October 22, 2020

Antisipasi Terhadap Penipuan yang Sering Lolos dari Pantauan, F5 Rilis Solusi Berbasis AI

Penulis: Desmal Andi
Antisipasi Terhadap Penipuan yang Sering Lolos dari Pantauan, F5 Rilis Solusi Berbasis AI  

Mobitekno – Solusi berbasis AI keluaran F5 ini, yaitu Shape AI Fraud Engine (SAFE) resmi diperkenalkan pada 19 Oktober 2020. Solusi berbasis SaaS terbaru ini dikeluarkan guna mencegah kasus transaksi penipuan yang terkadang lolos dari alat deteksi. Dengan solusi ini, aktivitas yang mencurigakan akan dibaca oleh mesin AI yang tangguh. Analisis yang dilakukan mesin ini meliputi aktivitas transaksi online hingga perilaku. Dengan begitu, hasilnya akan akurat dan penipuan bisa dicegah sebelumnya.

“Inovasi untuk mencegah penipuan semakin dibutuhkan dan mendesak, saat kita melihat ada peralihan cepat ke channel online yang didorong oleh situasi kesehatan global saat ini,” kata Sumit Agarwal, Vice President, Analytic Products F5, dan co-founder Shape. “Kami melihat penipu meluncurkan serangan yang semakin canggih dengan memanfaatkan perubahan yang disebabkan oleh COVID-19 dan kesulitan ekonomi secara keseluruhan.”

Sebelumnya, dengan tool deteksi lama, biasanya hanya mengandalkan sinyal data yang lemah dan aturan yang kaku. Seringkali tool seperti ini gagal dalam mendeteksi aktivitas yang mencurigakan dari pelaku penipuan. Bahkan, terkadang hasil analisanya membebani pengguna yang baik untuk melakukan pembuktian. Ini bisa menjadi menurunkan keercayaan terhadap tool tersebut.

SAFE menjalankan apa yang tidak bisa dilakukan tool lama tadi dengan teknologi AI yang fully managed. SAFE mampu mengurangi friksi hingga 90% bagi pengguna yang baik. Dengan demikian, SAFE mampu melindungi aplikasi modern maupun yang lama serta membantu perusahaan mempercepat upaya digital. Selain itu, beban kerja yang terlampau bagi tim pun dapat dikurangi dalam menangani masalah penipuan ini.

Dalam melakukan tugasnya, SAFE memanfaatkan informsi analitik yang didapat dari pertahanan aplikasi-aplikasi besar. Selain itu, bantuan machine learning juga bisa membedakan antara trafik otomatis (bots) dan manusia serta trafik berbahaya dan trafik aman. Dengan cara ini, hasilnya akan akurat dalam mengidentifikasi dan menghentikan upaya penipuan secara realtime.

SAFE adalah bagian dari satu set solusi komprehensif dari F5, yang dengan bantuan AI dapat membantu aplikasi modern melindungi diri. Aplikasi adaptif saat ini tumbuh, mengecil, bertahan dan memperbaiki dirinya sendiri berdasarkan lingkungan tempat mereka berada dan bagaimana mereka digunakan. Sehingga dengan demikian organisasi dapat meningkatkan pendapatan mereka, mengurangi biaya, memperbaiki operasi dan melindungi pengguna dengan lebih baik.

Saat ini SAFE sudah tersedia untuk melindungi pengguna dalam mencegah kasus penipuan. Untuk mendapatkan solusi ini, pelanggan bisa menghubungi kantor penjualan F5 di areanya atau bisa juga mengunjungi Shapesecurity.com

 

 

Tags: , ,


COMMENTS