October 22, 2020

Akses Jaringan 5G di iPhone 12 Disebut Lebih Boros? Ini Penjelasannya!

Penulis: Iwan RS
Akses Jaringan 5G di iPhone 12 Disebut Lebih Boros? Ini Penjelasannya!  

Mobitekno – Ponsel idaman banyak konsumen di seluruh dunia untuk pertama kalinya dilengkapi Apple dengan dukungan teknologi 5G. Setelah seminggu lebih diluncurkan, satu per satu ‘jeroan’ iPhone 12 mulai terungkap melalui proses teardown yang dilakukan beberapa pihak. Salah satunya adalah modem 5G yang digunakannya.

Meskipun iPhone 12 belum resmi sampai ke tangan konsumen secara luas, video dan foto hasil ‘pembongkaran’ ponsel iPhone terbaru ini mulai bermunculan di dunia maya, salah satunya di media sosial Weibo di China.

Klip video yang dimuat di Weibo menunjukkan penampakan chip modem 5G Snapdragon X55 dari Qualcomm yang terpasang di PCB (Printed circuit board) iPhone yang berbentuk huruf L.

Menariknya, Snapdragon X55 sebenarnya bukanlah modem terbaru karena Qualcomm sudah meluncurkan modem lainnya yang lebih baru, yaitu Snapdragon X60 pada awal tahun ini. Snapdragon X60 diklaim lebih hemat daya dibanding modem Snapdragon x55 karena dibuat dengan teknologi 5 nm (X55 masih menggunakan 7 nm).

Konsumsi daya menjadi faktor penting mengingat hasil dari proses teardown iPhone 12 menunjukkan bahwa kapasitas baterai iPhone 12 dan 12 Pro (2,815 mAh) lebih kecil dari iPhone 11 (3,110 mAh). Apple bisa saja berdalih penggunaan chipset A14 5 nm yang lebih efisien akan membuat konsumsi daya total iPhone 12 menjadi lebih hemat dibanding iPhone 11.

Berdasarkan uji coba daya tahan baterai yang dilakukan Tom’s Guide belum lama ini, disebutkan bahwa pengaktifan jaringan 5G di iPhone 12 terbaru akan lebih menguras daya baterai jika dibandingkan dengan memakai jaringan 4G (LTE). Selisihnya bisa mencapai hampir 1,5 jam. Bahkan jika iPhone 12 (5G aktif) dibandingkan dengan iPhone 11 (4G aktif), selisih daya tahan baterainya bisa lebih dari 2,5 jam.

Pengujian ini memang belum menunjukan bahwa daya tahan baterai iPhone 12 series akan lebih buruk daripada iPhone seri sebelumnya. Semuanya baru akan diketahui saat ponsel ini sudah digunakan secara luas oleh konsumen pada jaringan 5G di berbagai negara.

Reputasi Apple dikenal sangat unggul dalam mengoptimalkan hardware dan software pada produknya juga patut menjadi pertimbangan bahwa ponsel ini mungkin akan memberikan pengalaman yang memuaskan bagi penggunanya, termasuk dalam daya tahan baterai.

Perlu diketahui, keempat model iPhone 12 series sudah mendukung teknologi 5G di frekuensi sub-6 GHz (200 MHz bandwidth, 4×4 MIMO) dan frekuensi mmWave (800 MHz bandwidth, 8 carriers, 2×2 MIMO). Belum diketahui apakah pengujian dilakukan pada kedua jenis frekuensi ini, meskipun provider-nya, AT&T sudah mengimplementasi keduanya (sub-6 GHz dan mmWave). Pada kondisi penggunaannya sehari-hari, pengguna mungkin akan lebih banyak mengandalkan  jaringan 5G di frekuensi sub-6 GHz.

Tags: , , , , , , ,


COMMENTS