November 23, 2020

Survei Pluang: Di Masa New Normal, Milenial Mulai Suka Nabung dan Investasi Emas

Penulis: Rizki R
Survei Pluang: Di Masa New Normal, Milenial Mulai Suka Nabung dan Investasi Emas  

Mobitekno – Pluang, salah satu platform investasi dan menabung di Indonesia, belum lama ini mengungkap hasil riset internal dengan fokus perilaku menabung dan investasi milenial di masa normal baru yang melibatkan lebih dari 5.500 responden di kota-kota besar Indonesia. Riset tersebut dilakukan dengan metode survei online pada periode Juli – Agustus 2020.

Disebutkan di sana bahwa sebagian milenial mengaku memiliki instrumen investasi baru di tengah pandemi, yaitu emas. Riset tersebut juga mendapati bahwa alokasi milenial untuk berinvestasi setelah pandemi lebih kecil apabila dibandingkan dengan alokasi sebelumnya.

Lebih lanjut mengenai laporan hasil riset ini dipaparkan oleh Humprey, VP Business Development Pluang by PT PG Berjangka. Ia menjelaskan, “Adanya pengurangan alokasi tersebut berarti milenial mencari alternatif instrumen investasi yang terjangkau dengan tetap memberikan return yang menjanjikan,”

“Sebanyak 32% generasi milenial dilaporkan mencoba investasi baru yaitu emas. Ini merupakan persentase tertinggi dibandingkan dengan investasi lain yang banyak dikenal seperti reksa dana, saham, dan deposito,” ujarnya.

Selain keterjangkauan harga, faktor ketidakpastian ekonomi dan juga harga emas yang sempat melambung di sekitar April-Juli 2020, diduga menjadi dorongan utama secara spesifik instrumen emas menjadi pilihan responden.

Pluang

 

73% Responden Khawatir dengan Kondisi Pandemi COVID-19

Humprey mengatakan responden mengubah pola konsumsi mereka selama pandemi COVID-19. 53% responden mengubah alokasi mereka untuk membeli suplemen, vitamin, dan mineral lebih banyak daripada periode sebelum pandemi berlangsung. Alokasi untuk melakukan diagnosis kesehatan dan menabung juga menjadi lebih besar.

Hal tersebut bisa dilihat pada tabel di bawah ini

PL

 

Sebaliknya alokasi untuk berlibur, menggunakan transportasi umum, menunjukan penurunan. COVID-19 juga berdampak pada alokasi menabung dan berinvestasi milenial. Alokasi untuk menabung mengalami sedikit peningkatan, sementara alokasi untuk berinvestasi menurun. Mayoritas responden menabung sebesar 5-10% setelah pandemi.

Milenial memiliki skor literasi finansial dan pengetahuan untuk berinvestasi yang lebih tinggi apabila dibandingkan dengan kelompok usia lainnya. Namun, hal tersebut tidak berarti milenial memiliki banyak produk finansial dan produk investasi.

Humprey menjelaskan bahwa menabung, terutama untuk tujuan tabungan keluarga, dana darurat, dan dana pensiun, merupakan tiga teratas target finansial responden survei. Kebutuhan untuk dana likuid untuk digunakan dalam waktu singkat terlihat lebih signifikan dibandingkan dengan kebutuhan untuk memiliki dana dalam jangka waktu lebih panjang. Dalam mencapai target finansialnya, mayoritas responden masih memilih untuk menabung uang tunai dibandingkan dengan berinvestasi.

Pluang4

Mayoritas responden mengalokasikan hingga 40% dari pendapatan bulanan mereka untuk menabung dan berinvestasi.
Mayoritas responden memilih risiko berinvestasi sebagai faktor yang patut dipertimbangkan sebelum memilih instrumen investasi.

 

Pluang3

“Untuk mencapai target keuangannya, terlihat bahwa kaum milenial lebih memilih menabung daripada berinvestasi. Sekitar 41% milenial lebih suka menabung, sementara 69% sisanya disalurkan ke jenis investasi lain. Investasi fisik seperti emas tetap menjadi yang paling diminati, diikuti oleh reksa dana dan saham,” urainya.

“Mayoritas responden, sekitar 80% dari total, memilih emas sebagai instrumen investasi yang direkomendasikan,” ujar Humprey.

Tags: , , , , ,


COMMENTS