September 22, 2020

Asus ROG Phone 3 ‘Clear’ Masuk Indonesia, Bagaimana Spesifikasi dan Berapa Harganya?

Penulis: Rizki Romdoni
Asus ROG Phone 3 ‘Clear’ Masuk Indonesia, Bagaimana Spesifikasi dan Berapa Harganya?  

Mobitekno – Asus Indonesia telah mengonfirmasi bahwa smartphone gaming ‘kelas berat’ mereka, yakni ROG Phone 3 akan dipasarkan di Indonesia. Untuk perilisannya sendiri, Asus ROG Phone 3 akan hadir di Indonesia pada Kamis, 24 September 2020 mendatang.

Meski masih beberapa hari, Asus telah membuka program pre-order ROG Phone 3 yang dibuka hingga Rabu (23/9) besok melalui toko ASUS Exclusive Store dan ROG Store terdekat.

Tanggal rilis memang telah diungkap, namun Asus Indonesia belum membeberkan harga dan spesifikasi ROG Phone 3 yang akan masuk ke Tanah Air. Lewat acara ‘sneak peek’ yang digelar Kamis (17/9) lalu, hanya terungkap soal penggunaan chipset Snapdragon 865 Plus pada ROG Phone 3. Spesifikasi lengkap dan harga resminya akan diungkapkan pada acara peluncuran yang bisa disaksikan secara online melalui kanal YouTube resmi ASUS ROG Indonesia.

Ponsel ini masuk dalam jajaran smartphone Android pertama yang ditenagai chipset terbaru besutan Qualcomm, Snapdragon 865+. Penggunaan chipset Snapdragon 865+ menjadikan Asus ROG Phone 3 sebagai ponsel gaming paling ‘buas’ saat ini.

Laman Asus.com melansir, Snapdragon 865+ menawarkan kecepatan hingga 3.09 GHz, performa GPU Adreno 650 naik 10 persen dibanding Snapdragon 865, dan juga menawarkan konektivitas 5G. Chipset ini pun mendukung WiFi 6E yang berjalan di band 6GHz membuat ROG Phone 3 memiliki bandwidth lebih besar dengan latensi yang lebih rendah.

Untuk versi Snapdragon 865+, Asus mengombinasikannya dengan RAM 12GB dan 16GB LPDDR5. Versi RAM 12GB didukung dengan internal 128GB dan 512GB UFS 3.1. Sementara versi RAM 16GB, Asus hanya menawarkan internal sebesar 512GB.

Meski demikian, kemungkinan konfigurasi memori yang telah dibahas di atas akan berbeda-beda bergantung pada pasar yang dituju. Pada bagian layar, Asus ROG Phone 3 series dibekali layar panel AMOLED berbentang 6,59 inci yang mendukung refresh rate hingga 144 Hz. Refresh rate pada ponsel ini bisa diubah ke 90 Hz dan 120 Hz atau ke mode ‘auto’. Touch sampling rate layar ponsel ini sebesar 270Hz dengan latensi sentuhan 25 ms.

Layar ROG Phone 3 juga telah mendukung HDR10+, memiliki satu miliar warna dan mencakup 113 persen DCI-P3 gamut. Untuk menciptakan pengalaman gaming terbaik, bagian belakang ROG Phone 3 terdapat ventilasi dengan ukuran enam kali lebih besar dibanding ROG Phone 2. Ventilasi ini akan membuat ponsel tetap dingin selama bermain game.

Apabila masih kurang dingin, terdapat juga kipas pendingin eksternal clip-on AeroActive Cooler 3 yang dilengkapi lubang jack audio 3.5 mm.

Lalu, tombol ultrasonik yang terdapat di sisi samping ponsel juga bisa diatur. Apabila memerlukan tombol pengendali tambahan atau menjadikannya slide gesture untuk mengatur sudut kamera game, pengguna bisa memisahkannya menjadi dua tombol.

Punya spek gahar tidak membuat Asus melupakan aspek fotografi pada ROG Phone 3. Asus membekali tiga kamera belakang masing-masing beresolusi 64 MP sensor sony IMX686 untuk kamera utama, ultrawide 13 MP, dan makro 5 MP. Kamera utama mampu merekam hingga 8K pada 30 fps atau 4K pada 120 fps. Sementara di bagian depan, terdapat kamera selfie 24MP.

Dari sisi ketahanan daya, Asus ROG 3 dibekali baterai berkapasitas 6.000 mAh didukung fast charging 30 W menggunakan USB Power Delivery. Sistem operasi ponsel gaming ini, yakni Android 10 yang dilapisi antarmuka ROG UI atau ZenUI.

Sama seperti dua seri sebelumnya, Asus juga menyertakan tiga aksesori tambahan untuk ROG Phone 3, yaitu AeroActive Cooler 3, ROG Kunai Gamepad, dan TwinView Dock 3. Asus menyertakan aksesori pendingin AeroActive Cooler 3 dalam paket pembelian, sedangkan dua aksesori lainnya bisa didapatkan secara terpisah.

Tags: , , ,


COMMENTS