March 25, 2020

Ini Tipsnya Agar Belajar dari Rumah Tetap Menyenangkan

Penulis: Rizki R
Ini Tipsnya Agar Belajar dari Rumah Tetap Menyenangkan  

Mobitekno – Pandemik Covid-19 memaksa setiap anak belajar di rumah. Satu-dua hari mungkin akan menyenangkan, namun lebih dari itu bisa jadi membosankan. Orangtua harus pintar mencari cara agar belajar di rumah selalu menyenangkan bagi anak. Samsung sebagai pemain penting di industri elektronik punya tips dan trik memaksimalkan kegiatan belajar di rumah.

Sebagaimana yang diungkapkan oleh Elvira Anggraeni, Product Marketing Professional Samsung Electronics Indonesia. Ia  mengatakan, “Samsung Galaxy Tab menyediakan berbagai fitur yang mendukung belajar dari rumah lebih menyenangkan. Dengan mengoptimalkan fitur Kids Home dengan berbagai konten yang menarik untuk anak 3-6 tahun belajar sambil bermain, aplikasi Pen Up untuk mengasah ketrampilan menggambar, hingga fitur AI Gaming Booster dan layar lebih luas untuk menikmati hiburan lebih seru.

Inovasi pada Galaxy Tab, kata Elvira mampu memberikan pengalaman belajar digital yang menyenangkan di rumah. Lalu, apa saja tips dari Samsung agar belajar dari rumah lebih menyenangkan, ini dia ulasannya:.

  1. Membuat jadwal agar anak tetap aktif

Meski tidak sekolah, setiap sekolah telah memiliki jadwal pelajaran untuk anak-anak secara online.  Salah satu yang bisa dimanfaatkan adalah fitur Samsung Notes, dimana ayah/bunda dapat mencatat dan menyimpan jadwal anak-anak. Jika menggunakan S Pen, fitur handwriting to text dapat mengubah tulisan tangan menjadi teks dan jadwal belajar anak akan tersusun rapi.

Tapi, jangan lupa, ketika membuat jadwal, libatkan anak, dengarkan masukan serta keinginan mereka untuk mengisi harinya dengan hiburan, selain mengikuti jadwal pelajaran yang ditentukan sekolah, sehingga jadwal tersebut menjadi kesepakatan bersama.

  1. Belajar lebih menyenangkan dengan aplikasi belajar.

Anak-anak sudah mengenal gadget sejak mereka dalam kandungan. Mereka cepat sekali beradaptasi dalam menggunakan gadget, terutama untuk bermain dan media sosial. Bagaimana dengan belajar? Belajar dengan beberapa aplikasi belajar online akan menjadi pengalaman yang menyenangkan bagi mereka. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah menyiapkan untuk anak Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Umum (SMU), aplikasi belajar online gratis, yaitu Rumah Belajar di laman belajar.kemdikbud.go.id, yang dapat dimanfaatkan oleh semua pelajar Indonesia, dari mana pun dan kapan pun.

01 tabs6 transparency

 

Jika orangtua mempunyai anak berumur 3-6 tahun, Samsung Galaxy Tab menyediakan fitur Kids Home yang telah pre-loaded di Galaxy Tab A 2019 8.0 Inci, Galaxy Tab A 2019 with S-Pen 8.0 Inci, Galaxy Tab A 2019 10.1 Inci, Galaxy Tab S5e, dan Galaxy Tab S6. Fitur Kids Home memberikan kontrol bagi orang tua untuk membatasi waktu penggunaan gadget dan aplikasi yang dapat diakses anak melalui fitur parental control, juga fitur daily usage, sehingga orangtua dapat mengetahui sudah berapa lama sang buah hati bermain gadget.

Dengan Kids Home, anak juga akan belajar sekaligus bermain, karena sudah dilengkapi dengan beberapa aplikasi, diantaranya aplikasi kamera, aplikasi menggambar, galeri foto, fitur karaoke, browser khusus untuk si kecil, hingga aplikasi musik dan juga aplikasi menggambar yang dapat melatih kreativitas anak. Aktifkan fitur Kids Mode melalui 4 langkah berikut: buka fitur quick settings -> geser ke kiri -> cari ikon kids home -> aktifkan.

  1. Luangkan waktu untuk hiburan bersama.

Berikan waktu untuk anak bermain setelah belajar. Jangan lupa, buat kesepakatan bersama lama waktu bermain, misal 1-2 jam. Bermain mobile gaming menjadi favorit kebanyakan anak. Layar Galaxy Tab S6 berukuran 10,5 inci dilengkapi fitur Adaptive Brightness, prosesor Snapdragon 855, dan AI Gaming booster, menjadi paduan ideal mendapatkan pengalaman seru bermain games tanpa lagging. Dengan adanya teknologi AI Gaming Booster Galaxy Tab S6 akan dapat mengenali semua tipe game yang sedang dimainkan, dan secara otomatis mengoptimalkan performanya sesuai dengan kebutuhan. Fitur ini akan menganalisis apakah yang dimainkan berupa game berat atau kasual, lalu mengoptimalkan keseimbangan antara baterai, kinerja, dan suhu.

 

PC 10 Family kids content

Selain seru untuk bermain games, ada pula aplikasi untuk mengasah kreativitas menggambar, yaitu aplikasi Pen Up. Menggunakan S Pen, anak akan diajak mulai dengan mewarnai (Colouring). Minatnya menggambar dapat ditingkatkan dengan mencoba menu belajar menggambar (Live Drawing). Di tingkat mahir, ayah/bunda dapat mendorong anak untuk mengikuti kompetisi menggambar (Challenges).

Menonton film favorit bersama dapat menjadi pilihan hiburan yang tak kalah seru. Ayah/bunda dapat menikmati berbagai pilihan film favorit melalui aplikasi OTT, lalu pindahkan ke layar Samsung Smart TV dengan klik fitur Smart View. Menonton bersama menjadi lebih menyenangkan dan seru. Keseruan menonton dengan ayah/bunda di sela-sela momen belajar di rumah akan menjadi pengalaman bahagia bagi setiap anak.

Tags: , , ,


COMMENTS