November 23, 2020

Sudah Digelar di Enam Negara, Konsumen Indonesia Paling Antusias Ikuti Festival Belanja UC 11.11

Penulis: Iwan RS
Sudah Digelar di Enam Negara, Konsumen Indonesia Paling Antusias Ikuti Festival Belanja UC 11.11  

Mobitekno – UC Browser baru saja merangkum kampanye Festival Belanja UC 11.11 secara bersamaan di Indonesia bersama lima negara lainnya, yaitu Malaysia, Filipina, Thailand, Vietnam, dan Rusia.

Program promo belanja selama dua minggu ini sukses merangkul 7,5 juta pengguna di Tanah Air yang antusiasme terlihat dari kontribusinya yang mencapai 71 persen dari seluruh peserta dari enam negara yang mengikuti festival tersebut.

Apabila dibandingkan jumlah partisipan tahun ini di Indonesia, tercatat terjadi peningkatan yang signifikan dibanding Festival Belanja 11.11 tahun 2019 lalu. Tahun ini (2020) tercatat 7,5 juta partisipan, sedangkan tahun lalu (2019) mencapai 4,5 juta partisipan.

Festival Belanja UC 11.11 ini telah menghadirkan diskon, penawaran spesial, voucher eksklusif, dan beragam hadiah gratis. Menurut UC Browser, kampanye ini telah mendistribusikan sejumlah voucher belanja Lazada dengan nilai lebih dari 350 miliar rupiah kepada pengguna di Indonesia.

Baik jumlah partisipan dan jumlah nilai hadiah yang didistribusikan mengalami peningkatan signifikan masing-masing sebesar 18% dan 5700% atau 57 kali lipat dibandingkan kampanye 11.11 pada tahun lalu.

Tingginya antusiasme dan kian meningkatnya partisipasi pengguna tidak hanya memuaskan pengguna akan pengalaman berbelanja yang menyenangkan, tetapi juga menghadirkan mitra merek akan sarana promosi solid dan menjangkau khalayak luas.

Huaiyuan Yang, VP, UC Web Global Business mengungkapkan rasa bangganya atas respons positif yang luar biasa selama Festival Belanja UC 11.11 tahun ini. Ini mengingat animo dan partisipasi pengguna yang jauh lebih tinggi dibanding program seupa tahun sebelumnya.

“Kami senang mampu memberikan nilai tambah bagi para seluruh pengguna kami melalui penawaran terbaik yang menghemat pengeluaran, beragam konten rekomendasi yang memudahkan pengambilan keputusan pembelian, dan beragam hadiah menarik dibagikan secara cuma-cuma,” ujarnya.

“Kesuksesan Festival Belanja UC 11.11 juga kembali menambah catatan positif UC Browser sebagai saluran promosi dan komunikasi solid bagi setiap mitra merek.”

Festival Belanja UC 11.11 yang digelar di beberapa nagara Asia Tenggara juga mendorong konsumen mengakes berbagai rekomendasi dan ulasan produk berupa video dan konten tertulis. Sedikitnya 12 juta konten telah diakses oleh pengguna di Indonesia, Malaysia, dan Vietnam untuk mengulik lebih jauh mengenai produk yang diinginkannya sebelum memutuskan untuk melakukan pembelian.

Selama kampanye Festival Belanja UC 11.11 berlangsung, Indonesia memiliki preferensi konten rekomendasi berbeda dibandingkan Malaysia dan Vietnam. Smartphone & tablets, kesehatan, dan kecantikan menjadi kategori yang populer bagi konsumen e-shopper Indonesia.

Sedangkan konsumen Malaysia dan Vietnam memiliki preferensi konten rekomendasi untuk kategori elektronik, fashion, FMCG, serta kategori fashion, elektronik, dan FMCG secara berurutan.

Setelah banyak pertimbangan dan rekomendasi dari berbagai konten artikel maupun video, banyak pengguna berbondong-bondong dan mengambil keputusan pada hari Rabu tanggal 11 November 2020, dimana aktivitas pengguna mencapai puncak tertinggi selama periode kampanye Festival Belanja UC 11.11 berlangsung.

Berbicara tentang produk impian, produk sepatu dan baju pria dan wanita menjadi kategori produk paling populer yang dicari pengguna selama Festival Belanja UC 11.11, diikuti oleh produk produk kecantikan, jam tangan & perhiasan, dan terakhir produk aksesoris elektronik.

Tidak hanya menghadirkan penawaran spesial dan menghemat pembelian pengguna, Festival Belanja UC 11.11 juga membagikan beragam hadiah gratis secara cuma-cuma, seperti gift cards Lazada, Smart TV, hingga hadiah satu unit sepeda motor (melalui Lucky Draw).

Lebih dari 800 ribu pengguna telah membuka Lucky Box dalam permainan Lucky Draw, dimana satu unit sepeda motor senilai Rp 15,800 juta berhasil dimenangkan salah satu pengguna dari Indonesia berinisal S**i.

Jumlah hadiah dan partisipan yang terus meningkat dari tahun ke tahun di Indonesia ini juga menjadi indikakator besarnya potensi Indonesia sebagai pasar ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara. Selain ingin mendukung ekonomi digital Tanah Air melalui penawaran lengkap beragam kebutuhan digital secara online dalam satu platform, UC Browser juga berharap menjadi mitra yang solid dan kredibel bagi berbagai bisnis di Indonesia.

Tags: , , , ,


COMMENTS