, DANA pun ingin mengajak masyarakat untuk turut berdonasi melalui platfromnya. DANA ingin memaksimalkan layanan digital guna memberikan bantuan kepada pihak terkait, sehingga masyarakat dapat menyalurkan donasinya melalui platform DANA.

Ketersediaan tempat beristirahat yang layak dan memenuhi standar bagi tenaga medis yang bertugas menangani Covid-19 menjadi salah satu isu utama yang harus segera diantisipasi saat ini. Meskipun sejumlah pemerintah daerah telah menyediakan tempat penginapan khusus bagi tenaga medis yang terlibat dalam penanganan Covid-19, jumlahnya masih harus ditingkatkan lagi. Untuk mewujudkannya, butuh dukungan serta partisipasi masyarakat.

Untuk memutus rantai penyebaran yang berpotensi menyebar ke keluarga atau masyarakat luas, banyak tenaga medis yang tidak memungkinkan untuk kembali pulang untuk beristirahat di rumah masing-masing, tinggal di hotel atau penginapan yang juga dibuka untuk publik umum. Tantangan lainnya, kewajiban untuk selalu siap siaga menjadikan tenaga medis juga harus mempertimbangkan tempat beristirahat yang dekat dari rumah sakit tempat mereka bekerja.

Untuk menjadikan #TempatSinggahPejuangMedis, sebuah gerakan sinergis masyarakat luas, diperlukan dukungan platform berbasis teknologi digital yang mampu menjadi katalisator. Untuk itu, Yayasan Habitat Kemanusiaan Indonesia berkolaborasi dengan dompet digital Indonesia, DANA, yang telah siap dengan Siap Siaga Covid-19–sebuah miniprogram di dalam apps DANA yang didedikasikan khusus untuk menggerakkan ekosistem masyarakat digital untuk bersatu, bersinergi, dan bahu-membahu melawan Covid-19.

Salah satu startup yang diajak untuk mnenyediakan tempat beristirahat bagi tenaga medis yang dekat dari rumah sakit mereka bekerja adalah OYO. Selain OYO, pihak DANA dan Yayasan Habitat for Humanity tidak menutup peluang dengan pihak lainnya, seperti Airy, RedDoorz, AirBnB, dan lain-lain.

“Melalui mini program Siap Siaga Covid-19 di dalam aplikasi DANA, DANA menggunakan teknologi terdepannya yang didedikasikan untuk kepentingan Indonesia dalam melawan Covid-19. Kami siap menjadi katalisator gerakan-gerakan atau aksi kemanusiaan dan terbuka bekerja sama dengan semua komponen bangsa,” ujar Vincent Iswara, CEO dan salah satu founder DANA, dalam video conference, Jumat (24/4/2020).

“Pengguna dompet digital DANA yang saat ini jumlahnya lebih dari 37 juta dapat melakukan donasi digital untuk mendukung gerakan ini lewat miniprogram Siap Siaga Covid-19,” lanjutnya.

Cara untuk berpartisipasi dalam gerakan #TempatSinggahPejuangMedis sangat mudah. Masyarakat yang belum menjadi pengguna dapat mengunduh aplikasi dompet digital DANA. Selanjutnya, masyarakat pengguna DANA dapat membuka halaman muka aplikasi, kemudian menyentuh tombol “Discover” yang terletak di bagian pojok kanan atas. Kemudian klik “Bantu Sesama Lawan Corona” dan pilih donasi “Tempat Singgah Pejuang Medis Melawan Covid-19”.

Dalam program ini, DANA juga berkolaborasi dengan KitaBisa.com dan BenihBaik.com untuk mendukung penggalangan dana bagi gerakan kemanusiaan yang digagas Yayasan Habitat Kemanusiaan Indonesia ini. Harapannya, masyarakat dapat lebih mudah menyalurkan donasinya untuk mendukung tenaga medis Indonesia melalui platform DANA.

Tags: , , , ,


COMMENTS