June 25, 2020

Adopsi Teknologi Mobil F1, Honda Jazz Akan Gunakan Mesin Hibrida

Penulis: Rizki R
Adopsi Teknologi Mobil F1, Honda Jazz Akan Gunakan Mesin Hibrida  

Mobitekno – Honda Motor Europe Ltd. berencana mengaplikasikan mesin hibrida, yang diadopsi dari teknologi mobil balap Formula 1 (F1) untuk model terbaru All New Honda Jazz, yang akan diluncurkan akhir tahun ini.

Menariknya, mesin hibrida yang dinamakan e:HEV itu dikembangkan dengan teknologi Hybrid Power Unit (PU). Pada musim balap lalu, mesin hibrida Honda telah membantu tim Aston Martin Red Bull Racing dan Scuderia Toro Rosso, meraih tiga kali kemenangan dan enam podium.

“Di mesin e:HEV yang kami rancang, kami mengaplikasikan pengalaman dari ajang balap untuk memastikan mesin ini dapat menghasilkan tenaga yang besar, dengan rasio efisiensi bahan bakar terbaik pada mode berkendara apapun,” ujar Yasuaki Asaki, Head of PU Development Honda.

ALL NEW HONDA JAZZ INSPIRED BY FORMULA 1 HYBRID EXPERTISE 1

All-New Honda Jazz Inspired By Formula 1 Hybrid Expertise 

Lebih lanjut Yasuaki mengatakan, dengan menggunakan sistem e:HEV, mesin hybrid akan mendaur ulang energi dan memanfaatkannya untuk mengisi baterai serta menghasilkan tenaga yang lebih besar.

“Mesin tersebut terdiri dari dua buah komponen motor elektrik, yang terhubung dengan mesin 4 silinder DOHC i-VTEC berkapasitas 1.500 cc, baterai lithium-ion, dan sebuah transmisi fixed-gear melalui intelligent power control unit,” tuturnya.

All New Honda Jazz

Nantinya, sistem canggih e:HEV hybrid akan mengatur pergantian secara otomatis diantara tiga mode. Yakni EV Drive, dimana baterai lithium-ion akan menyalurkan energi listrik ke motor penggerak secara langsung. Lalu Hybrid Drive, mesin bekerja dengan menyalurkan energi ke generator listrik, yang kemudian disalurkan ke motor penggerak listrik.

Serta Engine Drive, mesin berbahan bakar bensin terhubung langsung ke roda, melalui lock-up clutch dan daya gerak ditransmisikan secara langsung dari mesin ke roda.

“Pengalaman membangun mesin hybrid dengan efisiensi tinggi dan tenaga besar, telah menginspirasi Honda dalam merancang mesin e:HEV pada All New Honda Jazz,” pungkas Yasuaki.

Tags: , , ,


COMMENTS